ukuran velg dan ban japstyle
ukuran velg dan ban japstyle

Inilah Beberapa Ukuran Velg Dan Ban Japstyle Cocok Buat Modifikasi

Ukuran Velg Dan Ban Japstyle, Tidak hanya modifikasi sepeda motor yang sesuai dengan ukuran dan jenis ban yang tersedia di pasaran. Sepeda motor memiliki bentuk dan ukuran khusus agar terlihat keren.

Untuk itu bagi yang lebih menyukai modifikasi disarankan untuk memilih model yang tepat dengan mempertimbangkan faktor keamanan sepeda motor. Ban juga merupakan barang kosmetik yang harus diperhatikan karena tren modifikasi sepeda motor juga sangat beragam.

Karakteristik Ban Motor

Setiap pengendara sepeda motor harus mengetahui bahwa ban adalah organ penggerak yang selalu bersentuhan dengan permukaan jalan. Namun tidak semua orang ingin mengetahui bahwa ban harus memenuhi beberapa syarat agar sepeda motor nyaman dan aman dikendarai.

Misalkan Anda suka bepergian di daerah perkotaan. Ban yang tidak terlalu gemuk mungkin bisa menjadi pilihan. Namun ban kempes bisa digunakan sebagai tracker jika ingin menjelajah medan ekstrim.

Pilihan lainnya ialah ban dual purpose yang enak digeber untuk off-road atau pun on-road.

BACA JUGA:  Pulsar Modif Japstyle Sederhana Tetap Tampil Beda

Menurut Jawapos.com penyesuaian bentuk ban jenis ini sangat mempengaruhi performa dan handling kendaraan. Jenis ban yang tepat juga akan mempengaruhi masa pakainya. Misalnya ban Tahu yang dirancang khusus untuk komuter sudah pasti tidak cocok untuk jalanan kota dan penggunaan sehari-hari. Ban biasanya cepat aus dan mengeluarkan suara yang tidak menyenangkan.

Komposisi Ukuran Velg Dan Ban Japstyle

Ada beberapa persyaratan khusus untuk pemilihan ban diantaranya TWI (Tread Wear Indicator). TWI adalah simbol atau indikator yang digunakan untuk mengetahui tingkat keausan tapak ban. Ketebalan TWI bervariasi dari 1 hingga 15 mm diukur dari bagian bawah telapak tangan.

BACA JUGA:  Motor Thunder Modif Japstyle Tangki Asli

Selain TWI ada elemen pemrosesan agregat (koil). Menurut fungsinya itu dibagi menjadi tiga model. Sebagai contoh:

  1. Pola Rib

Metode ini disejajarkan secara vertikal. Konstruksi kawat ban ini memberikan kontrol yang lebih stabil dan mengurangi selip. Dan ban terdengar lebih lembut daripada keras.

Saat digunakan untuk menikung ban ini lebih senyap dan dapat membantu pengereman.

  1. Pola Blok

Ban berulir berbentuk persegi panjang (balok). Ban hitam sering disebut ban tahu karena bentuknya yang lebih tebal.

Ban ini memiliki ground grip dan slip resistance yang baik serta cocok untuk lalu lintas off-road.

Saat digunakan di jalan beraspal ban model train sebaiknya dihindari karena memiliki resistansi tinggi dan boros bahan bakar.

  1. Pola Lug

Ban dengan pola traksi memiliki karakteristik lekukan yang memanjang ke arah diagonal. Tujuan dari desain ini adalah untuk meningkatkan daya dorong. Biasanya ban ini digunakan untuk bagian belakang.

BACA JUGA:  Modifikasi Byson Japstyle Menjadi Japs-Style Bobber Yang Mewah

Jenis Jenis Ukuran Velg Dan Ban Japstyle

Ciri utamanya adalah tidak mudah meluncur dengan grip yang kuat. Sayangnya volumenya terlalu tinggi.

Mari kita lihat berbagai jenis dan modifikasi ban motor yang mengikuti arus.

Japstyle

ukuran velg dan ban japstyle

Beberapa streamer Zapstyle bagus untuk tur karena menggunakan setang yang sangat lebar. Nah ban juga menjadi pelengkap yang sempurna terutama di lintasan.

Untuk aliran Japstyle sejati menggunakan ban 17-350 dengan ban 17-450 di belakang dan ban 17-250 dengan ban 17-400 di depan. Besarnya kaki depan diyakini sebagai motor yang menggunakan peredam kejut Yamaha Byson yang digunakan banyak motor modifikasi terbaru.

Jika Anda menggunakan goresan statis Anda perlu membuat segitiga lebih lebar. Namun jika ingin aman bisa membiarkan segitiga tidak berubah dan memperkecil ukuran velg menjadi 17-215 atau 17-185.

Brat cafe

ukuran velg dan ban japstyle

Broad Coffee Flow sedikit berbeda dengan versi Jobstyle dengan ukuran ban depan dan belakang. Ukuran velg 17-350 dan ban belakang 17-450. Ukuran roda depan 17-300 dan ukuran ban 17-450.

BACA JUGA:  Modifikasi Byson Japstyle Menjadi Japs-Style Bobber Yang Mewah

Jika Anda tidak terlalu menyukai ukuran 450 Anda bisa memilih ukuran yang lebih kecil misalnya 400. Namun Anda perlu menyesuaikan ring ban belakang menjadi 18 kaki agar terlihat lebih kekar.

Beberapa contoh ban yang bisa dipilih untuk Brett Coffee Flow antara lain ban Fuckstone atau Shinko dengan ban 16-500 dengan roda belakang 16-350 dan ban 16-500 dengan roda depan 16-250.

Syarat utama ukuran kaki depan adalah tendangan depan sudah menggunakan bison atau ukuran segitiga besar.

Cafe racer

ukuran velg dan ban japstyle
ukuran velg dan ban japstyle

Adventure racer sebenarnya adalah motor khusus untuk balapan. Jadi roda dan pelek lebih kecil dari gaya Brut atau App.

Sepeda motor tipe cafe racer lebih cocok menggunakan roda 17-250 dan ban kaki belakang rasio 17-400. Untuk depan bisa menggunakan velg 17-215 dan ban 17-400.

BACA JUGA:  Pulsar Modif Japstyle Sederhana Tetap Tampil Beda

Chopper

ukuran velg dan ban japstyle

Mudah membayangkan ukuran kaki helikopter. Beberapa fitur seperti ban belakang gendut dan ban depan tipis lebar.

Jika anda penggemar modifikasi cafe racer cobalah ukuran velg 16-350 dengan ban belakang 16-500. Lalu coba ukuran velg 19-185 dengan ban 19-350 di depan.

Bobber

ukuran velg dan ban japstyle

Gunakan pelampung kristal yang unik dan bergaya Jepang. Ciri khas sepeda motor ini adalah kombinasi antara roda belakang yang tebal dan ukuran roda depan yang tipis. Namun cincinnya tidak terlalu lebar.

Anda bisa mencoba tempat-tempat seperti roda 16-350 dengan ban belakang 16-500. Anda bisa memasangnya di depan dengan ukuran roda 18-215 dan pelek 18-400.

Scrambler

ukuran velg dan ban japstyle

Dalam artian tidak ada yang istimewa dari ban motor gaya Scrambler. Menggunakan motor ini bentuk kaki belakang lebih normal dari depan.

Kombinasi yang paling cocok untuk motor scrambler adalah ban 17-350 dengan ban belakang 17-450. Kemudian roda 17-250 dengan ban 17-400 digunakan di depan.