Tips Merawat Laptop Touchscreen Agar Awet

Tips Merawat Laptop Touchscreen agar Awet

detribpas.com – Merawat laptop touchscreen tidak sama dengan perangkat biasa. Laptop touchscreen sendiri merupakan produk teknologi yang memberikan kenyamanan bagi pengguna untuk memakai perangkat praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Perangkat model ini sangat efektif dan efisien. Sehingga banyak diminati oleh masyarakat. Akan tetapi, layarnya membutuhkan perawatan yang lebih tinggi daripada perangkat biasa. Bahkan harus lebih diperhatikan daripada ponsel layar sentuh.

Apabila tidak merawat perangkat model ini dengan baik, nantinya layar akan mudah rusak. Padahal layar merupakan komponen penting yang sangat menunjang aktivitas dalam teknologi ini.

Ragam Tips Merawat Laptop Touchscreen

Apabila Anda sedang memiliki atau ingin membeli laptop touchscreen, simak dahulu tips perawatannya berikut ini. Sehingga perangkat Anda akan bertahan lama dan tentu saja tidak mudah rusak.

Tips Merawat Laptop Touchscreen Agar Awet

  1. Bersihkan Debu dengan Kain Microfiber

Tips merawat laptop touchscreen yang pertama ialah membersihkan layarnya memakai kain microfiber. Sebenarnya perawatan layar ini harus hati-hati, mirip dengan merawat lensa proyektor atau kamera.

BACA JUGA:  Trik Edit Foto Tanpa Aplikasi di Hp Android

Layar touchscreen memang terbilang sensitif. Oleh sebab itu perlu memakai kain microfiber. Jika menggunakan kain biasa maupun tisu, berpotensi menyebabkan goresan. Sehingga justru bisa merusak perangkat.

Sebelum membersihkan laptop, jangan lupa mematikannya terlebih dahulu. Kemudian usap layar secara perlahan sampai debu yang menempel hilang. Jangan menekan terlalu keras keras untuk merawat laptop touchscreen.

Ketika mengusap layar, sebaiknya memakai satu arah gerakan. Misalnya horizontal. Apabila ternyata terasa kurang bersih dapat mengganti arah ke vertikal. Cukup gunakan satu arah ketika mengusap seluruh permukaan.

  1. Bersihkan Noda dengan Spons Basah

Mungkin Anda kerap mendapati noda yang menempel kuat dan tidak dapat disingkirkan hanya dengan kain microfiber. Tenang saja, masih ada tips lain apabila menghadapi masalah seperti ini.

Jadi, tips merawat laptop touchscreen berikutnya ialah membersihkan noda membandel pada layar memakai spons basah. Akan tetapi, jangan memakai spons bekas cuci piring di dapur.

Pakai spons baru yang dibasahi dengan air steril. Cukup basahi sedikit saja dan pastikan air tidak menetes dari spons. Karena air yang menetes nantinya justru bisa merusak layar.

BACA JUGA:  Tips Merawat Iphone Lama agar Tetap Awet dan Tangguh

Pastikan memakai air yang telah steril, bukan air keran biasa. Jika sudah membersihkan memakai spons basah, tunggu layar sampai kering. Jika sudah, Anda dapat mengoperasikan laptop.

Tips Lain dalam Merawat Laptop Touchscreen

Sepertinya permasalahan laptop tidak hanya seputar debu dan noda saja. Berikut ini masih ada tips untuk mengatasi masalah yang lain dan cara merawat laptop layar sentuh.

Tips Merawat Laptop Touchscreen Agar Awet

  1. Bersihkan Minyak dengan Cairan Pembersih

Selain debu dan noda, minyak bisa menempel pada layar laptop. Misalnya ketika mengoperasikannya sembari makan gorengan. Akhirnya tanpa sengaja minyak menempel pada perangkat.

Ketika berhadapan dengan minyak, tidak cukup apabila hendak membersihkannya memakai spons basah. Perlu alat lain yang lebih ampuh. Yakni memakai cairan pembersih dengan kain microfiber.

Tips merawat laptop touchscreen ini diterapkan dengan cara menyemprotkan cairan pembersih pada kain microfiber. Cairan ini bisa diperoleh melalui toko aksesori laptop. Jika mempunyai cairan pembersih lensa juga boleh dipakai.

Pastikan cairan pembersih tidak mengandung acetone maupun ethyl alcohol. Kemudian jangan menyemprotkan cairan langsung ke layar. Semprotkan dahulu ke kain microfiber baru diusapkan ke bagian yang kotor.

BACA JUGA:  Trik Rahasia PUBG Mobile, untuk Mendapat Gelar Winner Chicken Dinner

Setelah mengusapkan kain untuk menghilangkan minyak, diamkan layar selama beberapa saat sampai cairan mengering. Setelah benar-benar kering, Anda bisa menggunakan  laptop seperti biasa.

  1. Memasang Pelindung Anti Gores

Jika ingin menjaga layar supaya aman dari goresan, bisa mencoba menambahkan pelindung anti gores. Ketika membersihkan pelindung tidak akan khawatir menggores layar. Jika pelindung ini terasa sudah sangat kotor, nantinya bisa mengganti dengan yang baru.

  1. Simpan Ketika Tidak digunakan

Tips merawat laptop touchscreen selanjutnya ialah menyimpan perangkat apabila tidak digunakan. Agar awet, masukkan perangkat ke dalam tas atau sleeve case. Sehingga perangkat akan terjaga dari debu dan noda.

Kemudian, jauhkan perangkat dari sinar matahari langsung. Karena panas matahari akan menyebabkan layar ikut panas dan berpotensi rusak. Tentu sangat disayangkan bila rusak hanya karena terpapar sinar matahari langsung.

Memiliki laptop touchscreen memang memudahkan pekerjaan. Akan tetapi layarnya menjadi mudah kotor karena sentuhan jari. Oleh sebab itu, perlu menerapkan tips merawat laptop touchscreen agar layarnya tahan lama dan tidak mudah rusak. (Red-detribpas.com)