Tips Menghemat Baterai Android Agar Bertahan Seharian

Tips Menghemat Baterai Android agar Bertahan Seharian

detribpas.com – Tips menghemat baterai Android sangat penting untuk dipahami oleh para penggunanya. Karena salah satu persoalan dari smartphone Android khususnya pada beberapa merk tertentu adalah ketahanan baterai.

Sebagai pengguna, tentu Anda berharap smartphone dapat digunakan dari pagi hingga malam hari. Namun sayangnya, beberapa smartphone sudah harus diisi ulang daya pada waktu sore hari.

Tentunya hal ini sangat mengganggu karena membuat Anda tidak bisa menggunakan smartphone seharian. Apalagi jika ternyata ada kebutuhan penting yang mengharuskan Anda menggunakan smartphone pada sore atau malam hari.

Selain itu, pengisian daya yang terlalu sering juga dipercaya akan memperpendek umur baterai. Oleh karena itu menghemat baterai smartphone juga akan membantu membuatnya lebih awet.

5 Tips Menghemat Baterai Android

Ada banyak faktor yang mempengaruhi penggunaan baterai pada sebuah smartphone. Oleh karena itu kapasitas baterai yang besar bukan menjadi jaminan bahwa smartphone bisa bertahan dalam waktu lama.

BACA JUGA:  Tips Merawat Charger Smartphone, Cegah Cepat Rusak

Karena itulah tips menghemat baterai Android tetap diperlukan oleh seluruh pengguna terlepas merk dan jenis smartphone yang digunakan. Berikut ini adalah lima tips agar baterai Android bertahan lama.

Tips Menghemat Baterai Android Agar Bertahan Seharian

  1. Mengatur Tingkat Kecerahan Layar

Salah satu faktor yang mempengaruhi penggunaan baterai pada smartphone adalah tingkat kecerahan layar. Semakin cerah layar smartphone, maka semakin banyak juga daya baterai yang terpakai.

Oleh karena itu Anda harus mengatur tingkat kecerahan layar agar tidak terlalu cerah. Namun jangan juga memaksakan layar smartphone berada di tingkat kecerahan paling rendah.

Sebaiknya, aktifnya fitur auto pada penentuan tingkat kecerahan layar. Maka secara otomatis smartphone akan menyesuaikan kecerahan layar agar tidak boros baterai namun tetap nyaman digunakan.

  1. Tutup Aplikasi Yang Berjalan Di Belakang Layar

Tips menghemat baterai Android selanjutnya adalah menutup aplikasi yang berjalan di belakang layar. Sebab meski tidak digunakan, selama masih berjalan di belakang layar maka aplikasi akan menghabiskan daya baterai.

Untuk menghemat baterai, Anda bisa membiasakan diri untuk menutup aplikasi secara sepenuhnya. Sebab jika Anda menutup aplikasi dengan hanya menekan tombol home, aplikasi tersebut sebenarnya masih berjalan.

BACA JUGA:  Cara Pakai Fitur NFC Smartphone, Tidak Sulit Kok

Cara lainnya adalah dengan langsung menutup seluruh aplikasi yang berjalan di belakang layar. Untuk melakukan ini, Anda bisa menekan tombol home dalam waktu sedikit lama.

Sehingga aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar akan ditampilkan. Selanjutnya Anda cukup menekan tombol silang agar seluruh aplikasi tersebut tertutup secara otomatis. Dengan begitu baterai Android akan lebih hemat.

  1. Mematikan Google Assistant

Google Assistant merupakan asisten virtual yang dimiliki oleh Google. Fitur ini akan ada di setiap smartphone Android versi 5.0 ke atas. Sayangnya fitur ini cukup menguras baterai smartphone.

Sehingga tips menghemat baterai Android berikutnya adalah mematikan fitur Google Assistant. Apalagi jika ternyata Anda tidak terlalu memanfaatkan fitur yang dimiliki oleh asisten virtual ini.

Untuk mematikan Google Assistant, Anda bisa pergi ke aplikasi Google, lalu masuk ke profil dan pilih pengaturan. Selanjutnya masuk ke menu Google Assistant lalu matikan fitur Hey Google.

Tips Menghemat Baterai Android Agar Bertahan Seharian

  1. Menggunakan Dark Mode

Tips menghemat baterai Android selanjutnya adalah menggunakan dark mode. Seperti kami singgung sebelumnya bahwa kecerahan layar cukup berpengaruh terhadap penggunaan baterai. Sementara dalam dark mode, kecerahan layar akan berkurang.

BACA JUGA:  Tips Merawat Gadget Lama agar Terlihat Seperti Baru Lagi

Apalagi jika smartphone Anda menggunakan layar AMOLED. Pada layar ini, untuk menunjukkan warna hitam dilakukan dengan mematikan pixel. Sehingga secara otomatis daya yang digunakan menjadi lebih kecil.

Maka dengan menggunakan dark mode, penggunaan daya baterai akan menjadi lebih hemat. Sehingga smartphone Anda akan bisa digunakan selama seharian tanpa khawatir akan masalah kehabisan baterai.

  1. Menonaktifkan GPS

Tips menghemat baterai Android yang kelima adalah menonaktifkan GPS. Sebab diketahui bahwa penggunaan fitur GPS sangat boros baterai. Pastikan Anda hanya menggunakan fitur GPS ketika diperlukan seperti saat mencari jalan.

Karena memang fitur ini tidak terlalu diperlukan ketika Anda hanya berada di rumah atau kantor saja. Sehingga menggunakan GPS saat tidak sedang memiliki navigasi aktif adalah sia-sia.

Kehidupan manusia saat ini tidak bisa dilepaskan dari smartphone. Namun sayangnya penggunaan smartphone terkadang harus dibatasi oleh daya baterai. Sehingga sebisa mungkin daya baterai perlu dihemat.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai pada Android. Di atas telah kami sampaikan beberapa tips menghemat baterai Android agar bisa digunakan seharian. (Red-detribpas.com)