Cara Menggunakan Kamera DSLR, Pemula Wajib Tahu
Sumber Foto: www.canva.com

Cara Menggunakan Kamera DSLR, Pemula Wajib Tahu

detribpas.com – Cara menggunakan kamera DSLR sebenarnya mudah, jika Anda merupakan salah satu orang yang memiliki hobi fotografi, kamera DSLR mungkin menjadi hal yang sudah tidak asing lagi didengar.

Selain kamera DSLR, mirrorless biasanya juga menjadi pilihan. Saat ini mirrorless memang menjadi lebih popular. berbagai macam alasannya menjadi penyebabnya seperti bodi yang terlihat jauh lebih ringkas, harga hingga kemudahan dalam hal penggunaan.

Cara menggunakan kamera DSLR memang lebih rumit bila kita membandingkannya dengan mirrorless. kamera DSLR memang lebih ditujukan untuk kalangan profesional.

Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

Untuk menggunakan kamera DSLR, berikut langkah yang bisa Anda ikuti, antara lain:

Cara Menggunakan Kamera DSLR, Pemula Wajib Tahu
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Kenali fungsi tombol kamera DSLR

Jika Anda ingin serius menekuni dunia fotografi, Anda dapat mendalami fotografi dengan cara menggunakan kamera ini ketika mengambil gambar.

BACA JUGA:  Tips Membeli HP agar Tidak Menyesal

Bila Anda menggunakan DSLR Canon, Anda dapat melatih menggunakan fitur serta tombol dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi seperti Canon Photo Companion bisa Anda gunakan. Dengan menggunakan trik ini, Anda dapat membiasakan diri.

  1. Menggunakan fungsi viewfinder

Cara menggunakan kamera DSLR berikutnya adalah mencoba menggunakan fungsi viewfinder. Anda dapat semakin mengoptimalkan fungsi viewfinder untuk melakukan bidikan objek.

Viewfinder sendiri merupakan celah kaca mungil yang lokasinya di belakang kamera dan dapat digunakan untuk membingkai objek.

Fungsi jendela bidik ini berada di bagian atas belakang kamera. Bukan hanya itu, Anda juga dapat memilih mengambil gambar menggunakan celah viewfinder LCD untuk membingkai gambar.

  1. Tentukan fungsi lensa

Cara menggunakan kamera DSLR berikutnya ialah menentukan fungsi lensa. Kamera DSLR adalah jenis kamera dengan lensa yang bisa diganti sesuai dengan keperluan.

bukan hanya itu, penggunaan kamera DSLR juga harus menggunakan lensa yang tepat. Bila Anda sudah menggunakan lensa kamera, Anda dapat membersihkan lensa sesudah selesai mengambil gambar.

Lebih-lebih jika Anda mengambil gambar di gunung atau di pantai. Hal ini disebabkan karena kadar garam yang tinggi bisa menimbulkan korosi di dalam optic, selain itu udara lembab pegunungan menjadi cikal bakal dari jamur.

  1. Aplikasikan mode yang tepat

Cara menggunakan kamera DSLR berikutnya ialah mengaplikasikan mode dengan benar. Bila Anda sudah mengetahui langkah menggunakan DSLR, pengambilan gambar dengan kamera handphone saja bisa memberikan hasil berkualitas.

BACA JUGA:  Smartphone 1 Jutaan Infinix Hot 10 dengan Spek Tergacor

Agar dapat mempelajari teknik yang handal, Anda harus membiasakan diri mencoba mode berbeda. Anda hanya harus mengubah dial mode serta mencoba mengambil gambar objek, kemudian ketahui perbedaan dari hasil akhir.

Cara Menggunakan Kamera DSLR, Pemula Wajib Tahu
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Pelajari pencahayaan dengan baik

Ketika praktik mengambil gambar menggunakan kamera DSLR, pencahayaan menjadi hal yang harus dipelajari. Teknik dasar menggunakan kamera DSLR bisa dioptimalkan ketika melakukan pengaturan sumber cahaya.

Adanya pengaturan aperture ini memungkinkan Anda bisa menyesuaikan jumlah cahaya yang bisa masuk dalam lensa agar dapat menghasilkan kualitas gambar yang tajam.

Oleh sebab itu ketika belajar menggunakan alat foto ini, pencahayaan menjadi hal yang tidak boleh dilupakan begitu saja, bahkan menjadi hal yang harus diperhatikan dengan baik.

  1. Atur komposisi foto dengan baik

Mengatur komposisi foto menjadi hal yang paling utama serta mendasar. Aturan ini sederhananya ialah menyelaraskan objek foto sehingga nantinya foto memiliki fokus di titik tertentu.

BACA JUGA:  Tips Bermain Gadget agar Tidak Ketergantungan

Jika melihat sederhananya, Anda dapat membayangkan komposisi frame yang dibagi dalam 3 bagian yang sama besarnya. Sesudah itu, Anda dapat membidik objek di salah satu dari bagian tersebut, sehingga komposisi bisa lebih seimbang di bagian belakang.

  1. Kunci fokus lensa

untuk menggunakan alat foto  berikutnya adalah menetapkan fokus. Anda harus menetapkan fokus objek dan menggunakan latar belakang sesuai.

Di bagian pengaturan fokus secara manual, Anda dapat menyesuaikan focal length sehingga bisa menangkap komposisi gambar dengan latar belakang blur, dengan cara ini pula gambar akan menjadi terlihat hidup.

  1. Minimalisasi penggunaan flash

Cahaya natural sebenarnya menjadi sumber yang paling baik dari pengambilan gambar. Warna alami objek nantinya akn muncul dengan kontras warna yang cerah bila menggunakan pencahayaan yang alami.

Untuk mengoptimalkan fungsi dari kamera DSLR, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui tombol dan komponen. Jika sudah terbiasa, Anda dapat mengeksplorasi mode. Cara menggunakan kamera DSLR sebenarnya tidak sesulit seperti yang dibayangkan. (Red-detribpas.com)