Tips Membeli Laptop Terbaik Untuk Kebutuhan Mahasiswa

Tips Membeli Laptop Terbaik Untuk Kebutuhan Mahasiswa

detribpas.com – Jika Anda adalah seorang mahasiswa, maka pasti akan membutuhkan tips membeli laptop. Sebab seorang mahasiswa akan sangat membutuhkan laptop untuk mengerjakan berbagai keperluan di kuliah.

Mulai dari mengerjakan tugas, membuat presentasi hingga mengikuti kelas online mengharuskan Anda menggunakan laptop. Apalagi laptop lebih fleksibel dibanding komputer sehingga mudah untuk Anda bawa bepergian.

Agar proses mengerjakan berbagai keperluan berjalan lancar, tentu Anda harus menggunakan laptop berkualitas. Namun sebagai seorang mahasiswa, kondisi finansial Anda pasti terbatas. Sehingga Anda harus pintar-pintar dalam membeli laptop.

Setidaknya, laptop yang Anda belu harus mampu memenuhi semua kebutuhan sebagai mahasiswa namun terjangkau dari segi harga. Sehingga Anda tetap bisa mengerjakan berbagai tugas secara optimal tanpa mengalami masalah keuangan.

5 Tips Membeli Laptop Sesuai Budget Mahasiswa

Saat ini Anda dapat menemukan laptop dengan berbagai spesifikasi. Tentunya semakin tinggi spesifikasi sebuah laptop, semakin tinggi juga harganya. Hal ini tentu menjadi sebuah masalah bagi mahasiswa.

BACA JUGA:  Tips Telfon dan Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor

Karena sebagai mahasiswa, sebisa mungkin Anda harus berhemat. Agar kebutuhan untuk membeli laptop tidak menimbulkan masalah pada kondisi keuangan, silakan gunakan beberapa tips membeli laptop dari kami berikut ini.

Tips Membeli Laptop Terbaik Untuk Kebutuhan Mahasiswa

  1. Pahami Kebutuhan Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membeli laptop adalah memahami kebutuhan terlebih dahulu. Sebab meski sama-sama mahasiswa, kebutuhan mahasiswa Teknik Arsitektur, berbeda dengan mahasiswa Ilmu Politik.

Mahasiswa Teknik Arsitektur perlu menggunakan berbagai aplikasi 3D untuk kebutuhan tugas kuliah. Sementara mahasiswa Ilmu Politik tidak memerlukan suatu aplikasi khusus dalam menjalani kehidupan kuliah.

Sehingga tentu spesifikasi laptop yang dibutuhkan oleh mahasiswa Teknik Arsitektur dan Ilmu Politik akan berbeda. Oleh karena itu pahami terlebih dahulu kemungkinan penggunaan laptop di jurusan kuliah Anda.

  1. Perhatikan Kapasitas RAM

Meski kebutuhan secara spesifik tiap mahasiswa berbeda, ada beberapa hal yang berlaku secara sama. Seperti salah satunya adalah kapasitas RAM dari laptop yang akan Anda beli.

Tips membeli laptop untuk mahasiswa adalah memilih yang memiliki kapasitas RAM besar. Setidaknya pastikan laptop tersebut memiliki kapasitas RAM sebesar 8 GB agar mampu menjalankan berbagai aktivitas secara lancar.

BACA JUGA:  Trik Merawat Ban Motor Jaminan Awet Meski Rutin Dipakai

Sebab sebagai mahasiswa Anda mungkin akan menggunakan laptop untuk multi tasking. Contoh paling dasar adalah membuka Microsoft Word untuk membuat tugas sambil membuka Google Chrome.

Sehingga laptop harus mampu membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Kemampuan ini akan ditentukan salah satunya oleh besarnya kapasitas RAM. Semakin besar kapasitas RAM, semakin mampu membuka banyak aplikasi bersamaan.

  1. Mencoba Mengetik

Sebagai seorang mahasiswa, Anda pasti akan banyak tugas untuk membuat makalah. Oleh karena itu tips membeli laptop selanjutnya adalah mencoba untuk mengetik menggunakan laptop tersebut terlebih dahulu.

Sebab perlu Anda ketahui bahwa keyboard di setiap laptop tidaklah sama. Mulai dari jarak antar tombol hingga sensasi yang diberikan saat mengetik di setiap laptop pasti memiliki perbedaan.

Tentunya hal ini akan mempengaruhi pengalaman Anda ketika menggunakan laptop untuk membuat makalah. Oleh karena itu pastikan Anda membeli laptop dengan keyboard yang paling nyaman.

Tips Membeli Laptop Terbaik Untuk Kebutuhan Mahasiswa

  1. Bundling Windows dan Office

Tips membeli laptop selanjutnya adalah melihat bundling yang ditawarkan. Beberapa produsen laptop menawarkan bundling pembelian dengan Windows dan juga Microsoft Office. Sehingga Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi.

BACA JUGA:  Cara Pakai Fitur NFC Smartphone, Tidak Sulit Kok

Hadirnya Windows dan Office ini tentu akan sangat menguntungkan Anda sebagai seorang mahasiswa. Karena bukan hanya membuat Anda tidak perlu melakukan instalasi, tapi Anda juga mendapatkannya secara gratis.

Sebab perlu diketahui bahwa harga Windows dan Microsoft Office remi bisa mencapai jutaan rupiah. Sehingga jika Anda harus membelinya sendiri, mungkin akan mengganggu kondisi keuangan.

  1. Webcam

Tips membeli laptop yang terakhir adalah memperhatikan kualitas webcam. Sebab pada zaman sekarang, kemungkinan besar Anda akan mengikuti kelas atau webinar secara daring atau online.

Sehingga Anda memerlukan laptop dengan kualitas webcam yang baik. Dengan begitu Anda tidak perlu membeli webcam eksternal yang memiliki harga cukup tinggi hanya untuk menampilkan diri secara lebih baik.

Sebagai seorang mahasiswa, tentu Anda akan membutuhkan laptop. Namun pemilihan laptop bagi seorang mahasiswa tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pastikan Anda mendapat laptop terbaik dengan harga terjangkau.

Dengan begitu, setiap kegiatan menggunakan laptop bisa Anda lakukan secara optimal. Silakan pakai tips membeli laptop di atas agar Anda bisa mendapatkan laptop terbaik untuk kebutuhan mahasiswa. (red-detribpas.com)