Bpkb Motor Hilang
Bpkb Motor Hilang

Cara Mengurus Bpkb Motor Hilang

Bpkb Motor Hilang, Kepemilikan kendaraan ditunjukkan dengan adanya Buku Tanda Pengenal Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Namun seringkali BPKB hilang karena berbagai sebab seperti lupa menyimpan atau kecurian. Oleh karena itu jika terjadi kerugian harus segera ditangani. Jadi apa yang harus dilakukan?

Mengatasi kehilangan BPKB sepeda dan mobil sebenarnya sederhana saja. Namun semua langkah yang berlaku harus diikuti agar BPKB baru dapat dibuat untuk menggantikan BPKB yang hilang entah kemana. Urutan dan tampilan dijelaskan di bawah ini.

Bpkb Motor Hilang

Syarat dan Cara Mengurus BPKB Hilang

Syarat Mengurus BPKB Hilang

  1. Membuat Surat Keterangan Kehilangan
  2. Mengurus surat keterangan dari bank
  3. Bukti Penyiaran di Media
  4. Mengurus BPKB Yang Hilang di SAMSAT

Persyaratan Mengurus BPKB Yang Hilang

Sebelum membahas lebih lanjut apa yang harus dilakukan dengan BPKB yang hilang Anda harus memenuhi semua persyaratan khusus. Tentang ketentuan lihat di bawah.

  1. Membuat Surat Keterangan Kehilangan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menangani kehilangan BPKB adalah meminta surat laporan ke kantor polisi terdekat. Tanpa itu kita tidak bisa mengurus PPKB yang hilang. Karena.. surat itu bukti utama kita kalah PPKB.

Polisi kemudian akan menyelidiki penyebab dan kronologi hilangnya BPKB. Anda merespons sesuai dengan kondisi. Jangan lupa membawa beberapa dokumen pendukung seperti STNK KTP dan foto BPKB untuk konfirmasi dokumen yang hilang.

  1. Mengurus surat keterangan dari bank

Langkah selanjutnya adalah melanjutkan dengan tagihan bank. Apakah Anda bertanya-tanya mengapa perlu menulis surat-surat ini? Jawabannya adalah tidak ada bukti bahwa BPKB memang tidak dalam posisi untuk memberikan agunan kepada bank.

Sertifikat bank harus dikeluarkan oleh dua bank yang berbeda. Surat-surat itu kemudian harus dicap oleh Kantor Meterai agar mengikat secara hukum. Dengan tidak adanya surat-surat tersebut

polisi mungkin curiga dan mengira BPKB digunakan sebagai jaminan bank sehingga Anda harus melakukannya.

  1. Bukti Penyiaran di Media

Nah cara mengurus BPKB yang hilang ini sangat rumit. Banyak dokumen yang harus kami siapkan untuk memastikan hilangnya BPBK. Surat kehilangan polisi harus mempublikasikan berita kehilangan di dua media terpisah selain dari pernyataan bank.

Tujuannya untuk mengurangi kemungkinan oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan BPKB yang hilang untuk meminjam di bank atau melakukan tindakan kriminal lainnya. Bukti iklan media massa harus dibawa saat membuang BPKB yang hilang di kantor Samast.

  1. Mengurus BPKB Yang Hilang di SAMSAT

Tempat penanganan BPKB hilang ada di SAMSAT. Persyaratan administrasi BPKB yang hilang harus Anda lengkapi sebelum melanjutkan ke pekerjaan berikutnya di SAMSAT. Selain itu masih banyak syarat lain yang harus disiapkan. Anda akan melihat ketentuan di bawah ini.

Surat keterangan dari pemilik kendaraan bahwa BPKB kendaraan hilang. Anda juga harus menandatangani dan menyegel surat itu.

Menyertakan bukti identitas diri (KTP)

Bagi yang tidak mempermasalahkan BPKB hilang bisa disertakan surat pelepasan yang sudah ditandatangani.

Untuk perusahaan salinan dokumen pendirian pernyataan tempat tinggal surat kuasa tertutup yang ditandatangani oleh manajemen dan surat kuasa harus disertakan.

hukum.

Sedangkan instansi pemerintah harus menyertakan bukti kepemilikan yang sah atas instansi BPKB tersebut.

Sertakan salinan BPKB lama yang hilang. Jika tidak Anda harus mengingat nomor BPKB

Sertakan STNK asli dan salinan lembarnya

Anda harus menjalani pemeriksaan fisik kendaraan terlebih dahulu dan melampirkan bukti pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh kantor Samsat sebagaimana mestinya.

Kata di atas merujuk pada BPKB sepeda motor dan BPKB mobil yang hilang. Setelah memenuhi semua syarat yang harus kita lakukan adalah mengurus BPKB yang hilang di kantor SAMSAT. Jadi mereka yang tidak tahu metode ini silakan lihat informasi di bawah ini.

Ada beberapa syarat yang harus disiapkan BPKB untuk kehilangan harta benda. Pastikan BPKB berjalan minimal 2 hari sebelum diperbaiki dengan baik. Maka Anda harus memenuhi semua persyaratan di atas dan datang ke kantor. Lihat di bawah untuk alasannya.

Saat Anda datang ke kantor Samsat Anda harus terlebih dahulu melakukan pemeriksaan fisik kendaraan. Setelah selesai pemeriksaan fisik petugas akan mempresentasikan hasil pemeriksaan fisik kendaraan.

Apa yang harus dilakukan jika Anda tidak memiliki BPKB Yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke lokasi BPKB dan mengisi formulir permohonan BPKB.

Setelah mengisi formulir aplikasi yang telah disiapkan sebelumnya akan kami kirimkan ke kantor BPKB

Dia kemudian membayar semua sisa biaya penerbitan BPKB baru dan menyetor bukti pembayaran dengan PBKB. Ini memberikan bukti bahwa file yang Anda butuhkan nanti disertakan. File ini harus disimpan dan diimpor ulang saat menerima BPKB baru.

Proses pembuatan BPKB biasanya memakan waktu selama satu minggu.

Samsat mengatur waktu pengambilan BPKB jadi kita hanya perlu datang ke kantor Samsat tepat waktu. Jangan lupa membawa bukti penyerahan berkas agar BPKB lengkap bisa kami terima.

Biaya Mengurus BPKB Hilang

Nah setelah diketahui keadaannya dan apa yang harus dilakukan dengan BPKB yang hilang tersebut pertanyaannya sekarang berapa biayanya? Soal biaya jangan khawatir karena kehilangan bantuan BPKB tidak terlalu mahal. Karena kami hanya membayar biaya BPKB. Oleh karena itu silakan lihat di bawah untuk total biaya.

BPKB Motor : Rp. 225.000

BPKB Mobil : Rp. 375.000

Biaya penerbitan BPKB baru diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Kena Pajak (PNBP). 225.000 untuk kendaraan roda dua dan tiga dari R.P. Tapi untuk roda empat Rp 375.000.