Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok

detribpas.com – Banyak pemilik mobil yang masih bingung dengan cara mengatasi mobil mogok. Untuk mengetahui caranya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebab kendaraan bisa tiba-tiba mogok.

Mobil mogok bisa disebabkan oleh banyak hal, gangguan ini merupakan salah satu masalah sering dialami oleh para pemilik kendaraan. Sehingga, pemilik mobil wajib untuk mengetahui setidaknya penyebab umum mengapa kendaraannya bisa mogok.

Serta mengetahui cara untuk mengatasi mobil mogok tiba-tiba, selain mengetahui cara mengatasinya. Pada artikel ini juga kami akan membahas tips merawat kendaraan roda empat Anda agar tidak sering mogok dan menganggu perjalanan Anda.

Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok Tiba-Tiba

Orang sering mengira penyebab kendaraan tiba-tiba mogok karena kehabisan bensin. Padahal pada kenyataannya alasannya bisa beragam.

Dapat diketahui melalui tanda-tanda serta pengecekan mesin mobil, setiap masalah pastinya memiliki cara mengatasi mobil mogok yang berbeda-beda. Berikut ini adalah daftar penyebab dan cara mengatasi kendaraan roda empat yang tiba-tiba mogok.

BACA JUGA:  Rekomendasi Motor Matic Murah Irit Bensin

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok

  1. Masalah pada aki mobilnya

Aki merupakan komponen sangat penting karena berperan sebagai penghasil energi untuk kendaraannya. Komponen ini berperan untuk menentukan mesin dapat menyala atau tidak, jika akinya bermasalah tentu saja akan berpengaruh pada cara kerja mesin untuk menjalankan kendaraan.

Biasanya aki bermasalah pada kabel yang kendor atau juga bisa dikarenakan masa pakainya sudah habis. Oleh karena itu sangat penting untuk pemilik mengecek secara berkala kondisi akinya.

Cara mengecek apakah mobilnya mogok karena aki dengan cara cek bagian dashboard kemudian bagian terminal akiya. Setelah mengetahui masalahnya, Anda dapat mengetahui cara mengatasi mobil mogok pada akinya dengan mengencangkan kabel yang kendor atau harus menggantinya.

  1. Dinamo starter rusak

Penyebab selanjutnya adalah dinamo starter rusak, masalah ini sering dialami oleh kendaraan berjenis matic. Bagian switch starter atau tombol starter ini sering dianggap sangat sepele tetapi jika rusak dapat menghasilkan dampak yang sangat besar.

Selain aki, tombol ini juga sangat berperan penting terhadap nyala atau tidaknya mesin mobilnya. Masalah ini muncul bisa jadi karena faktor usia dan pemakaiannya seenaknya. Sehingga menyebabkan kabel yang mengalami kerenggangan.

BACA JUGA:  Motor Mogok Saat Hujan, Tenang dan Lakukan Hal Berikut

Meskipun hal ini jarang terjadi, namun harus menjadi salah satu perhatian. Karena komponen ini merupakan salah satu komponen vital lainnya dapat jadi penentu mesin dapat dinyalakan atau tidak sebagai cara mengatasi mobil mogok.

  1. Alternator bermasalah

Kendaraan yang tidak dapat distarter bisa jadi karena alternator bermasalah, komponen ini bertugas sebagai penyuplai listrik ke aki. Jika alternatornya rusak, otomatis akan berdampak juga pada akinya.

Jika akinya bermasalah tentu saja kendaraan akan menjadi mogok. Biasanya terjadi dikarenakan gulungan kawatnya putus karena berusia lebih dari lia tahun. Cukup mudah untuk cara mengatasi mobil mogok, Anda hanya perlu mengecek terlebih dahulu apakah benar alternatornya sedang bermasalah.

Cara mengeceknya dengan menempelkan kabel distributornya pada bodi mobilnya dengan kondisi mesin menyala. Percikan api bisa menjadi pertandanya, jika tidak memercikan api maka sudah jelas komponen tersebut mengalami masalah.

Tips Merawat Mobil agar Tidak Mogok

Mesin merupakan menjadi aset utama bagi sebuah kendaraan, karena tanpa mesin-mesinnya kendaraan tidak akan bisa beroperasi atau jalan. Selain mengetahui cara mengatasi mobil mogok, Anda juga harus tahu cara mencegah kendaraannya menjadi mogok dengan cara melaukan perawatan.

BACA JUGA:  Memilih Bengkel Motor Ternyata Harus Cermat Dilakukan

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok

  1. Memanaskan mobil

Memanaskan kendaraan secara teratur sangat penting sekali, bertujuan untuk pada kendaraannya terdapat beberapa komponen yang wajib terlumasi dengan baik. Cara melumasi komponen tersebut adalah memanaskan mesin.

Selain itu kegiatan ini juga berguna untuk melihat apakah ada masalah dalam suara ditimbulkan sehingga dapat dinilai normal atau terdapat kejanggala.

  1. Selalu mengamati bagian bawah

Komponen-komponen yang jarang terpantau tapi sangat penting lainnya adalah bagian bawah mobil. Kendaraan roda empat dianggap dalam kondisi baik jika tidak mengeluarkan cairan oli atau minyak rem, radiator coloant serta lainnya.

  1. Selalu pastikan bahan bakar cukup

Bahan bakar merupakan hal penting lainnya harus menjadi perhatian, jangan sampai Anda kehabisan bahan bakar saat sedang berada di tengah-tengah perjalanan. Pastikan stok bahan bakar pada kendaraan Anda selalu tercukupi.

Banyak sekali penyebab kendaraan dapat mogok, namun masalah tersebut dapat dicegah jika Anda rutin untuk melakukan pengecekan sehingga komponen yang bersalah dapat ditangani dengan cepat. Yang terpenting, Anda harus mengetahui cara mengatasi mobil mogok dan jangan panik. (Red-detribpas.com)