Kelemahan Viar Vortex

Viar Vortex: Spesifikasi, Harga, Keunggulan dan Kelemahan Viar Vortex 2023

Pada artikel kali ini kita akan membahas seputar motor viar vortek dimana akan mencangkup Spesifikasi, Keunggulan dan Kelemahan Viar Vortex 2023. Baca artikel ini sampai tuntas.

Spesifikasi, Keunggulan dan Kelemahan Viar Vortex 2023 : Semakin banyak pabrikan yang memasarkan motor adventure murah di Indonesia, dan salah satunya adalah Viar.

Perusahaan mobil Indonesia ini telah meluncurkan sepeda motor Adventure bernama “Viar Vortex“. Keunggulan dan Kelemahan Viar Vortex 2023S bisa dinilai sendiri, terlebih jika lihat spesifikasinya tidak bisa diremehkan karena ditenagai oleh mesin 249cc dan dilengkapi dengan suspensi depan Upside Side Down.

Spesifikasi, Harga, Keunggulan dan Kelemahan Viar Vortex

Kelemahan Viar Vortex

Spesifikasi Viar Vortex cukup membanggakan mengingat motor ini ditenagai oleh mesin berkapasitas 249cc yang menghasilkan tenaga dan torsi yang besar.

Viar tidak berbisnis kemarin sore. Mereka berdiri sejak tahun 2000 dan telah memproduksi berbagai jenis sepeda motor yang tidak kalah kualitasnya dengan sepeda motor Jepang, seperti buatan Honda, Yamaha, dan Suzuki.

Viar Vortex sendiri bersaing dengan motor-motor adventure di kelas 250cc, seperti Honda CRF250 Rally, Kawasaki Versys-X dan yang terbaru Benelli TRX 251.

Teknologi yang dibawa Viar Vortex tidak kalah dengan lawan-lawannya. Bahkan sepeda motor ini sudah menggunakan teknologi injeksi bahan bakar yang membuat mesin lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Rupanya, Viar menawarkan dua teknologi yang berbeda. Yang pertama sudah menggunakan teknologi injeksi, dan yang kedua masih karburator. Keduanya memiliki desain dan fitur yang sama, karena yang membedakan hanyalah sistem pembakarannya.

Nah buat kamu yang penasaran dengan spesifikasi dan harga, keunggulan dan kelemahan Viar Vortex, simak informasinya di detribpas.com berikut ini.

Desain Body Viar Vortex

Viar Vortex sepenuhnya dirakit di Indonesia. Namun sayangnya motor ini tidak dibuat secara eksklusif oleh Viar, melainkan rebranding dari motor Zongshen RX3 China.

Sayang sekali, tapi untungnya Viar Vortex didesain seperti motor Adventure Eropa dengan windshield tinggi dan fairing depan paruh burung. Selain itu, ada juga Engine Guard atau Crash Bar serta dua peti samping dan satu peti belakang.

Meski pada dasarnya ini adalah sepeda motor China yang terkenal, kualitas Viar Vortex patut diacungi jempol.

Banyak orang yang sudah merasakan kehebatan Viar Vortex dan rata-rata puas dengan kenyamanan yang ditawarkannya. Hal ini tak lepas dari posisi setang yang tinggi dan lebar serta ditopang oleh sadel yang panjang dan lentur sehingga cocok digunakan untuk berpetualang atau touring.

Dalam paket penjualan Viar Vortex terdapat dua buah side box dan back box atau dikenal juga dengan top box.

Tak hanya itu, Viar juga menawarkan varian Full Adventure yang case-nya terbuat dari aluminium. Sedangkan untuk varian standar masih menggunakan casing berbahan plastik. Opsi casing aluminium tersedia pada Viar Vortex Injection yang lebih mahal.

Padahal, harga Viar Vortex jauh lebih murah dibandingkan motor Adventure 250cc di kelasnya. Meski begitu, Viar tetap membekali motor Adventure ini dengan fitur dan spesifikasi berkelas.

Contohnya adalah lampu depan LED yang mendukung lampu peringatan bahaya. Begitu pula dengan lampu belakang dan indikatornya yang mengadopsi teknologi LED.

Di dasbor terdapat speedometer modern yang memadukan pengukur digital dan analog. Kemudian Viar melengkapinya dengan dua opsi port untuk mengisi daya ponsel cerdas dan perangkat lain saat Anda mengemudi.

Dimana di sisi kanan terdapat port USB dan di sisi kiri terdapat port pemantik rokok 12V 5A. Nah, fiturnya lengkap meski harga Viar Vortex cukup murah.

Dimensi dan Berat Viar Vortex

Dimensi viar Vortex

Sebagai motor adventure, Viar Vortex tentunya harus memiliki ground clearance yang cukup tinggi untuk bisa menaklukan medan apapun tanpa hambatan. Itu sebabnya motor ini didesain dengan ground clearance paling rendah mencapai 210mm.

Sedangkan untuk dimensi bodinya berukuran panjang 2.130 mm, lebar 868 mm, dan tinggi 1.260 mm. Lalu, untuk gardan, terdapat jarak 1.400 mm antara roda depan dan belakang.

Viar melengkapinya dengan tangki bahan bakar berkapasitas 15 liter. Desain tangki juga menarik dan berpadu sempurna dengan fascia depan yang terlihat bongsor dan berisi.

Tak hanya itu, Viar Vortex juga memiliki fender yang melindungi roda belakang. Sedangkan bagian samping dilindungi oleh crash bar yang mencegah bodi rusak atau tergores saat sepeda motor terjatuh. Oh iya, motor ini juga punya bobot mengekang sekitar 163kg.

Spesifikasi Mesin Viar Vortex

Mesin Viar Vortex

Alat pacu jantung Viar Vortex ditenagai oleh mesin SOHC 4-tak dengan sistem pendingin Water Cooler Radiator. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 18,5 kW, atau setara dengan 24,8 tenaga kuda pada putaran mesin 9.000 rpm.

Kemudian torsi maksimalnya adalah 22,5 Nm pada putaran mesin 7000 rpm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan yang memiliki gear ratio lebih panjang dari mesin Viar Cross X 250.

Viar Vortex menggunakan mesin Viar Cross X 250. Namun, Viar telah melakukan penyesuaian pada Final Gear yang memperpanjang nafas Anda agar penyaluran tenaga sejalan dengan tarikan throttle.

Mesin tersebut telah didesain sedemikian rupa sehingga cocok untuk perjalanan atau perjalanan jauh. Viar juga membekalinya dengan sistem pembakaran Fuel Injection agar performanya lebih responsif.

Kaki-kaki Viar Vortex

Kaki-kaki viar vortex

Jika harga Viar Vortex Injection terlalu mahal, maka agan bisa beralih membeli varian karburator yang selisih harganya cukup menguras tenaga.

Toh, keduanya dibekali suspensi depan Upside Down yang meningkatkan stabilitas motor saat berakselerasi hingga kecepatan tertinggi 160 km/jam. Daya cengkram dari mesin juga halus dan tidak membuat lelah meski menanjak.

Kemudian untuk suspensi belakang menggunakan Monoshock yang dipadukan dengan swingarm aluminium dan rangka Twin Spar yang kokoh dan kaku. Kaki-kaki juga dipasangi ban depan berukuran 100/80 Ring 18 dan ban belakang berukuran 130/70 Ring 17.

Keduanya menggunakan velg spoked yang membuat motor lebih stabil saat melintasi medan off-road. Namun ban yang digunakan bukanlah ban full enduro maupun ban track, sehingga kurang optimal untuk melintasi medan off-road yang ekstrim.

Pengereman Viar Vortex

Pengereman Viar Vortex

Kemampuan off-road Viar Vortex dapat ditingkatkan dengan menukar ban depan dan belakang dengan ban yang dirancang khusus untuk berkendara di jalan tanah dan berbatu.

Kemudian untuk bagian pengereman sudah dilengkapi rem cakram yang terpasang di roda depan dan belakang. Kemampuan pengeremannya juga unggul, namun sayangnya Viar tidak membekalinya dengan fitur ABS.

Jika motor ini sudah dilengkapi dengan ABS, tentunya harga Viar Vortex akan jauh lebih mahal. Sistem pengeremannya menurut kami cukup baik, karena terdapat rem cakram yang dapat menghentikan kendaraan dengan tepat dan cepat.

Lantas, berbekal semua fitur tersebut, berapa sebenarnya harga Viar Vortex? Untuk mengetahuinya, lihat daftar harga berikut.

Spesifikasi Viar Vortex

Sebelum melihat daftar harga Viar Vortex gan, simak dulu tabel spek Viar Vortex diatas. Sepeda Adventure ini memiliki spesifikasi yang cukup baik dan mampu bersaing dengan sepeda Adventure di kelasnya.

Kami tidak akan menyesal jika Anda memutuskan untuk membelinya. Toh harga Viar Vortex cukup terjangkau dan tersedia dua pilihan gan, simak dibawah ini.

Daftar Harga Viar Vortex

  • Harga Injeksi Viar Vortex Rp. 51.150.000
  • Harga Karburator Viar Vortex Rp. 41.650.000

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, Viar Vortex tersedia dalam varian injeksi dan karburator. Bagi adik-adik yang tertarik untuk membeli Viar Vortex yang dilengkapi dengan teknologi injeksi, Anda perlu merogoh kocek sebesar 51,5 juta (OTR Jakarta).

Sedangkan harga Viar Vortex yang masih menggunakan sistem pembakaran karburator dibanderol Rp 41,6 crore sehingga selisihnya cukup besar.

Teknologi injeksi bahan bakar memainkan peran besar dalam kinerja Viar Vortex. Teknologi ini membuat mesin lebih responsif dan hemat bahan bakar, sehingga wajar jika harga Viar Vortex Injection lebih mahal.

Kemungkinan varian Injeksi dibekali housing alumunium, sementara karburatornya masih plastik, membuat harganya lebih mahal dengan selisih hampir 10 jutaan.

Keunggulan Viar Vortex

  • Harga Viar Vortex jauh lebih murah daripada motor sport Adventure di kelasnya.
  • Ia memiliki kemampuan menjelajahi berbagai bidang dengan sangat baik.
  • Spedometer digital dan analog tersedia dalam tampilan modern.
  • Ini memiliki port pengisian penuh untuk mengisi daya smartphone atau perangkat lain saat mengemudi
  • Dibekali dengan mesin 250cc yang sudah terbukti responsif dan bertenaga
  • Desainnya bagus dan memiliki build quality yang tidak kalah bagusnya dengan sepeda Adventure dari Jepang.
  • Suspensinya sangat nyaman dan sudah menggunakan Upside Down sebagai suspensi depannya
  • Paket penjualan dilengkapi dengan 2 kap samping dan 1 kap atas yang menambah fungsionalitas motor ini saat berkendara atau berpetualang.

Kelemahan Viar Vortex

Setiap keunggulan pasti ada kelemahan, dan disini adalah Kelemahan Viar Vortex 2023

  • Belum dilengkapi dengan sistem pengereman ABS
  • Mesin masih satu silinder.

Ketangguhan Viar Vortex telah dibuktikan melalui serangkaian pengujian yang dilakukan oleh Viar. Bahkan sepeda motor ini telah diuji untuk menunggang Himalaya menempuh jarak hingga sekitar 15.000 km.

Rider tersebut adalah Gunadi, rider Jakarta yang meninggalkan Indonesia pada 26 Agustus 2018 dan tiba di Himalaya pada 7 Oktober 2018. Tunggangan ini menunjukkan keuletan Viar Vortex yang tak kalah tangguh dari Honda CRF250 Rally dan Kawasaki Versy -X 250. Bagaimana tertarik untuk membelinya?