5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Oli Motor

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Oli Motor

detribpas.com – Ganti Oli Motor, adalah hal yang paling penting bagi kendaraan yang Anda miliki. Jika motornya tidak diganti pelumasnya maka akan rusak. Mengganti perlumas kendaraan sebenarnya tidak perlu untuk datang ke bengkel.

Anda sendiri sebenarnya bisa mengganti pelumas yang sudah usang. Jadi tidak perlu lagi ke bengkel. Tetapi masih banyak dari masyarakat yang mengganti pelumas secara sembarangan. Padahal tidak boleh melakukan pergantian pelumas secara sembarangan.

Jika tidak maka motornya akan rusak. Pembaruan pelumas kendaraan memang sangat penting bagi motor, jika tidak diganti secara tepat maka motor Anda akan rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Hal yang Perlu Dileakukan Sebelum Ganti Oli Motor

Jika ingin mengganti online mesin di kendaraan anda, maka lakukan beberapa hal berikut agar mesin yang Anda gunakan tidak rusak, dan tetap berfungsi seperti biasanya.

BACA JUGA:  Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar proses pengganti olinya tidak menimbulkan motor rusak. Dengan begitu motor akan tetap awet dan bisa digunakan secara lama.

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Oli Motor

  1. Jangan menyemprot Oli

Yang perlu diperhatikan sebelum ganti Oli motor, yakni harus menguras Oli lama terlebih dahulu. Usahakan untuk bersih semuanya, tetapi jangan sampai menyemprot lubang Oli Mesin dengan tekanan udara tinggi.

Tetapi Anda hanya perlu menunggu hingga tetes terakhir. Dengan tetes terakhir maka Anda akan bisa memulai untuk mengganti oli mesin.

  1. Ganti Ring Oli

Hal ini dilakukan sebelum Anda ganti oli motor, jika Anda tidak mengganti ring, agar tidak ada kebocoran saat Oli sudah diganti.

Dengan tidak adanya kebocoran tersebut, maka motor yang Anda miliki akan tetap terjaga dan tetap bisa dipakai dengan suara mesin tega halus.

  1. Jangan membuka mesin ketika panas

Selain membuka lubang tempat Oli Mesin saat masih panas akan membuat tangan Anda bengkak. Tetapi akan membuat mesin rusak.

Maka tunggulah agar mesin motor Anda dingin. Jika sudah dingin maka Anda bisa memulai dengan ganti Oli motor, agar mesinnya tetap terasa halus.

BACA JUGA:  Berikut 5 Penyebab Motor Matic Mogok, Tidak Perlu Panik

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Oli Motor

  1. Jangan mencampur Oli

Yang perlu Anda lakukan untuk tetap menjaga kondisi mesin motor adalah dengan menggunakan Oli yang cukup baik. Jadi ganti oli motor harus sesuai dengan Standarnya.

Anda jangan sampai mencampurkan Oli Motor yang berbeda merk. Karena akan menyebabkan satu hal yang cukup fatal, Anda akan mendapati motor rusak dan tidak bisa digunakan.

Sebaiknya Anda tidak mencampurkan Oli yang berbeda merk. Ganti Oli motor yang dicampurkan dengan 2 merk berbeda, maka akan menyebabkan motor cepat rusak.

Gunakan Oli yang memiliki standar sesuai dengan Motor anda. Dengan begitu, motor yang Anda miliki akan berfungsi dengan baik.

  1. Cukup mengisi Oli sewajarnya

Anda mungkin berpikir jika ganti oli motor, maka Olinya harus banyak. Ternyata itu adalah kesalahan besar, karena tidak baik. Sebaliknya, mengisi Oli terlalu sedikit juga akan berakibat fatal bagi motor anda.

Maka dari itulah sebaiknya isi Oli motor sesuai dengan Standarnya. Jika sudah diganti dengan Oli yang tidak dicampur dengan merk lainnya. Dan juga jangan sampai mengisi Oli terlalu banyak, isi Oli dengan jumlah sewajarnya.

  1. Hal-hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat ganti oli motor

Salah satu yang cukup penting untuk diperhatikan adalah dengan mencatat kilometer kendaraan. Catat tanggal pengisiannya sehingga Anda tidak telat untuk mengisi pelumas.

BACA JUGA:  Alasan Mesin Kendaraan Cepat Rusak dan Cara Mencegah

Telat mengisi cairan pelumas mesin akan menyebabkan kendaraan yang Anda miliki cepat rusak. Ini menjadikan Anda tidak bisa memiliki mesin kendaraan yang halus.

Selain itu jika ingin mengganti Oli tetapi tidak tahu caranya jangan menganti sendiri, lebih baik mengganti ke bengkel. Dengan mengganti Oli di bengkel maka kendaraan Anda akan tetap terjaga.

Kondisinya cukup baik, sehingga Anda bisa memiliki mesin motor yang sangat bagus sekali. Satu hal lagi yang bisa Anda harus lakukan, yakni dengan memilih Oli Mesin yang baik untuk motor yang Anda miliki.

Misalkan jika motor Anda adalah matic, maka gantilah Olinya dengan Oli matic. Jika motor Anda kopling, maka Anda harus mengganti dengan Oli Mesin khusus motor kopling.

Jika Anda sudah memiliki Oli sendiri, dan sudah bisa cara mengganti Olinya maka Anda sudah bisa ganti oli motor sendiri dengan aman dan baik.  (Red-detribpas.com)