Tips Membeli Mobil Klasik Tanpa Perlu Keluar Banyak Uang

Tips Membeli Mobil Klasik Tanpa Perlu Keluar Banyak Uang

detribpas.com – Setiap penggemar otomotif perlu menyimak tips membeli mobil klasik, karena tanpa pemahaman mendalam, mobil yang Anda dapatkan bisa mengecewakan. Mobil klasik tentu berbeda dengan mobil baru, sehingga perlu diberi perhatian khusus.

Tidak semua kendaraan bekas masuk kategori mobil klasik, karena nama klasik menandakan ada jejak historis. Klasik atau retor merupakan sebutan untuk hal – hal yang bersifat lawas, serta membangkitkan rasa kenanangan.

Umumnya mobil yang keluaran tahun 2000 ke bawah sudah dapat dikategorikan sebagai mobil klasik. Anda sebaiknya mencermati tips membeli mobil klasik sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan demikian, mobil yang Anda dapatkan sesuai dengan yang diangankan.

Di Indonesia penggemar kendaraan klasik cukup banyak, bahkan beberapa tipe mobil retro tersebut dibandrol dengan harga miliaran. Banyak keistimewaan yang dihadirkan oleh mobil retro tersebut, sehingga pamornya tidak pernah kalah dengan mobil keluaran terbaru.

Tips Membeli Mobil Klasik Untuk Penggemar Otomotif

Mobil retro memang selalu memiliki tempat di hati penggemar otomotif, karena selain bentuknya yang unik, terdapat juga sejarah di dalamnya. Wajar jika beberapa kendaraan klasik tersebut terus mengalami kenaikan harga.

BACA JUGA:  Memilih Bengkel Motor Ternyata Harus Cermat Dilakukan

Ketelitian dan kecermatan sangat penting dalam membeli mobil klasik tersebut, karena ketika mobil yang didapatkan tidak sesuai keinginan, tentu sangat mengecewakan. Ahli otomotif menyarankan hal berikut saat Anda ingin mendapatkan mobil tipe retro.

Tips Membeli Mobil Klasik Tanpa Perlu Keluar Banyak Uang

  1. Pilih Jenis Mobil Klasik yang Sesuai Kebutuhan

Memilih jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan merupakan hal yang harus Anda lakukan. Biasanya tujuan membeli mobil retro tersebut ada yang untuk investasi, untuk koleksi/ hobi, dan ada juga untuk dipakai sehari – hari.

Tips membeli mobil klasik yang paling penting adalah pastikan fungsinya sesuai dengan kebutuhan. Jika untuk kepentingan investasi, maka pilih mobil retro yang original dan harga memiliki banyak peminat. Tetapi jika untuk dipakai sehari – hari pilih mobil yang komponennya masih berfungsi normal.

  1. Jangan Buru – Buru dalam Membelinya

Kesalahan banyak penggemar otomotif adalah terlalu bernafsu mendapatkan mobil impian. Padahal dalam membeli mobil klasik kesabaran dibutuhkan. Alasannya karena mobil retro tersebut tidak banyak tersedia di pasar, sehingga harganya cukup fluktuatif.

BACA JUGA:  Rekomendasi Motor Sport, Terbaik dan Paling Irit

Jika Anda menerapkan tips membeli mobil klasik berikut, pasti bisa menemukan mobil impian. Lebih baik persiapkan budget dan sabar menunggu mobil impian, sehingga Anda bisa mendapatkan mobil retro dengan kualitas yang masih prima.

  1. Perhatikan Tingkat Kerumitan Perawatannya

Maintenance sangat dibutuhkan mobil retro, oleh sebab itu hal ini tidak boleh Anda abaikan. Jika Anda tipe orang yang jarang memiliki waktu luang, lebih baik pilih mobil yang perawatannya tidak rumit.

Tetapi jika Anda paham otomotif serta telaten dalam merawat, tidak ada salahnya membeli mobil klasik yang butuh perawatan tinggi. Paham dengan tips membeli mobil klasik membuat pemilik kendaraan semakin mampu melakukan perawatan.

  1. Minta Bantuan Ahli Otomotif Untuk Memeriksa Kondisinya

Kondisi dan keaslian komponen merupakan hal yang menentukan harga dari mobil klasik. Tentu setiap orang pasti menginginkan mobil retro dengan kondisi prima. Hanya saja sulit menemukannya, sehingga tidak jarang beberapa orang mencoba memalsukannya.

Tips membeli mobil klasik yang tidak kalah penting adalah pastikan meminta saran ahli otomotif sebelum membelinya. Jika memungkinkan minta ahli tersebut memeriksa kondisi mobil. Dengan demikian Anda tidak akan tertipu, serta bisa mendapatkan saran terbaik.

BACA JUGA:  5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Oli Motor

Tips Membeli Mobil Klasik Tanpa Perlu Keluar Banyak Uang

  1. Pilih Mobil Klasik yang Memiliki Komunitas

Hal lain yang juga penting adalah sebaiknya pilih mobil klasik yang memiliki komunitas khusus. Peran komunitas ini sangat penting, karena banyak hal positif yang bisa Anda dapatkan. Misalnya, Anda dapat berbagi pengetahuan tentang merawat dan meningkatkan performanya.

Atau komunitas juga bisa dijadikan tempat menemukan suku cadang. Tidak jarang juga anggota komunitas merupakan pemiliki bengkel, jadi mobil klasik Anda bisa terjamin perawatannya. Hal yang lebih menyenangkan lagi adalah, Anda bisa melakukan touring bersama komunitas.

Membeli mobil klasik sebenarnya mirip dengan membeli mobil bekas pada umumnya. Ada hal – hal yang harus menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli. Apa lagi jika mobil tersebut tergolong tipe langka, penting untuk berhati – hati.

Untuk mendapatkan mobil impian yang jenisnya retro, kesabaran dan kecermatan sangat dibutuhkan. Asal paham dengan tips membeli mobil klasik, pasti Anda tidak tertipu dalam pembeliannya. (Red-detribpas.com)