amplifier ac mobil rusak

Penyebab Amplifier Ac Mobil Rusak

Amplifier Ac Mobil Rusak, Sejumlah penyebab dapat menyebabkan sistem AC mobil gagal menjadi dingin. Biasanya terkait dengan masalah teknis yang memerlukan perbaikan atau penggantian suku cadang yang rusak di bengkel kami. Biaya perbaikan AC mobil bisa sangat tinggi tergantung tingkat kerusakannya.

Asumsikan AC mobil tidak mendingin dengan baik dan periksa secara teratur. Masbro bisa ke bengkel AC mobil atau bengkel umum. Jangan biarkan AC mobil Anda membeku atau mati. Kurang lega saat menggunakan mobil.

Nah AC berperan penting dalam menjaga kenyamanan sebuah mobil. Jika sistem AC rusak sirkulasi udara jelas tidak sehat dan berat mobil berkurang. Hal ini mungkin tidak menjadi masalah bagi pemilik truk pickup atau truk karena sudah terbiasa membiarkan kaca terbuka untuk sirkulasi udara di dalam kabin yang menjaga sirkulasi udara tetap baik.

Amplifier Ac Mobil Rusak

Komponen AC Mobil

Tentu saja menghasilkan udara dingin membutuhkan sistem AC mobil yang berbeda yang bekerja secara sistematis untuk mengeluarkan udara sesuai dengan jumlah dingin yang diatur oleh pengemudi. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda dan dapat dibagi menjadi bagian mekanik dan bagian listrik. Sekarang Anda tahu apa bahan-bahan berikut.

Kompressor
Kondensor
Receiver Drier atau Filter Drier
Ekspansi valve
Evaporator
Heater
High Low Pressure switch
Selang dan Pipa
Magnetic Clutch
Sakelar
Thermostat
Motor Fan Kondensor
Pressure Switch
Relay
Amplifier AC

Semua komponen di atas untuk sistem AC mobil memiliki fungsi yang berbeda-beda. Menurut kami yang terpenting adalah kompresor. Hal ini dikarenakan kerja dari komponen tersebut adalah menyerap gas Freon dari evaporator kemudian mengarahkannya ke unit kondensor AC yang berfungsi untuk mengubah gas Freon yang bertekanan tinggi dan bertemperatur tinggi menjadi cair.

Cara Kerja AC Mobil

Bila kita mencermati pengoperasian AC mobil mula-mula udara dingin berasal dari mesin mobil atau kompresor bertenaga baterai kemudian freon mengalir ke udara sebagai gas di dalam sistem. dengan tekanan-tekanan tertentu. Selain itu Freon dihembuskan ke kondensor melalui sirip kondensor yang melepaskan panas ke udara.

Freon yang tadinya berwujud gas berubah menjadi cair saat suhu turun. Freon atau refrigeran kemudian disuplai ke sistem pengering filter untuk mengusir uap air yang beredar di dalam sistem.

Setelah filtrasi cairan pendingin mengalir ke katup ekspansi yang mengurangi tekanan pada cairan pendingin yang menyebabkan penurunan suhu.

Menurunkan suhu secara otomatis mengubah media pendingin menjadi kabut. Kemudian mengalir ke evaporator di mana uap didinginkan. Udara kemudian ditarik ke sirip evaporator dan panas diserap untuk mendinginkan suhu udara. Udara didistribusikan di dalam mobil melalui peniup udara yang mendinginkan suhu kabin.

Saat udara dingin mendekati kendaraan refrigeran yang sebelumnya berupa kabut berubah bentuk dan menguap menjadi gas. Selain itu media pendinginnya sudah berupa gas dan siap untuk dihisap dan disalurkan ke sistem. Demikian penjelasan singkat mengenai cara kerja sistem AC mobil. Apa yang membuat AC mobil tidak beku?

Inilah 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Jika hal ini merusak bagian AC mobil maka AC mobil tidak akan dingin dengan baik. Ada banyak komponen yang perlu diperhatikan agar AC mobil Anda tetap dalam kondisi kerja.

Sebaiknya periksa terlebih dahulu sebelum ke bengkel teknisi. Siap mencari tahu penyebab AC mobil Anda tidak dingin adalah hal kecil dan bisa kita lakukan sendiri tanpa bantuan profesional.

Untuk mengatasi masalah AC mobil tidak dingin orang awam pasti bingung. Mencari tahu mengapa AC mobil Anda tidak dingin membutuhkan pengetahuan khusus. Setelah membaca cara kerja AC mobil di atas Anda dapat dengan cepat menemukan lokasi kerusakannya. Namun jika Anda masih bingung Anda bisa menanyakan informasi berikut penyebab AC mobil tidak dingin.

Freon Habis

Refrigeran pada AC mobil sering disebut freon. Jika freon rendah atau habis maka AC dipastikan tidak akan mendinginkan mobil. Freon sebenarnya tidak berfungsi kecuali ada penyebabnya. Kerusakan freon biasanya disebabkan oleh kebocoran pada sistem AC seperti sambungan O-ring kondensasi evaporator atau komponen AC lainnya.

Sebaiknya periksa kebocoran atau masalah AC sebelum menambahkan freon. Jika hal ini terjadi sebaiknya langsung ke bengkel khusus AC mobil. Masalah pendinginan AC mobil sebaiknya Anda atasi secepatnya karena dampaknya bisa tinggi dan komponen AC bisa rusak.

Radiator dan Kondensor Kotor

Seringkali AC mobil tidak dingin karena kondensor atau radiator kotor. Debu biasanya menyebabkan masalah ini. Masalah ini juga harus segera diselesaikan karena kondensor berperan sangat penting dalam pembuangan panas dari freon. Akibatnya AC mobil tidak akan benar-benar dingin hingga kondensor dibersihkan.

Motor Kipas Pendingin Mati

Udara panas yang masuk ke kondensor dikeluarkan dengan bantuan kipas pendingin. Jika kipas angin lemah atau mati panas tidak akan hilang dan AC mobil tidak akan dingin. Untuk memperbaiki saudara ini Anda dapat membeli kipas pendingin baru.

Instalasi sangat mudah tapi hati-hati. Jangan pasang terbalik karena kipas pendingin pembuangan panas bekerja terbalik.

Kondisi Kompresor Sudah Aus

Alasan lain AC mobil tidak dingin adalah kompresor yang lelah. Kerusakan ini menyebabkan tekanan freon menjadi tidak normal dan AC gagal mendingin. Jika hal ini terjadi biasanya Anda akan mendengar suara keras dan kaca mata akan tampak hitam. Pengering kompresor rendah juga dapat menyumbat filter dan katup ekspansi.

Kerusakan Magnetic clutch

Peran kopling elektromagnetik adalah untuk memutuskan dan menghubungkan kompresor ke sistem penggerak (putaran mesin). Jika ada masalah pada bagian AC ini pasti tidak akan berfungsi sebagai kompresor dan AC mobil tidak akan dingin.

Evaporator Kotor

Evaporator berperan penting dalam menyerap udara dingin kemudian membuangnya melalui ventilasi ke dalam kabin mobil. Jika evaporator kotor tentu saja aliran udara akan terhambat dan sistem AC mobil tidak akan dingin. Penyebab utama dari masalah ini adalah penumpukan debu sehingga disarankan untuk menambahkan filter agar evaporator tidak mudah kotor dan lebih awet.

Tekanan Freon Berlebihan

Tapi sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Hal yang sama berlaku untuk kondisioner mobil tekanan freon. Tekanan yang berlebihan dapat menyebabkan kompresor AC mati dan kondensor menjadi terlalu panas karena kinerjanya yang tinggi. Selain itu aliran arus ke rangkaian solenoida akan terputus sehingga suhu udara di dalam chamber tidak terlalu dingin..

Mesin Mengalami Overheat

Suhu mesin yang terlalu tinggi atau kepanasan akan menyebabkan cairan freon menjadi panas. Akibatnya kualitas freon menurun dan AC mobil berhenti mendingin. Untuk mengatasinya Anda dapat mengganti oli dan menyetel mesin untuk memastikannya berjalan dengan baik.

Kompresor AC Overheat

Panas dari suhu mesin berhubungan dengan panas kompresor AC. Ketika kompresor menjadi terlalu panas freon akan memanas secara alami. Hal ini secara otomatis berarti sistem AC mobil mengeluarkan udara panas yang secara otomatis berarti sistem AC mobil tidak dingin. Jika hal ini terjadi sebaiknya segera ganti dengan Freon AC yang berkualitas baik.

Fan Belt AC Mobil Copot

Fan belt yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC mobil seringkali putus atau kendor. Dalam hal ini kompresor tidak berputar dan kondensor tidak berfungsi. Akibatnya AC kendaraan tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin. Solusinya ganti fan belt dengan fan belt berkualitas yang awet dan tahan panas.