Tips Hemat Belanja Online di E-Commerce

Tips Hemat Belanja Online di E-Commerce

detribpas.com – Jika Anda suka membeli barang di e-commerce, penting sekali untuk mengikuti tips hemat belanja online. Memang, e-commerce membuat belanja menjadi lebih mudah dan praktis karena cukup diakses melalui smartphone.  

Tidak perlu lagi pergi ke pasar, supermarket maupun mall. Cukup scroll ponsel, semua jenis barang tersedia secara online. Bisa pesan produk dari mana saja dan kapan saja.

Dampak buruk dari layanan tersebut adalah mudahnya menghabiskan uang untuk belanja online. Terutama ketika muncul berbagai diskon sehingga merasa sayang apabila melewatkannya. Akhirnya menjadi boros pengeluaran tanpa disadari.

Tips Hemat Belanja Online di E-Commerce

Sebenarnya e-commerce diciptakan untuk memudahkan aktivitas manusia. Namun, kemudahan tersebut justru bisa merusak kesehatan finansial. Cara yang bisa dilakukan ialah belanja online secara bijak dengan mengikuti tips berikut.

Tips Hemat Belanja Online di E-Commerce

  1. Tidak Sering Membuka Aplikasi atau Situs E-Commerce

Ketika sedang bosan, biasanya tanpa sadar mengakses situs maupun aplikasi e-commerce. Hal ini menimbulkan keseruan tersendiri. Karena bisa mengetahui perkembangan tren. Akan tetapi, kebiasaan ini tidak boleh dilanjutkan.

BACA JUGA:  Trik Main Magic Chess Mobile Legends OTW Mythic

Terlalu sering mengakses situs atau aplikasi e-commerce akan memunculkan keinginan belanja online. Oleh sebab itu, tips hemat belanja online yang pertama ialah mengurangi kebiasaan membuka situs atau aplikasi e-commerce.

Jika sedang bosan atau mempunyai banyak waktu luang, dapat dialihkan ke kebiasaan yang bermanfaat. Misalnya saja membaca buku, menonton film, membuat kerajinan tangan dan lain sebagainya.

  1. Membuat Daftar Prioritas Kebutuhan

Tips hemat belanja online berikutnya ialah membuat daftar prioritas kebutuhan. Karena jika hanya mengikuti keinginan untuk membeli produk, uang akan mudah habis. Padahal keinginan hanya memberikan kepuasan sementara.

Oleh sebab itu, Anda perlu merencanakan pembelian produk berdasarkan urutan prioritas. Jika hanya sekedar keinginan, lebih baik pembeliannya ditunda, mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu. Terutama kebutuhan primer seperti makanan, listrik, dan lainnya.

Setelah semua kebutuhan primer terpenuhi, bisa melanjutkan belanja online barang kebutuhan sekunder atau tersier. Melalui tips hemat belanja online ini, semua kebutuhan terpenuhi dan kesehatan finansial terjaga.

  1. Tidak Terkecoh Diskon Spesial

Hampir setiap e-commerce menawarkan diskon spesial kepada penggunanya. Mulai dari potongan harga, diskon biaya pengiriman sampai cashback. Tidak heran bila pengguna berminat untuk memanfaatkan diskon tersebut.

BACA JUGA:  Tips Penting WhatsApp yang Jarang dipakai

Namun, biasanya pengguna harus membeli produk dalam jumlah tertentu. Misalnya minimal 500 ribu rupiah. Hal ini bisa membuat boros karena membeli produk yang sebenarnya tidak diperlukan untuk mengejar diskon.

Cara Mengatur Aplikasi Agar Tidak Boros

Selain mengatur sikap dalam belanja online, Anda juga perlu mengatur berbagai aplikasi. Sehingga mengurangi minat dalam membeli produk yang kurang dibutuhkan. Berikut ini panduannya.

Tips Hemat Belanja Online di E-Commerce

  1. Memilih Aplikasi Terpercaya

Tips pertama yang perlu diterapkan ialah mengunduh aplikasi e-commerce terpercaya. Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi yang muncul untuk membantu masyarakat dalam belanja online.

Diantaranya ada aplikasi yang berisi penipuan. Bukan produk yang datang ke rumah namun hanya kardus berisi sampah. Hal ini tentu akan membuang uang Anda.

  1. Mematikan Notifikasi Aplikasi E-Commerce

Tips hemat belanja online selanjutnya ialah mematikan notifikasi dari aplikasi maupun situs e-commerce. Biasanya notifikasi menampilkan informasi produk atau diskon terbaru. Terkadang hal ini memang cukup penting untuk diketahui.

Akan tetapi, dampak buruknya justru lebih banyak. Pertama, Anda jadi lebih sering membuka aplikasi e-commerce. Sehingga meningkatkan minat dalam belanja online. Jika sudah tergiur, mungkin saja tanpa sadar akan melakukan banyak pembelian.

BACA JUGA:  Trik Pemula Mobile Legends, Jangan Langsung Main Ranked

Kedua, sebenarnya notifikasi aplikasi e-commerce sedikit menganggu. Karena sifatnya tidak terlalu penting. Sehingga lebih baik untuk mematikannya saja. Hal ini bisa menjaga kesehatan finansial dan membuat Anda merasa lebih nyaman.

  1. Tidak Berlangganan Newsletter

Ketika menginstal aplikasi e-commerce tidak jarang penjual menawari langganan newsletter. Melalui newletter Anda bisa mengetahui informasi terbaru mengenai produk atau diskon. Sebenarnya hal ini cukup menguntungkan.

Namun, jika tidak bisa mengontrol diri, justru akan mudah tergoda dengan berbagai diskon yang ditawarkan. Akhirnya justru melakukan pemborosan dalam hal belanja. Tips hemat belanja online pada tahap ini ialah berhenti berlangganan newsletter.

Cara menghentikan newletter ini tidak sulit. Cukup membuka aplikasi e-mail kemudian klik unsubcribe pada newsletter. Dengan begitu, Anda tidak mendapatkan informasi terbaru dan tidak terkecoh belanja online.

Kemudahan yang ditawarkan oleh e-commerce kerap membuat seseorang lupa diri. Terlalu banyak membeli barang sampai keuangan terkuras habis. Agar tidak terjerumus melakukan pemborosan, penting untuk menerapkan tips hemat belanja online. (Red-detribpas.com)