Berbagai Cara Mengatasi Laptop Lemot yang Bisa Anda Ikuti
Sumber Foto: www.canva.com

Berbagai Cara mengatasi laptop lemot yang Bisa Anda Ikuti

detribpas.com – Cara mengatasi laptop lemot menjadi salah satu trik yang banyak dicari sekarang ini. Baik digunakan untuk belajar, bekerja hingga bermain, laptop yang memiliki performa kencang menjadi idaman untuk semua orang.

Tentu saja kenyataan yang terjadi tidak seideal hal tersebut. Sesudah lama digunakan, terkadang laptop menjadi lemot, masalah lemotnya laptop biasanya terjadi pada laptop yang memiliki spesifikasi tinggi.

Layaknya smartphone, laptop telah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat di zaman digital, selain itu laptop juga mempunyai berbagai macam fungsi, bahkan berbagai macam fungsi lebih baik dilakukan di laptop dibandingkan di smartphone.

Tentu saja sama dengan smartphone, laptop ini bisa berubah menjadi lemot atau performa yang semakin lama menjadi semakin turun.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

Untuk mengatasi lambatnya laptop dalam merespons, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

Berbagai Cara Mengatasi Laptop Lemot yang Bisa Anda Ikuti
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Menonaktifkan program yang berada di belakang layar

Salah satu alasan umum yang membuat kinerja laptop mengalami penurunan bukan hanya ketika melakukan multitasking maupun membuka banyak aplikasi adalah banyaknya software yang berjalan di belakang layar.

BACA JUGA:  Jenis Gadget Canggih yang Membantu Aktivitas Harian

Bahkan, ada pula software yang otomatis aktif ketika laptop baru saja dinyalakan. Tentu saja kondisi seperti ini membuat kinerja yang dimilikinya menjadi lambat dan berat.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menonaktifkan software, program maupun aplikasi yang berjalan di belakang layar. Jika laptop Anda menggunakan sistem Windows, Anda bisa melakukannya di Task Manager.

Perlu diketahui, Cara mengatasi laptop lemot ini bisa mengurangi jumlah program di belakang layar serta bisa meringankan beban kerja. Anda bisa membuka task manager dengan CTRL+ALT+DEL kemudian klik kaca pembesar di bawah layar.

  1. Gunakan browser yang ringan

Cara mengatasi laptop lemot yang lainnya ialah menggunakan browser yang ringan. Penggunaan dan jenis browser pada dasarnya dapat mempengaruhi kinerja laptop seperti membuka tab yang terlalu banyak.

Kondisi seperti ini tentu saja bisa menggerus kinerja laptop sehingga membuatnya menjadi terkesan lambat. Untuk mengatasi masalah ini, pilih browser yang ringan serta tidak memakan banyak memori.

BACA JUGA:  Tips Sederhana Memilih Laptop Gaming Terbaik untuk 2022

Salah satu browser favorit yang bisa dijadikan sebagai pilihan ialah Google Chrome. Bukan hanya itu, Anda juga dapat meminimalisasi jumlah tab yang dibuka dalam satu waktu, lebih-lebih jika terdapat situs denganauto refresh.

Hal yang sama juga harus dilakukan adalah add-ons browser, yakni menonaktifkan serta menghapus yang tidak dibutuhkan.

  1. Hapus program yang tidak dibutuhkan

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya ialah menghapus program yang tidak dibutuhkan. Bila Anda memiliki kebiasaan menimbun data di dalam harddisk laptop, sekarang ini sudah saatnya Anda melakukan perubahan.

Penuhnya harddisk juga bisa mempengaruhi kinerja laptop. Hal tersebut terjadi karena untuk bekerja dengan optimal, sistem operasi laptop membutuhkan ruang untuk menemukan file, menciptakan temporary files.

Saat menghapus serta mengedit di laptop, data ini akan menjadi fragmented atau terpecah dan berubah menjadi bagian kecil di hard disk laptop. Tentu saja kondisi ini membuat laptop memerlukan waktu lama untuk mencari data Anda.

Hingga akhirnya laptop menjadi lemot. Untuk mengatasi masalah seperti ini, Anda dapat melakukan defragment files. Cara mengaksesnya dengan pergi ke halaman settings, kemudian lanjut ke system, storage dan optimize drives.

BACA JUGA:  Pentingnya Fitur USB Debugging Beserta Cara Mengaktifkannya
Berbagai Cara Mengatasi Laptop Lemot yang Bisa Anda Ikuti
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Mengganti haddisk

Cara mengatasi laptop lemot yang satu ini memang membutuhkan sejumlah biaya. Pada dasarnya, setiap komponen yang berada di dalam laptop mempunyai batas usia termasuk media penyimpanan internal.

Harddisk, semakin lama tentu bisa menjadi semakin tua, proses read serta write di harddisk bisa mengalami perlambatan. Hal inilah yang akan mempengaruhi kinerja laptop keseluruhan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggantinya dengan harddisk baru. Bila Anda masih menggunakan HDD, tidak ada salahnya Anda berpindah menggunakan SSD.

  1. Kapasitas RAM tidak sesuai kebutuhan

Cara mengatasi laptop lemot yang lainnya adalah memperhatikan kapasitas laptop. RAM menjadi tempat penyimpanan data yang bersifat sementara.

Data yang dibutuhkan untuk berjalan di aplikasi akan disimpan di sana kemudian dikirim ke prosesor ketika diperlukan. Proses ini juga ikut menentukan kecepatan kinerja yang dimiliki laptop. Bila semakin kecil kapasitasnya semakin lambat juga kinerjanya.

Mengatasi lemotnya perangkat memang harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu, selain itu setelah melakukan langkah Cara mengatasi laptop lemot di atas, Anda juga harus melakukan pengecekan secara berkala. (Red-detribpas.com)