cara merawat ac mobil
cara merawat ac mobil

Cara Merawat Ac Mobil Dengan Benar

Cara Merawat Ac Mobil, Kehadiran AC di dalam mobil sangat penting karena nyaman saat dikendarai. Fungsi dari AC mobil adalah sistem yang berguna untuk ventilasi atau mengatur udara di dalam mobil.

Menggunakan AC mobil membuat kabin tetap sejuk saat kondisi sedang panas. Kondisi langit mobil yang digunakan dalam cuaca hujan juga berfungsi untuk mencegah pengabutan kaca depan.

Menggunakan AC mobil Anda tidak hanya penting untuk membuat Anda merasa lebih nyaman tetapi juga sangat penting untuk keselamatan Anda sebagai pengemudi. Jika AC mobil tidak berfungsi saat cuaca panas atau hujan sangat berbahaya bagi keselamatan.

Cuaca panas menyebabkan sesak napas tanpa AC dan tanpa sirkulasi udara. Sebaliknya jika AC tidak dinyalakan saat hujan kaca depan dapat menghalangi pandangan pengemudi dan membahayakan keselamatan pengemudi.

BACA JUGA:  Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman

Jadi untuk menjaga AC Anda tetap berjalan dengan baik Anda perlu merawatnya dengan baik. Namun seringkali pengemudi hanya bisa menggunakan sistem AC mobil dan tidak tahu cara merawatnya.

Jika anda belum mengetahui cara merawat AC mobil anda dengan baik jangan khawatir kami memberikan tips dan cara merawat AC mobil anda agar awet dan sejuk. Simak tipsnya di bawah ini sekarang.

Cara Merawat Ac Mobil

10 Cara Merawat AC Mobil Biar Awet dan Tetap Dingin

Selalu Menjaga Kebersihan Mobil

Membersihkan mobil sangat penting agar AC mobil dapat bekerja dengan maksimal. Hindari membuka jendela saat mengemudi dengan AC menyala.

BACA JUGA:  Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman

Saat kaca depan terbuka debu dapat masuk ke dalam kendaraan dan menodai seluruh mobil. Jadi jaga kebersihan bagian depan mobil karpet mobil dan jok mobil Anda setiap saat.

Kursi dan karpet yang kotor menghirup asap dari AC yang menyebabkan tumbuhnya jamur. Tumbuhnya jamur menyebabkan bau tak sedap pada AC mobil.

Hindari Merokok Saat AC Menyala

Adanya asap rokok di dalam mobil merupakan salah satu penyebab rusaknya AC mobil. Asap rokok di dalam mobil masuk ke kipas dan terkumpul di evaporator.

BACA JUGA:  Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman

Asap yang menumpuk di evaporator dapat mengganggu fungsi evaporator dan menimbulkan masalah pada AC.

Menggunakan Filter Kabin

Filter kabin adalah salah satu komponen mobil sebagai penyaring yang berfungsi sebagai penyaring debu dan kotoran yang melewati uap pada sistem AC mobil. Salah satu cara merawat sistem AC mobil Anda adalah dengan memasang filter kabin agar sistem AC mobil Anda selalu bersih.

Parkir Mobil pada Kondisi Sejuk

Mungkin terlihat aneh bahwa AC juga bertanggung jawab atas tempat parkir. Namun performa AC akan lebih optimal jika mobil diparkir di tempat yang dingin.

Jika Anda memarkir mobil Anda di tempat yang panas akan mempengaruhi pengoperasian AC. Hal ini dikarenakan jika kabin mobil terlalu panas maka AC akan bekerja lebih keras saat dinyalakan.

BACA JUGA:  Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman

Memastikan Kebersihan Kondensor

Jangan lupa bersihkan AC untuk mencegah polusi udara mobil. Kondisioner biasanya kotor dan debu menempel padanya.

Kotoran yang menempel di kondensor dapat menyebabkan kondisioner berkarat atau bocor. Jadi bersihkan kapasitor dengan menyemprotkan kapasitor AC tepat di belakang grille depan.

Rajin Service AC

Sebaiknya anda memiliki service AC mobil yang anda percayai sebelum AC mobil anda mengalami masalah tersebut. Jangan servis AC hanya sekali atau dua kali.

Waktu yang Tepat Untuk Menyalakan AC

Waktu yang tepat untuk menyalakan AC adalah dengan membiarkan mobil Anda menghangat selama 2-3 menit sebelum menyalakan AC. Ini penting karena tujuannya adalah untuk meningkatkan daya baterai sehingga lebih stabil di bawah beban AC yang diterapkan.

BACA JUGA:  Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman

Cegah Kebocoran AC

Yang harus Anda lakukan untuk mencegah kebocoran AC adalah dengan membersihkan saluran pembuangan yang biasanya terletak di panci kondensat. Periksa juga area selang apakah sudah aus dan apakah selang AC akan segera diganti.

Memeriksa Puteran Extra Fan

Anda harus memeriksa putaran kipas angin secara teratur untuk menjaga agar putaran AC tetap konstan. Jika kipas berputar dengan lancar maka AC akan mengeluarkan udara sejuk dan AC dapat bekerja dengan normal.

Memperhatikan Pengharum Mobil

Jangan gunakan pendingin mobil sebagai stopkontak panggangan karena berisiko merusak jaringan listrik. Hindari menggunakan merek penyegar udara palsu yang berbau tidak sedap. Karena sulit menghilangkan bau mobil.