Tips Penting WhatsApp yang Jarang dipakai

Tips Penting WhatsApp yang Jarang dipakai

detribpas.com – Apakah Anda sudah tahu bahwa ada banyak sekali tips penting WhatsApp atau WA yang sangat berguna? Namun sayangnya masih banyak pengguna yang belum mengetahui adanya fitur menarik dari aplikasi tersebut.

WhatsApp sendiri merupakan aplikasi berkirim pesan yang populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Hampir setiap orang di tanah air mempunyai aplikasi ini. Baik itu anak-anak sampai orang tua.

Karena banyak orang yang mengetahui fitur lengkapnya, berbagai tips ini akan membantu Anda untuk mengoptimalkan penggunaan aplikasi pesan instan tersebut. Tidak hanya sekedar memakainya untuk berkirim pesan, pesan suara, gambar maupun video saja.

Tips Penting WhatsApp yang Jarang diketahui

Sebagai pengguna WhatsApp, tentu terasa sangat rugi bila tidak mengoptimalkan penggunaannya. Tersedia banyak fitur namun tidak memakainya. Agar lebih bermanfaat, simak beberapa tips penting berikut.

Tips Penting WhatsApp yang Jarang dipakai

  1. Mengirim Foto atau Video Sekali Lihat

Tips penting WhatsApp pertama ialah dapat mengirim berbagai gambar, foto maupun video namun hanya untuk satu kali lihat. Fitur ini dapat Anda manfaatkan ketika perlu mengirim data atau informasi sensitif.

BACA JUGA:  Cara Bermain Apex Legends pada Smartphone Anda

Misalnya informasi mengenai sandi atau rekening bank. Jika sang penerima telah melihat pesan yang Anda kirimkan, maka gambar, foto maupun video akan terhapus secara otomatis. Hal ini dapat mencegah penyalahgunaan informasi oleh pihak lain.

Untuk menerapkan tips penting WhatsApp ini, Anda bisa membuka chat dengan kontak yang diinginkan terlebih dahulu. Kemudian klik ikon paperclip untuk mengirim gambar, foto maupun video dari galeri smartphone.

Bisa pula klik kamera untuk mengambil gambar secara langsung. Selanjutnya aktifkan fitur “photo/video set to view one” dengan cara klik angka 1 di samping tanda panah untuk mengirim chat.

  1. Menyembunyikan Chat

Ketika layar smartphone terkunci dan muncul chat masuk, umumnya akan tampil preview. Mungkin hal ini sedikit mengganggu ketika orang lain tanpa sengaja membaca preview tersebut.

Anda bisa menonaktifkan preview ini melalui pengaturan di WhatsApp. Sehingga orang lain tidak dapat mengetahui preview tersebut. Caranya tekan menu Settings, kemudian klik Notifications. Selanjutnya nonaktifkan pilihan “Use high priority notifications”.

  1. Menyembunyikan Profile Picture

Tips penting WhatsApp berikutnya ialah menyembunyikan profile picture. Ketika tidak ingin foto profil terlihat oleh orang yang belum Anda kenal dalam suatu grup sama, bisa memakai fitur ini.

BACA JUGA:  Komandan Rise of Kingdom yang Harus Dimiliki Biar GG

Caranya dengan mencari menu Settings, klik Account, Pilih Privacy lalu klik Profile Photo. Dapat menentukan apakah foto profil bisa dilihat oleh semua orang atau hanya yang menyimpan nomor Anda.

Tips Penting WhatsApp untuk Para Pelupa

Ada sebagian orang cukup pelupa terhadap WhatsApp. Misalnya sudah membuka pesan namun lupa tidak membalasnya. Berikut ini beberapa tips penting yang sangat bermanfaat bagi pelupa.

Tips Penting WhatsApp yang Jarang dipakai

  1. Menandai Pesan untuk dibalas

Jika Anda mudah lupa ketika ingin membalas pesan di Whatsapp, bisa menerapkan tips penting WhatsApp dengan menandainya sebagai chat belum terbaca. Sehingga terdapat tanda khusus bahwa pesan tersebut memerlukan perhatian untuk Anda balas.

Cara menerapkannya tidak sulit, cukup lihat daftar chat. Selanjutnya klik dalam waktu lama pada chat yang ingin ditandai. Kemudian klik tanda titik tiga pada Menu. Terakhir tekan Mark as Unread.

  1. Menandai Pesan Penting

Tips penting WhatsApp selanjutnya ialah dapat memberi tanda pada pesan penting. Misalnya pesan mengenai informasi dari teman maupun kerabat. Agar tidak perlu memilah-milah chat di dalam aplikasi.

BACA JUGA:  Tips Aplikasi Untuk Olahraga, Ini Daftarnya Gratis dan Terbaik

Cara memberi tanda ini ialah dengan klik chat dengan kontak yang dikehendaki. Selanjutnya pilih pesan yang hendak ditandai. Klik dalam waktu lama sampai muncul menu. Terakhir, pilih tanda bintang.

Nantinya pesan penting tersebut akan mempunyai tanda bintang. Anda dapat menemukan chat dengan tanda bintang dengan klik tanda titik tiga pada bagian atas. Lalu klik Starred Messages.

  1. Notifikasi Khusus

Ada kalanya Anda mengharapkan pesan dari orang spesial bukan? Agar tidak keliru dengan chat biasa lainnya, bisa menerapkan notifikasi khusus yang berbeda. Jadi akan segera paham bahwa pesan tersebut yang paling Anda tunggu.

Cara mengaktifkan fitur ini ialah dengan klik chat yang diinginkan. Lalu klik nama kontak. Beri centang pada Use Custom Notification. Tentukan nada notifikasi sesuai selera. Nantinya pesan dari orang tersebut akan mempunyai nada dering khusus.

WhatsApp merupakan aplikasi chat dengan banyak sekali fitur menarik. Namun sayangnya tidak semua orang mengetahui fitur tersebut. Tips penting WhatsApp bisa membantu untuk mengaktifkan berbagai fitur tersebut. (Red-detribpas.com)