kawasaki h2 matic
kawasaki h2 matic

Inilah Penyebab Kawasaki H2 Matic Cepet Mogok

Kawasaki H2 Matic, Apa Penyebab Kawasaki H2 Matic Cepet Mogok saat dikendarai di jalan raya? Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap situasi ini. Bagi siapa saja yang mengalami masalah ini perlu dipahami penyebabnya agar dapat dengan mudah dan benar mengatasi mesin matic yang rusak.

Sebagian besar masyarakat Indonesia lebih memilih sepeda motor matic daripada skuter atau motor sport. Kenyamanan berkendara menjadi alasan utama memilih sepeda motor matic. Memang nyaman tapi bukan berarti motor matic tidak ada masalah.

Masalah yang sering terjadi adalah sepeda motor tiba-tiba mogok saat dikendarai di jalan raya. Jika Anda mengalami masalah ini tidak perlu panik. Anda harus terlebih dahulu menentukan penyebabnya dan kemudian mencoba mengatasinya.

Apa Penyebab Motor Matic Mogok?

Sepeda motor matic yang berhenti secara tiba-tiba tentu dapat menimbulkan bahaya keselamatan yang serius bagi pengendaranya. Jika sepeda motor melaju kencang dan terlihat berada di tengah jalan kemungkinan besar pengendara akan mengalami kecelakaan. Jika lebih lambat itu kurang berbahaya.

Masalah ini biasanya terjadi pada sepeda motor matic yang jarang diservis. Semua penyebab kerusakan mesin mobil dapat dicegah dengan perawatan rutin.

Secara umum masalah kerusakan sepeda motor jarang terjadi pada sepeda motor yang tidak dirawat dengan baik. Masalah ini bisa terjadi pada semua merk sepeda motor seperti Honda Yamaha Suzuki dan merk lainnya.

Perawatan rutin sangat penting untuk menjaga semua komponen mesin bekerja dengan baik. Dengan servis berkala Anda bisa terhindar dari penyebab mogoknya kendaraan bermotor. Jadi pertanyaannya apa yang menyebabkan masalah ini?

Oli Mesin Berkurang

kawasaki h2 matic

Alasan pertama Penyebab Kawasaki H2 Matic Cepet Mogok adalah kurangnya oli mesin. Oli mesin harus diganti setiap 2000km – 3000km atau setiap 2 bulan. Jika Anda terlambat untuk mengganti oli jumlah oli dapat dikurangi.

Selain ukurannya yang kecil penimbunan oli dapat menyebabkan terbentuknya kerak dan kotoran di berbagai bagian mesin. Jika kotoran ini ada mesin akan berjalan kurang efisien yang dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Busi Kotor / Lemah

kawasaki h2 matic

Penyebab lainnya adalah busi kotor atau lemah. Fungsi busi adalah untuk menghasilkan bunga api di dalam ruang bakar mesin yang telah memampatkan campuran bahan bakar dan udara.

Fungsi busi sangat penting dan dapat menentukan apakah mesin dapat hidup atau tidak. Nah jika busi sudah lemah atau kotor bisa menyebabkan motor mogok secara otomatis.

Filter Udara dan Throttle Body Kotor

kawasaki h2 matic

Penyebab Kawasaki H2 Matic Cepet Mogok, Ada banyak penyebab lain mengapa sepeda motor mogok. Salah satunya adalah masalah filter udara dan throttle body yang kotor. Karena service sepeda motor sangat rendah maka akan timbul masalah seperti sepeda motor yang kurang bersih.

Throttle body sangat menentukan performa sepeda motor matic. Oleh karena itu suku cadang tersebut harus selalu dibersihkan setiap 2.000-3.000 km dengan perawatan rutin.

V-Belt Motor Matik Putus

kawasaki h2 matic

Penyebab Kawasaki H2 Matic Cepet Mogok, V-belt melakukan hal yang sama seperti rantai pada skuter atau motor sport. Dengan kata lain itu menggerakkan roda. Saat V-belt putus otomatis motor akan berhenti bergerak tapi sudah rusak.

Seperti semua komponen mesin V-belt memiliki masa pakai. Kehidupan pelayanan sekitar 20.000 km. Jika V-belt tidak diganti saat jarak tempuh melebihi 20.000 km biasanya akan muncul retakan yang dapat mengakibatkan putusnya V-belt.

Sebaiknya ganti setelah mencapai umur 20.000 km untuk menghindari putusnya winding belt yang dapat merusak mesin. Selalu ingat untuk memeriksa V-belt selama servis rutin.

Mesin Hilang Kompresi

kawasaki h2 matic

Alasan lainnya adalah mesin kehilangan kompresi. Ini mungkin karena kerak oli yang menempel di dinding silinder mencegah cincin piston menggembung kembali. Selain itu kualitas ring piston yang digunakan juga sangat mempengaruhi performa piston.

Jika Anda menggunakan ring piston berkualitas buruk ring piston mudah aus dan tekanan pada blok silinder akan lemah. Ketika ini terjadi kompresi di ruang mesin berkurang dan mesin kehilangan kompresi.

Itulah berbagai faktor Penyebab Kawasaki H2 Matic Cepet Mogok, kecelakaan sepeda motor. Untuk menghindari masalah ini kami merekomendasikan perawatan rutin setiap 2.000-3.000 km atau setiap dua bulan.

Jika Anda melihat ada masalah pada sepeda matic Anda jangan ragu untuk melakukan servis berkala. Servis rutin dapat mencegah kerusakan mendadak pada sepeda matic.