Cara Menghindari Begal

Tips Cara Menghindari Begal

Cara Menghindari Begal, Pencuri sepeda motor menakut-nakuti pengendara. Kejahatan ini berbahaya karena nyawa korban menjadi taruhannya. Oleh karena itu Anda harus selalu berhati-hati terutama saat berkendara di malam hari atau di jalan yang sepi. Penjarahan mengambil banyak bentuk dan tidak jarang dari kerumunan.

Kasus perampokan yang berujung kematian jarang terjadi. Ini biasanya terjadi karena korban berkelahi untuk mempertahankan hartanya. Geng pencuri motor tak segan-segan melukai atau bahkan membunuh korbannya. Nah untuk menghindari hal tersebut ada baiknya simak tips berikut ini agar tidak mencuri motor saudara anda yang kami uraikan pada artikel otomotif.com berikut ini.

Tips Terhindar Dari Begal Motor

Tips Terhindar Dari Begal Motor

Jangan Berkendara Di Malam Hari

Geng motor biasanya aktif di malam hari terutama setelah tengah malam. Pasalnya kondisi jalan saat ini relatif tenang dan pencuri bisa leluasa bergerak tanpa khawatir warga tertangkap. Oleh karena itu kami sarankan untuk menghindari bepergian pada malam hari agar sepeda siap terhindar dari maling.

Jangan Berpergian Sendirian

Jika harus bepergian pada malam hari ada baiknya mengajak teman dan kerabat. Seorang pencuri akan berpikir dua kali sebelum mengambil tindakan untuk mengecewakan Anda. Namun meski korbannya adalah penumpang berhati-hatilah untuk menghindari pencuri sepeda motor yang mungkin ugal-ugalan.

Hindari Jalanan Sepi

Perampokan sering terjadi di jalan-jalan sepi jauh dari keramaian. Maka untuk menghindari maling motor kami sarankan untuk menghindari jalan yang sepi untuk meminimalisir terjadinya perampokan. Bahkan tidak jarang pencuri sepeda motor beroperasi pada siang hari di beberapa tempat yang jauh dari manusia seperti di jalan menembus hutan atau ladang.

Jangan Bermain Hp Saat Mengendarai Motor

Geng perampok motor tidak hanya menyasar kendaraan yang digunakan para korban tetapi juga aset lain seperti ponsel. Terkadang biker tidak memainkan ponsel saat berkendara. Tentu saja hal ini akan menarik perhatian pencuri sehingga tidak boleh menggunakan handphone atau memajang barang mewah lainnya seperti kotak jam tangan dll.

Jangan Menggunakan Tas Selempang

Selain ponsel perampok sepeda motor juga mengincar tas yang digunakan para korban. Penipuan ini biasanya terjadi pada pengendara yang menggunakan kantong pelana. Bukan karena lebih mudah daripada tas jinjing. Inilah mengapa disarankan untuk tidak menggunakan tas bahu saat mengendarai sepeda dan lebih baik menyimpannya di bawah bagasi atau di tempat yang aman.

Memasang GPS Tracker

Saat ini sudah banyak GPS tracker yang bisa dipasang pada sepeda motor. Alat ini sangat penting untuk melindungi kendaraan anda dari maling atau maling motor. Dengan GPS kita dapat melacak kendaraan yang hilang dengan bantuan satelit dan dengan demikian menemukannya. Pastikan juga Anda menggunakan GPS tracker yang memiliki sinyal kuat dan bisa ditempatkan di lokasi tersembunyi.

Memasang Alarm Motor

Selain GPS tracking Anda juga bisa memasang alarm motor untuk melindungi motor Anda yang sedang parkir. Lihat daftar harga panik sepeda motor terbaik kami untuk mengetahui nilainya sekarang. Tidak jarang pencuri sepeda motor masuk ke tempat parkir.

Sepeda motor mengeluarkan suara tertentu saat pencuri membuka kunci kendaraan melalui alarm. Selain itu saat ini sudah banyak alarm sepeda motor yang menggunakan sensor gerak untuk meningkatkan keamanan sepeda motor.

Jangan Mengantuk dan Melamun

Pemerasan bisa terjadi di mana saja kapan saja. Jadi kita harus selalu waspada saat mengendarai sepeda motor terutama di malam hari. Oleh karena itu jika Anda merasa mengantuk sebaiknya istirahatlah di tempat yang aman hingga tubuh Anda pulih kembali. Saat dalam keadaan mengantuk Anda kurang fokus mengendarai sepeda motor sehingga memudahkan pencuri sepeda motor untuk beroperasi.

Pastikan Kondisi Motor Dalam Keadaan Prima

Sangat penting untuk menjaga kondisi sepeda motor agar mesin tidak mati mendadak saat melintas di jalan yang sepi. Tentu saja ini akan meningkatkan risiko penipuan. Jadi pastikan casing perangkat selalu siap. Nah bagi anda yang memiliki motor matic silahkan simak informasi cara merawat motor matic agar motor selalu dalam kondisi prima dan dapat digunakan dengan nyaman tanpa khawatir motor tiba-tiba mogok.

Jangan Berkendara Dengan Kecepatan Konstan

Tips lainnya adalah jangan berkendara dengan kecepatan konstan karena menjadi incaran para pencuri motor yang dengan mudahnya bisa mengejar kita yang mengendarai motor. Yang terbaik adalah mengemudi dengan cepat tanpa melamun terutama saat mengemudi di malam hari dan melewati jalan yang sepi.

Tancap Gas Dalam-Dalam

Jika melihat orang yang mencurigakan sebaiknya segera tancap gas hingga tersangka tidak terlihat lagi. Orang ini mungkin pencuri sepeda motor yang mencoba mencuri kendaraan kita. Berkendara pelan-pelan memudahkan untuk menangkap pencuri sepeda motor.

Jangan Panik

Jika Anda melihat kendaraan curian ada baiknya berhenti di area yang ramai dan menunggu sampai barang tersebut aman. Namun jika terpaksa harus melanjutkan perjalanan tidak perlu panik untuk menghindari kecelakaan akibat rendahnya konsentrasi sepeda motor. Segera tancap gas tapi perhatikan kondisi jalan.

Meningkatkan Kemampuan Berkendara

Kejar-kejaran pun kerap terjadi antara korban dan pencuri sepeda motor. Jika Anda tidak memiliki keterampilan mengendarai sepeda motor dan sangat ingin melukai dan membunuh korban Anda pencuri dapat dengan mudah mengambil mobil Anda. Nah untuk menghindari hal tersebut ada baiknya tingkatkan skill berkendara motor anda agar tidak mengalami kecelakaan atau terjatuh dari motor saat mengejar perampok.

Pasrah

Jika pengemis tidak bisa lari atau melawan kami menyarankan mereka untuk menyerah dan mengambil kendaraan atau harta benda kami. Jika kita melawan hidup kita pasti akan berada dalam bahaya. Jadi saya lebih baik kehilangan harta saya daripada mati dalam kehinaan.

Langsung Lapor Polisi

Pencuri sepeda motor tidak segan-segan mencelakai dan membunuh korbannya. Jadi kami menyarankan Anda untuk tidak berkelahi. Jadi saudara jika ini terjadi Anda harus segera memberi tahu polisi dan kemudian Anda dapat mengikutinya. Motor curian biasanya tidak langsung dijual sehingga masih ada harapan untuk mendapatkan kembali motor curian tersebut.