Cara Menggunakan Webcam untuk Laptop
Sumber Foto: www.canva.com

Cara Menggunakan Webcam untuk Laptop

detribpas.com – Cara menggunakan webcam menjadi salah satu hal yang harus diketahui sebelum benar-benar menggunakannya. Webcam saat ini memang sudah menjadi sebuah kebutuhan penting. Lebih-lebih jika Anda bekerja dengan menggunakan laptop.

Ketika harus menghubungi klien atau rekan dari jarak jauh, webcam menjadi solusinya. Namun, ada saat-saat yang membuat kamera ini begitu sulit dioperasikan, ada pula laptop yang mempunyai kamera bawaan jelek.

Jika kamera bawaan laptop jelek, tentu saja Anda memerlukan webcam eksternal agar dapat meeting virtual dengan gambar serta suara yang jelas. Tentu saja untuk mengakses webcam ini tidak semudah seperti yang dibayangkan.

Cara Menggunakan Webcam untuk Laptop
Sumber Foto: www.canva.com

Saat ini umum ditemukan laptop yang lengkap dengan adanya kamera bawaan. Baik kelas rendah maupun menengah, pasti dibekali dengan spesifikasi ini. Beberapa vendor memang mengizinkan modifikasi untuk menghilangkan kamera laptop bawaan.

Sebelum menggunakan langkah ini, Anda harus memastikan jika Windows yang Anda miliki mempunyai kamera bawaan. Caranya tinggal lihat di atas layar adakah lensa kamera yang ditemukan.

Untuk menggunakan webcam laptop, Anda harus memastikan jika kamera tersebut dapat bekerja. Cara paling mudah melakukan pengetesan ialah menggunakan aplikasi kamera bawaan, berikut langkahnya:

1.  Bila sudah memastikan laptop memiliki kamera bawaan, cara menggunakan webcam untuk laptop berikutnya adalah klik menu start yang berada di pojok kiri bawah, kemudian ketik camera agar bisa menemukan aplikasi bawaan.

2.  Klik ikon kamera yang berada di bagian atas, nantinya aplikasi akan otomatis terbuka. Tunggu sampai kamera laptop menyala. Biasanya menyalanya kamera laptop ditandai dengan LED kecil yang menyala di samping lensa.

3.  Di bagian jendela aplikasi kamera, Anda dapat mengklik tombol capture dengan bentuk ikon kamera agar bisa mengambil foto serta menyimpannya di dalam folder.

4.  Sedangkan, cara menggunakan webcam untuk berbagai aplikasi video chat, biasanya software tersebut akan otomatis mendeteksi serta menyalakan webcam yang berada di laptop sehingga Anda tidak perlu melakukan pengaturan.

5.  Jika ingin menggunakan aplikasi video chat, Anda tinggal mengakses link yang dibagikan kemudian akan secara otomatis tersambung ketika terhubung dengan website video chat atau aplikasi video chat.

Cara Menggunakan Webcam untuk MacBook

Untuk MacBook, Apple sendiri selalu merilis MacBook dengan kamera bawaan. Untuk menguji kamera yang dimiliki MacBook sebenarnya mudah, berikut langkahnya:

1.  Tekan tombol command + space bar agar bisa membuka aplikasi spotlight. Kemudian Anda bisa mengetik photo booth kemudian temukan aplikasi photo booth yang berada di dalam MacBook.

2.  Klik aplikasi tersebut pada hasil pencarian spotlight agar dapat membukanya, kemudian tunggu selama beberapa saat. Ketika kamera menyala, nantinya lampu akan berwarna hijau di sebelah lensa akan menyala.

3.  Ketika kamera menyala, Anda bisa melihat wajah di aplikasi tersebut. Sesuaikan arah kamera karena objek apa saja dibagian bingkai bisa menjadi bagian dari video atau foto yang Anda miliki.

4.  Bila sudah yakin, klik capture dengan bentuk kamera, nantinya akan otomatis mengambil foto kemudian menyimpannya di dalam aplikasi.

5.  Salah satu perbedaan MacBook dan Windows ialah konektivitasnya pada produk Apple lain yakni iPad atau iPhone. Jika sudah mengambil foto, Anda bisa menyalakan fitur nantinya foto juga bisa dilihat melalui iPad atau iPhone.

6.  Cara menggunakan webcam ketika terhubung dengan aplikasi video chat juga sama dengan windows. Nantinya aplikasi akan otomatis mendeteksi kamera bawaan serta menyalakannya bila perlu.

Cara Menggunakan Webcam Eksternal untuk Laptop

Cara Menggunakan Webcam untuk Laptop
Sumber Foto: www.canva.com

selain menggunakan webcam dari laptop, Anda juga dapat menggunakan webcam eksternal, untuk langkah pemasangannya sebenarnya mudah, seperti:

1.  Sambungkan webcam eksternal ke laptop. Biasanya untuk laptop Windows akan menggunakan koneksi USB C atau USB A, sedangkan untuk MacBook menggunakan Thunderbolt.

2.  Bila webcam eksternal yang Anda miliki membutuhkan aplikasi, Anda dapat mengunduh serta memasang aplikasi tersebut terlebih dahulu. Namun tidak semua webcam eksternal membutuhkannya.

3.  Anda bisa langsung membuka aplikasi kamera bawaan, kemudian buka aplikasi video chat yang ingin digunakan.

Menggunakan webcam sekarang ini sudah jamak dilakukan, sehingga langkah seperti cara menggunakan webcam ini tentu saja menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilupakan. (Red-detribpas.com)

BACA JUGA:  Jenis Gadget Canggih yang Membantu Aktivitas Harian