Mau Beli Laptop Bekas Perhatikan Aspek Berikut

Mau Beli Laptop Bekas? Perhatikan Aspek Berikut

detribpas.com – Beli laptop bekas bisa jadi solusi untuk mendapatkan perangkat komputer mumpuni namun dengan harga lebih terjangkau. Akan tetapi jika tidak cermat dalam memilihnya, bisa jadi malah akan merugikan diri sendiri.

Karena tidak ada jaminan sebuah perangkat komputer atau laptop tangan kedua memiliki kondisi masih bagus. Oleh sebab itu, akan kami berikan beberapa tips dalam membeli laptop second atau pernah dipakai.

Sebuah perangkat komputer bekas tentu saja memiliki harga lebih terjangkau dan bisa jadi kondisinya juga masih baik. Jangan takut untuk membeli laptop kondisi bekas, setelah Anda mencermati pembahasan kali ini.

Apalagi di era modern seperti sekarang ini, kebutuhan akan komputer tentu saja sangat tinggi sehingga permintaan juga meningkat. Hal ini menyebabkan barang baru memiliki harga tinggi dan stok sangat terbatas.

Perangkat baru dengan spesifikasi mumpuni yang dijual dengan harga terjangkau, pasti juga akan cepat habis. Karena itu, beli laptop bekas bisa jadi solusi jika dilakukan dengan langkah cermat dan teliti.

Banyak sekali pilihan produk komputer jinjing bekas dengan spesifikasi tinggi dan masih dalam kondisi baik. Namun produk semacam ini hanya bisa ditemukan apabila Anda teliti pada saat akan membeli.

BACA JUGA:  Tips Menghemat Baterai Android agar Bertahan Seharian

Carilah referensi sebanyak mungkin baik secara online atau offline, terkait pilihan produk incaran. Cara ini setidaknya akan membantu Anda untuk menentukan pilihan barang sesuai dengan kebutuhan lebih dulu.

Bagaimanapun juga, beli laptop yang bekas tetap harus sesuai dengan kebutuhan dan keperluan masing masing. Karena jika tidak sesuai, perangkat komputer portabel tersebut juga tidak akan bermanfaat secara optimal bagi penggunanya.

Beli Laptop Bekas Lebih Baik Dilakukan Secara Langsung

Tanpa banyak panjang lebar, melalui bagian ini akan langsung kami jelaskan tips paling penting sebelum beli laptop dalam keadaan bekas. Pertama akan dibahas lebih dulu mengenai metode berbelanja yang tepat untuk digunakan.

Mau Beli Laptop Bekas Perhatikan Aspek Berikut

Meski berbelanja secara online dapat memberikan berbagai macam kemudahan, tidak untuk beli laptop bekas. Karena dengan metode belanja online Anda tidak bisa melihat kondisi barang tersebut secara langsung.

Padahal dalam memberi barang bekas, sangat penting untuk melihat kondisinya dengan cermat lebih dulu. Selain risiko barang rusak, sedikit sekali penjual barang bekas yang berani memberikan masa garansi walau sebentar.

BACA JUGA:  Power Bank Terbaik Harga Murah, Ini Cara Belinya

Oleh sebab itu sangat kami sarankan untuk beli laptop bekas secara langsung atau offline saja. Tidak kalah penting untuk memilih penjual terpercaya agar dapat menemukan berbagai macam pilihan produk terbaik.

Selain membeli secara offline, tips penting selanjutnya adalah mencari harga pasar terkait dengan produk yang akan dibeli. Pastikan penawaran dari penjual masuk akal atau sesuai dengan kisaran harga pasar tersebut.

Jangan juga mencari produk bekas dengan harga murah sampai tidak masuk akal. Karena jika begitu, biasanya ada kondisi tertentu yang menyebabkan harga jual perangkat komputer jinjing tersebut berkurang sangat drastis.

Sebelum Beli Laptop Bekas, Cermati Aspek Penting Berikut

Masih ada beberapa tips lain yang tidak kalah mudah untuk dicermati. Selain mencari barang dengan harga masuk akal, usahakan untuk mencari laptop bekas yang dirilis kurang dari 3 tahun sebelumnya.

Mau Beli Laptop Bekas Perhatikan Aspek Berikut

Karena jika sudah terlalu lama, Anda harus melakukan perbaruan sistem operasi serta perangkat lunak lain di dalamnya. Langkah berikutnya, sangat penting untuk memperhatikan kondisi fisik atau hardware sebelum memutuskan bertransaksi.

BACA JUGA:  Trik Main Magic Chess Mobile Legends OTW Mythic

Setiap laptop pasti juga memiliki keterangan terkait dengan spesifikasi yang ada di dalamnya. Namun jangan langsung percaya hanya dengan membaca spesifikasinya saja, tetapi harus Anda pastikan sesuai dengan spesifikasi barangnya.

Langkah langkah semacam ini wajib dilakukan sebelum Anda beli laptop bekas supaya nantinya tidak menyesal. Ada lagi langkah cemat berikutnya, di mana harus dilihat pula kondisi layar pada laptop tersebut.

Layar adalah salah satu komponen penting di mana jika terjadi kerusakan akan membutuhkan biaya cukup besar. Jika terdapat kerusakan atau gangguan lain pada layar, maka harus menjadi pertimbangan Anda sebelum membelinya.

Aspek berikutnya adalah kondisi baterai dengan melakukan uji coba untuk mengetahui daya tahannya. Cara lain, cobalah untuk melakukan pengisian daya dan pastikan waktu untuk mengisinya tidak terlalu cepat atau lama.

Jika aspek dan komponen tadi sudah dipastikan berkualitas, berarti Anda berhasil mendapatkan pilihan perangkat terbaik. Kesimpulannya, Anda tidak akan menyesal beli laptop bekas jika memperhatikan tips di atas. (Red-detribpas.com)