Inilah Penyebab Motor Mogok

Motor Mogok, Selain kemacetan lalu lintas salah satu faktor yang dapat mengganggu lingkungan komuter adalah sepeda motor yang bermasalah. Buang-buang bahan bakar jika Anda tidak bisa bangun di awal dan berhenti di tengah jalan.

Ini adalah hal yang sangat membuat frustasi bagi orang awam yang tidak mengerti mesin. Seiring waktu habis dan waktu habis sepeda motor tiba-tiba mogok. Jika ya apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa yang menyebabkan mesin mati?

Biasanya kerusakan mesin disebabkan oleh salah satu komponen mesin yang rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Selain itu mesin yang kotor dan kurangnya perawatan juga dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Busi Mengalami Kerusakan

motor mogok

Meski ukurannya kecil jangan remehkan bahan yang satu ini. Busi adalah salah satu bagian terpenting dari mesin. Selain membuat mesin lebih mudah dihidupkan wax telah terbukti menjadi penyebab utama kerusakan mesin.

Seorang mekanik terkenal di Jakarta bercerita bahwa kalau busi bermasalah biasanya motornya miring. Selain itu pembakaran adalah tanda colokan knalpot rusak.

Kalau kondisi sebatas brevet mungkin lani. Namun jika sudah jelek langkah selanjutnya adalah memisahkan keramik busi. Kemudian ganti busi dengan yang baru. Baru setelah itu motor bisa kembali normal.

Masalah Pada Karburator

motor mogok

Pencegahan Engine Knock Selain busi komponen lain yang menyebabkan engine knock adalah karburator. Pada dasarnya engine knocking bisa disebabkan aliran bahan bakar yang tersumbat melalui karburator. Kondisi kegagalan ini menyebabkan mesin melambat. Jika sumbatan tidak segera dibersihkan maka mesin akan mati atau mati secara tiba-tiba.

Langkah untuk mengatasinya adalah dengan membongkar karburator dan mencari karburatornya. Bersihkan tulang belakang dan jangan lupa periksa pelampung. Biasanya ditutupi dengan tanah dan debu dan pasir. Namun jika Anda tidak tahu cara memperbaikinya silahkan bawa ke bengkel terdekat atau bengkel terpercaya.

BACA JUGA :  Pahami Cara Mengatasi Motor Mogok, Jangan Panik

Filter Udara Kotor

motor mogok

Saringan Udara Kotor Penting juga untuk diketahui bahwa tugas saringan udara sepeda motor adalah menyaring udara yang masuk ke ruang bakar bebas dari kotoran atau debu. Campuran yang disaring oleh filter harus tercampur dengan baik dengan bahan bakar.

Namun bila filter sangat kotor maka dapat mengganggu fungsi komponen tersebut. Filter yang kotor dapat mencemari udara yang masuk ke mesin dan mengandung debu. Ini sebenarnya dapat merusak motor atau motor tidak akan berjalan dengan baik. Kemudian dudukan mesin bisa terasa berat dan akhirnya rusak.

Mesin Mengalami Overheat

motor mogok

Mesin terlalu panas Hampir semua orang tahu bahwa mesin yang terlalu panas dapat merusak motor. Sistem pembakaran atau gesekan antara piston dan boring liner terlalu panas dan motor terkesan tidak stabil. Panas mesin tidak dapat diredam oleh minyak pelumas yang dengan cepat meningkatkan suhu. Akibatnya piston mengembang dan boring liner macet.

Untuk mengatasi masalah ini disarankan agar anda segera membawa sepeda motor ke bengkel untuk perbaikan lebih lanjut.

Salah Memilih Bahan Bakar

motor mogok

Banyak orang yang tidak mengetahui penyebab sepeda motor mogok penggunaan bahan bakar yang salah merupakan salah satu penyebab sepeda motor mogok. Hal ini karena setiap bahan bakar memiliki nilai oktan yang berbeda. Jadi jika mesin Anda tidak cocok untuk bahan bakar murah katup akan menutup karena banyaknya timbal yang masuk ke ruang bakar mesin.

Untuk mengatasi penyebab matinya mesin di atas sebaiknya gunakan bahan bakar beroktan tinggi seperti Pertalite atau Pertamax. Dan hal ini dikarenakan semakin tinggi angka oktan maka pembakaran semakin sempurna dan polusi yang dihasilkan semakin rendah.

BACA JUGA :  Bagaimana Supaya BBM Tidak Cepat Habis ? Ini dia Solusinya

Oli Mesin Harus Diganti

motor mogok

Oli mesin terbaik Top 1 Action oli mesin memiliki residu dan harus diganti segera setelah mendekati akhir masa pakainya. Interval penggantian oli alat adalah setiap 3000 km atau 2 bulan sekali. Oleh karena itu endapan ganti oli dapat menyebabkan gesekan berlebihan pada bagian-bagian mesin dan akhirnya merusaknya.

Kemampuan oli untuk melumasi seluruh bagian mesin memang sangat penting. Karena oli melumasi bagian katup ring piston dan banyak bagian lainnya. Suku cadang yang rusak dapat menyebabkan kematian motor secara tiba-tiba atau bahkan kerusakan motor yang lebih parah.

Setelan Klep Tidak Tepat

Untitled design 5 15

Penyebab lain kegagalan katup mesin adalah pengaturan katup yang tidak tepat. Biasanya hal ini terjadi karena mesin cepat panas jika katup terlalu kencang. Untuk menghapusnya kami menyarankan Anda mengikuti pengaturan yang disediakan oleh pabrikan. Saat penyetelan mesin harus tetap dingin dan sebaiknya langsung dibawa ke bengkel agar bisa menyetel klep dengan benar.

Tutup Tangki Tersumbat

motor mogok

Tangki bensin Masalah ini cukup sepele tapi bisa menyebabkan kerusakan mesin. Hal ini dikarenakan tutup tangki berfungsi sebagai kipas yang membantu sirkulasi udara yang masuk ke dalam tangki sehingga bahan bakar dapat mengalir atau mengalir ke ruang bakar mesin. Jika tangki sekarang tersumbat bahan bakar tidak turun dan mematikan mesin. Untuk mengatasinya kita cukup membersihkan kipas pada tutup tangki dengan udara bertekanan tinggi agar kotoran tidak menempel pada kipas.