Cara Membersihkan HP Agar Bebas dari Virus
Sumber Foto: www.canva.com

Cara Membersihkan HP agar Bebas dari Virus

detribpas.com – Tidak sedikit orang yang mencari tahu cara membersihkan HP agar bisa menghilangkan virus malware. Tentu saja, hadirnya malware ini begitu mengganggu pengguna ponsel pintar.

Ketika mengakses internet, lebih-lebih saat membuka situs yang ilegal, Anda harus siap banyak malware yang dapat menginfeksi ponsel. Malware sendiri merupakan perangkat lunak yang jahat.

Untuk malware yang paling ringan, biasanya muncul dengan iklan pop up yang begitu mengganggu, namun ada pula malware yang membahayakan hingga akhirnya menyerang perangkat lunak lain.

Cara Membersihkan HP dari Serangan Malware

Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk menghapus virus iklan di smartphone, berikut beberapa langkahnya:

Cara Membersihkan HP Agar Bebas dari Virus
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Matikan ponsel

Cara membersihkan HP yang pertama ialah mematikan handphone. Bila Anda yakin ponsel terserang malware, Anda bisa sesegera mungkin mematikan handphone.

Memang, langkah ini tidak akan bisa menghilangkan malware di handphone tetapi bisa menghentikan penyebarannya.

BACA JUGA:  Spesifikasi Realme 5i Terbaik yang Cocok untuk Anak Remaja

Sesudah mematikan handphone, Anda bisa berpikir apa hal yang harus dilakukan serta mencari tahu jalan keluar paling tepat.

  1. Menggunakan safe mode

Cara membersihkan HP berikutnya ialah menggunakan safe mode. Ketika ingin menyelamatkan berbagai macam data dengan cara memindahkan data ke perangkat lain, Anda bisa menyalakan ponsel namun dengan menggunakan safe mode.

Dengan menggunakan safe mode, Anda dapat membuka ponsel serta menggunakannya dengan bebas. Selain itu hal ini bisa membatasi kerusakan yang nantinya disebabkan malware.

Beberapa ponsel pintar juga memberikan opsi safe mode dengan cara menahan tombol daya selama beberapa detik dan Anda bisa menemukan pilihan safe mode.

Bila Anda tidak dapat menemukan safe mode di smartphone Anda, Anda dapat membuat ponsel dengan mode pesawat sehingga nantinya tidak ada jaringan masuk.

  1. Uninstal aplikasi yang sudah terkena malware

Cara lain untuk menghilangkan malware dari handphone ialah menguninstal aplikasi yang sudah terinfeksi malware. Untuk meng-uninstall aplikasi, Anda hanya perlu membuka setting kemudian pilih aplikasi.

Cari aplikasi yang sudah terinfeksi malware kemudian copot pemasangan aplikasi tersebut. Dengan cara ini, handphone yang Anda miliki bisa lebih aman.

  1. Hapus file yang terlihat mencurigakan

Cara membersihkan HP berikutnya adalah menghapus file yang terkesan mencurigakan. Anda harus membersihkan handphone dari berbagai macam file yang mencurigakan. Untuk memberishkannya, cukup membuka manager file kemudian cari file tersebut.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Kamera DSLR, Pemula Wajib Tahu

Umumnya, bentuk file yang tidak biasa adalah ekstensi yang tidak biasa serta tidak bisa dibuka. Oleh sebab itu segera lakukan penghapusan file sebelum malware menginfeksi file Anda lainnya.

Pilihan Aplikasi Penghapus Malware yang Efektif

Cara membersihkan HP agar jauh dari virus lainnya ialah menginstal aplikasi penghapus malware. Anda dapat mengunduh beberapa aplikasi malware protection yang bisa diunduh dari Google Play agar bisa mendukung keamanan ponsel.

Biasanya, aplikasi yang terinstal ini bisa menghapus malware yang sudah masuk di dalam ponsel. Berikut beberapa pilihan aplikasinya:

Cara Membersihkan HP Agar Bebas dari Virus
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Malwarebytes

Malwarebytes merupakan aplikasi yang bisa menghapus malware. Malwarebytes ini memberi pilihan premium serta gratis sehingga bisa Anda instal di handphone untuk melindungi handphone dari adanya serangan malware.

Di versi gratisannya, Anda akan mendapatkan fitur penghapusan virus, kemudian audit privasi yang dapat melindungi keamanan aplikasi di dalam ponsel serta scanning.

BACA JUGA:  Spesifikasi Realme C25Y, Gadget dengan Kamera Mumpuni

Tetapi, bila Anda menggunakan paket premium, nantinya bisa memperoleh fitur keamanan yang berasal dari ancaman online, selain itu juga dapat mendeteksi URL yang sedang mengalami masalah.

  1. MalwareFox

Aplikasi cara membersihkan HP yang lainnya adalah menggunakan MalwareFox. MalwareFox dapat mendeteksi malware yang berada di smartphone kemudian membersihkannya.

Bukan hanya mendeteksi malware, MalwareFox juga dapat bekerja untuk mendeteksi berbagai macam aplikasi serta file berbahaya.

MalwareFox bisa memindai virus, spyware, adware dan lainnya. MalwareFox dapat memberi perlindungan real-time yang berasal dari virus serta menginfeksi ponsel.

  1.   F-Secure Safe

F-Secure Safe menjadi salah satu aplikasi yang bisa memberi perlindungan dari adanya ancaman malware di perangkat Anda. F-Secure Safe ini akan memberi perlindungan dari berbagai macam ancaman online, salah satunya malware.

Bukan hanya itu, F-Secure Safe juga menjadi salah satu aplikasi antivirus yang bisa diandalkan serta dapat dicoba untuk melindungi handphone.

Sebenarnya, langkah paling mudah agar handphone tidak terjangkit malware adalah menghindari mengakses situs-situs ilegal. Bila handphone sudah terlanjur terkena malware, berbagai cara membersihkan HP di atas bisa dijadikan pilihan. (Red-detribpas.com)