Tips Hemat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama

Tips Hemat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama

detribpas.com – Sekarang ini mulai banyak hal yang perlu dilakukan melalui perangkat sehingga memerlukan tips hemat baterai laptop. Perangkat portable tersebut mulai banyak dipakai untuk keperluan belajar, bekerja, berkarya sampai menjadi sarana hiburan.

Mirip dengan smartphone, laptop juga bisa cepat rusak pada bagian baterai jika tidak dirawat. Terutama jika mempunyai perangkat model terbaru. Kebanyakan sudah dibekali dengan performa mumpuni sehingga ketahanan baterai juga harus kuat.

Semakin lama digunakan, daya perangkat juga akan mulai menurun. Oleh sebab itu tidak ada alasan lagi untuk mengabaikan perawatan baterai. Tidak perlu khawatir, tips merawatnya sama sekali tidak sulit.

Berbagai Tips Hemat Baterai Laptop

Baterai adalah salah satu komponen penting di dalam komputer jinjing. Terkadang, permasalahan yang muncul pada komponen tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lain. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghemat daya perangkat.

BACA JUGA:  Tips Merawat Iphone Lama agar Tetap Awet dan Tangguh

Tips Hemat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama

  1. Mengurangi Kecerahan Layar

Tips hemat baterai laptop yang pertama ialah mengurangi kecerahan layar. Banyak orang menyukai kecerahan tinggi pada perangkat. Padahal hal tersebut bisa menghabiskan daya dengan cepat.

Ketika berada di ruangan yang lebih redup, alangkah baiknya untuk mengurangi kecerahan layar. Hal ini tidak hanya membantu menghemat daya. Namun juga membuat mata terasa nyaman.

  1. Mengatur Volume Tetap Rendah

Mengatur volume suara tetap rendah ialah salah satu tips hemat baterai laptop yang tidak boleh dilewatkan. Cukup atur volume sesuai kebutuhan. Jangan terlalu keras jika memang tidak perlu.

  1. Mematikan Fitur yang Tidak dipakai

Banyak sekali fitur perangkat yang jarang digunakan. Misalnya Wi-Fi atau Bluetooth. Apabila Anda sedang tidak membutuhkannya, matikan saja agar daya baterai bertahan lama. Ketika membutuhkannya baru mengaktifkannya.

Apabila ingin mematikan semua fitur wireless secara otomatis. Seperti fitur bluetooth, Wi-Fi, jaringan seluler, GPS, dan lainnya gunakan saja mode airplane. Sehingga daya akan lebih tahan lama.

  1. Mode Battery Saver

Tips hemat baterai laptop berikutnya ialah mengaktifkan mode battery saver yang disediakan oleh Windows. Mode battery saver akan menghemat penggunaan baterai perangkat. Anda bisa menemukan fitur ini di menu Settings.

BACA JUGA:  Tips Mengamankan Laptop dari Potensi Pencurian Data

Setelah masuk ke menu Settings selanjutnya klik System. Lalu Klik Battery, akan muncul pilihan Battery Saver Settings. Pilih presentase yang dikehendaki. Cara ini sangat membantu mencegah boros daya.

Alternatif Tips Hemat Baterai Laptop

Memperhatikan atau mengatur aplikasi dalam perangkat juga bisa membantu menghemat daya. Berikut ini tips menghemat daya dengan mengatur berbagai aplikasi pada laptop.

Tips Hemat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama

  1. Menutup Aplikasi Tidak dipakai

Aplikasi merupakan salah satu hal yang banyak menghabiskan daya perangkat meskipun sedang tidak dipakai. Terkadang hal tersebut juga ikut memperlambat sistem laptop. Tentu hal ini sangat disayangkan.

Apabila ada beberapa aplikasi yang tidak dipakai, lebih baik ditutup saja. Hal ini juga akan meningkatkan kinerja karena sistem laptop berjalan secara optimal.

  1. Tidak Multitasking

Banyak orang berpikir bahwa menjalankan banyak aplikasi sekaligus akan membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Namun, membuka banyak software sekaligus akan menguras baterai dan membuat laptop berjalan lebih lambat.

Oleh sebab itu, buka saja software yang memang lebih mendesak untuk dipakai. Setelah selesai melakukan tugas atau pekerjaan dalam satu software, bisa beralih membuka software lain.

  1. Menghentikan Aplikasi yang Aktif di Background

Tips hemat baterai laptop selanjutnya ialah menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Umumnya berupa Windows Update, BitTorrent clients, dan lain sebagainya. Memang, terkadang aplikasi tersebut penting.

BACA JUGA:  Power Bank Terbaik Harga Murah, Ini Cara Belinya

Akan tetapi, tidak harus aktif sepanjang waktu. Sehingga tidak masalah jika sesekali menghentikannya agar daya lebih terjaga. Terutama jika daya sudah menipis dan berada di luar rumah.

  1. Pemakaian Aplikasi Sesuai dengan Spesifikasi Laptop

Banyak sekali orang memaksa memakai aplikasi berat padahal perangkat tidak mendukung. Aplikasi berat tidak hanya mempengaruhi baterai, namun juga sulit berfungsi dengan normal.

Oleh sebab itu, perlu menerapkan tips hemat baterai laptop dengan memakai aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi perangkat. Jika perangkat tidak mendukung, Anda bisa memakai software versi lama.

Selain itu, bisa memakai software alternatif. Sekarang ini sudah banyak sekali pilihan software dengan fungsi yang serupa. Jadi pilih yang sesuai dengan kemampuan laptop Anda.

Laptop menjadi boros baterai bukan terjadi tanpa sebab. Biasanya karena perawatan yang kurang sesuai. Oleh sebab itu, penting untuk menerapkan tips hemat baterai laptop. (Red-detribpas.com)