Pahami Cara Mengatasi Motor Mogok, Jangan Panik

Pahami Cara Mengatasi Motor Mogok, Jangan Panik

detribpas.com – Para pengguna motor pasti pernah mengalami masalah mesin berhenti tiba-tiba dan tidak tahu bagaimana cara mengatasi motor mogok. Ketika mesin berhenti secara tiba-tiba pasti Anda merasa sangat sebal atau bahkan panik.

Sehingga membuat perjalanan Anda menjadi terganggu, oleh karena itu Anda wajib mengetahui cara mengatasi yang kendaraan yang mogok. Jadi setiap tiba-tiba mengalami kondisi yang tidak diinginkan tersebut, Anda dapat mengatasinya dengan baik.

Selain cara mengatasinya, tentu saja Anda juga harus pandai untuk merawat kendaraan beroda dua tersebut. Karena, dengan rutinnya Anda melakukan pengecekan dan perawatan peristiwa tersebut dapat diminimalisir.

Pahami Cara Mengatasi Motor Mogok

Untuk memahami cara mengatasi kendaraan yang mogok, Anda juga wajib untuk tahu apa penyebab mesin mati mendadak. Pada artikel ini, kami akan memberitahu Anda sebagai pengguna sepeda motor mengenai apa saja yang dapat menyebabkan mesin mati.

BACA JUGA:  Rekomendasi Motor Matic Murah Irit Bensin

Dengan mengetahui penyebabnya, otomatis Anda juga pasti akan mengetahui cara mengatasi motor mogok. Inilah beberapa penyebab umum membuat mesin mati mendadak.

Pahami Cara Mengatasi Motor Mogok, Jangan Panik

  1. Bensin Habis

Hal yang sering terjadi adalah pengendara tidak memerhatikan ketersediaan bensin pada motornya. Sehingga, saat tangki bensinnya kosong tentu saja langsung berhenti secara tiba-tiba.

Cara mengatasi motor mogok karena bensin habis tentu saja dengan mengisi bensinnya lagi, tetapi untuk menghindarinya Anda bisa coba untuk memperhitungkan dan selalu mengecek ketersediaan bensin pada tangki.

  1. Busi Mati

Ketika bahan bakar dalam keadaan penuh tetapi motornya tetap berhenti, Anda bisa coba untuk mengecek busi motornya. Bisa jadi masalahnya terletak pada komponen tersebut, cara mengeceknya masukan busi pada kabelnya.

Setelah itu, cobalah untuk lakukan kick starter jika busi tidak memercikan api dapat dipastikan businya sudah mati atau rusak. Cara mengatasi motor mogok karena busi Anda cukup ketuk-ketukan bagian atas dan bersihkan.

Jika dengan cara tersebut masih tidak bisa, sebaiknya untuk menggantinya dengan yang baru agar kendaraannya dapat dipakai seperti sebelumnya lagi.

  1. Sistem Pengapian Mati

Selanjutnya, cobalah untuk mengecek sistem pengapiannya mati atau tidak. Untuk mengeceknya Anda harus melihat kondisinya satu persatu dari mulai CDI, busi, coil hinggal sepul. Komponen tersebut termasuk pada komponen-komponen vital yang sangat berpengaruh pada performa kendaraan roda dua.

BACA JUGA:  Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok

Cara Merawat Motor agar Awet dan Tidak Mogok

Jangan menunggu motornya mogok dulu, lebih baik Anda mencegah masalah terjadi daripada mengatasi setelah masalahnya datang. Sebelum mengetahui cara mengatasi motor mogok, sebaiknya Anda melakukan perawatan rutin terhadap kendaraannya agar tidak terjadi masalah.

Inilah perawatan yang bisa Anda lakukan secara rutin untuk membuat motor menjadi lebih awet dan tidak gampang mogok.

Pahami Cara Mengatasi Motor Mogok, Jangan Panik

  1. Rajinlah untuk cek aki

Tips pertamanya sebagai cara mengatasi motor mogok adalah rajin mengecek aki, karena aki merupakan komponen yang penting dan berperan sebagai penentu mesin dapat menyala atau tidak. Terutama saat aki memasuki umur lebih dari satu tahun.

Sangat direkomendasikan untuk sering melakukan pengecekan untuk mencegah masalah yang mungkin terjadi di masa yang akan datang. Rata-rata aki yang sehat memiliki tegangan listrik sekitar 12 volt saat mati dan 12,5-14 volt ketika mesin dinyalakan.

  1. Kurangi aksesoris yang berpotensi membebani aki

Bagi Anda yang mempunyai hobi untuk memodifikasi kendaraannya, harus memerhatikan tips ini. Hindari pemasangan aksesoris berlebihan sehingga dapat membebani aki, hal ini bertujuan untuk membuat aki tidak cepat melemah dan lebih awet.

BACA JUGA:  Mengenal Masalah Motor Kopling dan Cara Mengatasinya

Sebelum memasang aksesoris harap pertimbangkan terlebih dahulu, dan jangan sampai memasang aksesoris yang tidak berguna. Hal itu hanya akan membuat aki lebih cepat rusak.

  1. Ganti oli secara berkala

Oli atau minyak pelumas merupakan perawatan yang sangat penting, bagi pengguna motornya harap untuk selalu jadwalkan pergantian oli setiap 2-3 bulan sekali. Oli yang dipakai juga jangan sembarangan, usahakan memakai minyak pelumas yang sesuai dengan spesifikasi motornya masing-masing.

  1. Panaskan motor secara rutin

Walaupun tidak kemana-mana, disaranakan untuk rutin memanaskan mesin tujuannya untuk membuat oli siap melumasi mesinnya. Hal ini juga akan berdampak baik terhadap performa mesinnya.

Cara untuk mengatasi motor mogok agar tidak berhenti tiba-tiba lagi dengan cara memanaskan kendaraannya setiap pagi 5 menit sampai maksimal 10 menit lamanya. Disarankan juga menyalakan motornya dengan menggunakan kick starter agar tidak mengurangi baterai motornya.

Setiap pengendara roda dua wajib untuk mengetahui cara merawat kendaraannya sendiri agar motor selalu dalam kondisi yang baik. Memahami cara mengatasi motor mogok juga sama pentingnya agar Anda dapat mengatasi masalah apapun dengan baik saat berada di jalan. (Red-detribpas.com)