Motor Mogok Saat Hujan, Tenang dan Lakukan Hal Berikut

Motor Mogok Saat Hujan, Tenang dan Lakukan Hal Berikut

detribpas.com – Tidak dipungkiri bahwa kemungkinan motor mogok saat hujan adalah momok yang cukup dikhawatirkan. Apalagi saat mogok, malah jauh dari bengkel dan tempat teduh, sudah pasti panik. Terlebih ketika Anda tidak mengetahui tentang mesin, akan tambah khawatir.

Maka dari itu, artikel ini akan memberi pengetahuan kepada Anda untuk bisa menghindari kejadian motor mogok ketika cuaca hujan seperti sekarang ini. jangan panik, gunakan beberapa tips ampuh agar kendaraan Anda bisa hidup lagi.

Agar bisa terhindar dari motor mogok saat hujan, perawatannya juga harus ekstra. Apalagi Anda menggunakan motor setiap hari untuk beraktivitas yang jauh dari rumah. Untuk informasi lebih detail, bisa simak penjelasan berikut.

Tindakan Pertama Pada Motor Mogok Saat Hujan

Motor Mogok Saat Hujan, Tenang dan Lakukan Hal Berikut

Cuaca hujan memang tidak mendukung para pengendara motor. Mereka harus memutuskan untuk tetap menetap dan berteduh agar tidak kehujanan, atau melaju saja dengan memanfaatkan mantel dengan resiko motor bisa saja mogok.

BACA JUGA:  Rekomendasi Motor Matic Murah Irit Bensin

Menemukan motor mogok saat hujan memang sudah sangat sering, mungkin Anda juga salah satu yang mengalami hal tersebut. Dulu-dulu mungkin panik, tapi sekarang Anda jangan lagi karena kami akan memberi tipsnya.

Meski perempuan, perlu tahu tindakan pertama ketika motor mogok di tengah-tengah hujan. Karena tidak pasti saat kendaraan berhenti tepat di dekat bengkel.

Ada baiknya memang pengendara motor tidak hanya menggunakannya saja, tapi juga tahu bagaimana merawat kendaraan tersebut dengan baik. jika motor mogok saat hujan dan jauh dari bengkel, bisa tahu salah satu penyebabnya.

Inilah tindakan utama yang perlu Anda lakukan ketika kendaraan bermotor berhenti di tengah cuaca hujan :

  • Cek Kondisi Businya

Mungkin ada yang belum tahu bahwa busi merupakan komponen penting di dalam motor. Fungsinya adalah sebagai proses pengapian. Bila tidak berfungsi, maka motor juga akan bermasalah.

Untuk busi yang posisinya di bagian bawah memang sangat rawan terendam air ketika hujan. Apalagi ketika melewati genangan banjir. Coba keluarkan dan bersihkan agar bisa kembali aktif.

  • Periksa Karburator

Ketika terkena air atau terendam banjir, memang karburator cukup bermasalah. Agar bisa kembali aktif, cukup menutup kran saluran bensin yang ada di tangki ke karburator. Kemudian, putar baut pembuangan berlawanan dengan jarum jam.

  • Cek Kondisi Kelistrikan Motor

Kelistrikan sudah pasti bagian aki. Kondisi motor mogok saat hujan bisa kemungkinan aki terkena air hujan dan salah satu kutubnya putih membentuk garam. Ini segera dibawa ke bengkel terdekat.

  • Periksa Knalpotnya

Knalpot yang kemasukan air juga bisa menjadi penyebab mogoknya kendaraan bermotor. Agar tahu apakah knalpot kemasukan air, Anda bisa memiringkan bagian knalpot lebih rendah agar air keluar.

  • Panaskan Motor Anda

Tahap terakhir, coba nyalakan motor dengan cara starter manual tau engkol untuk dipanaskan. Ini bisa melancarkan kondisi mesin yang dingin karena hujan.

BACA JUGA:  5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Oli Motor

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan

Motor Mogok Saat Hujan, Tenang dan Lakukan Hal Berikut

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, motor mogok saat hujan memang memusingkan. Anda mungkin harus ke bengkel bila akinya yang kena.

Tentunya, hal tersebut tidak ingin terjadi, bukan? karena jika aki kena, untuk berkendara keesokan harinya saja sudah tidak bisa. Maka, rawatlah kendaraan bermotor dengan baik agar tidak mogok.

Selain itu, air hujan yang terkena bodi motor, juga jelas dapat merusak catnya. Hal tersebut karena air hujan mengandung asam. Selain bisa merusak cat, juga dapat menyebabkan karat pada bagian tubuh yang terbuat dari besi.

BACA JUGA:  Trik Modifikasi Motor Bekas Tapi Tetap Aman Berkendara

Paling utama, setelah berkendara saat hujan, pulang rumah langsung dicuci dengan air bersih sampai ke ujung-ujung. Kemudian biarkan kering dan lap dengan kain.

Ketika melewati genangan air seperti banjir, selain dicuci juga dilap. Jangan biarkan air hujan masuk ke sela-sela kelistrikan motor. Kalau sudah kena, biaya penanganan di bengkel cukup mahal.

Selain motor mogok saat hujan karena mesin, bisa karena rantai yang berkarat. Cek kondisi rantai, karena air hujan dapat menyebabkan karatan.

Jangan lupa, kanvas rem juga harus dicek. Biasanya kalau hujan bisa ada kotoran yang masuk. Jika sudah dibersihkan, kinerja rem kembali maksimal.

Tekanan ban motor juga perlu diperhatikan. Jalanan hujan dan kering itu sangat berbeda. Demi keselamatan memang harus dicek.

Pengendara motor memang perlu waspada dan kesiapan, demi keselamatan di jalan. Selain menjaga kondisi kendaraan agar motor mogok saat hujan, juga perlu perhatikan kondisi tubuh agar tetap fokus selama menggunakan kendaraan bermotor. (Red-detribpas.com)