Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan Tips Penting Ini

Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan Tips Penting Ini

detribpas.com – Jika Anda memiliki rencana untuk beli mobil bekas dalam waktu dekat, baca dulu tips penting kali ini. Mobil dalam kondisi bekas, masih banyak diminati oleh para pengendara di Indonesia.

Selain harga yang lebih terjangkau, ada banyak alasan lain kenapa mobil bekas memiliki peminat tinggi. Salah satunya adalah karena kelangkaan kendaraan atau bahkan merupakan salah satu barang incaran kolektor.

Bagi para kolektor, tentunya sudah paham tips dan cara membeli mobil dalam kondisi bekas tersebut. Namun bagi Anda yang ingin membeli karena membutuhkan kendaraan sebagai alat transportasi, harus cermat melakukannya.

Kondisi kendaraan bekas, tentu saja sangat beragam dan kadang juga ada yang sudah tidak layak. Tentunya sebagai calon pembeli, Anda juga harus paham cara melakukan pengecekan terkait kondisi mobil tersebut.

Beli mobil bekas juga harus teliti karena jika salah, bisa sangat merugikan. Tidak hanya karena rugi sudah membayar, kondisi yang buruk juga bisa menyebabkan Anda mengeluarkan dana tambahan untuk perawatan.

Agar tidak menyesal setelah membeli, maka harus dipahami caranya dengan baik dan benar. Ada banyak tips yang dapat dipelajari agar tidak salah dan bisa memilih mobil bekas dengan kondisi terbaik.

BACA JUGA:  Tips Membeli Mobil Klasik Tanpa Perlu Keluar Banyak Uang

Mulai dari harga yang masuk akal, hingga melakukan pengecekan secara langsung, semua dapat dilakukan dengan mudah. Terkait cara lengkapnya bisa Anda pelajari pada bagian penjelasan di bawah ini.

Perhatikan Aspek Penting Berikut Sebelum Beli Mobil Bekas

Bukan hanya kondisi kendaraan saja yang harus Anda perhatikan, tetapi juga banyak aspek lain. Untuk tips beli mobil bekas dengan cermat, perhatikan penjelasan yang sudah kami siapkan di bawah ini.

Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan Tips Penting Ini

  1. Pilih harga yang murah namun masuk akal

Banyak calon pembeli mencari kendaraan dengan melihat harganya lebih dulu. Hal ini wajar namun juga harus cermat dilakukan. Untuk itu, ketahui berapa harga pasar kendaraan yang akan Anda beli tersebut.

Jika harga jauh dibawah harga pasar, jangan senang dulu. Anda harus teliti lagi kenapa harga tersebut bisa sangat murah. Karena dengan harga murah, pasti ada kekurangan tersendiri dimana penting diketahui.

  1. Periksa perawartan kendaraan melalui buku servis

Hal paling penting yang harus dipastikan calon pembeli, tentu saja adalah kondisi barang. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, dan salah satunya adalah memeriksa buku perawatan atau riwayat servis.

BACA JUGA:  Perbedaan Ban Tubless Motor dan Ban Biasa

Selain itu, bisa juga dilakukan dengan memeriksa kondisi kendaraan secara langsung. Bagi Anda yang tidak paham, bisa juga membawa mekanik sendiri. Penjual tidak akan keberatan jika memang kondisi kendaraan bagus.

  1. Kelengkapan dokumen harus dipastikan sebelum transaksi

Jika kondisi barang bagus dan harga sesuai, maka langkah berikutnya adalah memastikan kelengkapan dokumen. Dokumen seperti BPKB dan STNK, adalah dokumen yang wajib ada sebelum Anda memutuskan beli mobil bekas.

Karena jika dokumen kendaraan tidak lengkap, maka Anda harus mengurusnya lebih dulu agar bisa digunakan. Selain memakan waktu, tentu dibutuhkan biaya tambahan untuk mengurus kelengkapan dokumen kendaraan tersebut.

Alasan dan Manfaat Beli Mobil Bekas

Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan Tips Penting Ini

Setiap orang pasti punya alasan tersendiri kenapa memutuskan untuk membeli kendaraan dalam kondisi sudah terpakai. Secara umum, ada beberapa manfaat ketika Anda memutuskan untuk beli mobil bekas dengan cara tadi.

BACA JUGA:  5 Tanda Kendaraan Perlu Diservice Harus Anda Pahami

Manfaat yang pertama tentu datang dari sisi finansial dimana biayanya jauh lebih terjangkau. Jika anggaran belum mencukupi, tidak salah jika memutukan untuk memilih kendaraan dalam kondisi pernah dipakai.

Selain itu, fitur canggih juga tetap bisa Anda dapatkan ketika beli mobil bekas. Dengan fitur yang sama, Anda harus mengeluarkan biaya lebih jika membeli dalam keadaan baru atau belum terpakai.

Alasan lainnya, saat ini juga sudah banyak cara mudah untuk mencari kendaraan bekas namun berkualitas. Banyak penjual yang menyediakan berbagai macam pilihan brand dan tipe kendaraan.

Mencari penjual secara perseorangan memang bisa saja dilakukan namun risikonya lebih besar. Namun jika menggunakan dealer atau penjual resmi, Anda juga akan mendapatkan banyak manfaat.

Bahkan Anda tetap bisa mendapatkan garansi, meski membeli dengan keadaan sudah pernah dipakai. Namun tentunya hal ini akan tergantung dari kesepakatan jual belum antara Anda dengan pihak penjual.

Pada intinya, tidak sulit untuk mencari kendaraan bekas dengan harga murah dan kondisi baik. Selama Anda menerapkan tips di atas, pasti tidak akan menyesal setelah beli mobil bekas. (Red-detribpas.com)