Persiapan Motor Untuk Liburan Jarak Jauh Paling Penting

Persiapan Motor untuk Liburan Jarak Jauh Paling Penting

detribpas.com – Menyiapkan mesin dan performa motor untuk liburan terbilang penting Anda lakukan. Terutama supaya membuat kendaraan roda dua bisa tetap maksimal. Terlebih bika jarak yang ingin Anda tempuh darinya cukup panjang.

Kadang liburan memang lebih bagus apabila dinikmati sendirian dengan kendaraan pribadi. Tidak menutup kemungkinan banyak orang tetap berani membawa motor sendiri. Bahkan meski menuju ke luar pulau sekalipun.

Jika tidak dilengkapi dengan persiapan yang benar, banyak masalah bisa muncul. Tentu tanpa adanya kesiapan dapat memperburuk keadaan. Terlebih jika nasib negatif menghampiri dalam keadaan berkendara jauh tersebut.

Disini kita akan memperhatikan banyak hal misalnya perwatan mesin dan sparepart penting. Begitu juga mengenai peralatan atau barang bawaan yang ingin dibawa. Termasuk kesiapan mental dan fisik dari si pengendaranya.

Beragam Persiapan Motor untuk Liburan Jauh

Kalau Anda belum punya pengalaman melakukan persiapan tersebut, bisa disamakan dengan touring. Terutama karena jarak dan sektor keamanan sangat diperhatikan. Termasuk mengenai permasalahan yang harus dihindari sejak awal.

BACA JUGA:  5 Jenis Knalpot Motor Racing Paling Sangar

Persiapan Motor Untuk Liburan Jarak Jauh Paling Penting

  1. Pemeriksaan dan Service

Persiapan pertama motor untuk liburan dalam jarak jauh adalah melakukan pemeriksaan. Hal ini bisa dilakukan dengan pengecekan bagian penting saja. Misalnya oli, aki sampai tingkat kekencangan dari setiap batunya.

Ternyata kegiatan sederhana semacam ini mampu menghindari masalah mogok atau kerusakan lainnya. Terlebih dengan jarak cukup jauh sehingga berisiko. Apalagi pemeriksaan semacam ini dapat dilakukan sendiri sehingga gratis.

Tapi jika setelah Anda periksa terdapat masalah lebih besar, tidak ada salahnya melaksanakan service. Tentu menghindari service dilakukan saat perjalanan. Jika melakukannya sekarang, risiko harganya lebih murah.

  1. Memasang Box

Memasang box sebenarnya lebih baik dilakukan dibanding tas ransel. Apalagi jika bebannya cukup berat, punggung terasa cepat sakit atau pegal. Terlebih sekarang sudah banyak box motor yang punya kapasitas luas.

Karena dipakai dalam motor untuk liburan, pastikan supaya kekuatannya bagus. Terutama agar tidak mudah copot atau rusak terkena benturan. Termasuk supaya tahan dari guyuran air terutama saat hujan menerpa.

  1. Siapkan Helm

Peralatan lainnya yang perlu Anda siapkan adalah membawa helm terbaik. Khusus untuk perjalanan jauh, hindari memakai yang terlalu ribet atau hanya bagus tampilannya. Melainkan harus mampu menghindari gangguan alam.

BACA JUGA:  Kenali Penyebab Aki Motor Cepat Soak agar Bisa Merawatnya

Misalnya kaca gelap agar tidak silau dengan sinar matahari. Begitu juga dengan setiap bagiannya tidak membuat air hujan masuk ke dalam. Kalau perlu cek dulu supaya lulus SNI supaya berkualitas.

  1. Bawa Busi dan Kunci

Kebutuhan lain sebagai persiapan motor untuk liburan yakni dengan bawa busi cadangan. Bisa dibilang busi termasuk sebagai sparepart yang mudah mengalami kerusakan. Terlebih dengan perjalanan jauh karena bisa korsleting.

Agar mudah mengatasinya, maka jangan lupa membawa kunci atau tools secukupnya. Terutama agar bisa dipakai memperbaiki bila ada kerusakan kecil. Tidak perlu banyak melainkan yang merasa nantinya dibutuhkan.

Persiapan Motor Untuk Liburan Jarak Jauh Paling Penting

  1. Jaket Serta Jas Hujan

Selanjutnya perlu diingat jika Anda harus memiliki jaket serta jas hujan. Khusus untuk jaket tentu dipakai menghalangi terjangan angin. Apalagi saat sedang terlalu dingin, bisa juga memakai tipe penghalau panas.

Selain menyiapkan motor untuk liburan, jas hujan menjadi perlengkapan lain yang dibutuhkan. Terlebih di Indonesia termasuk sering terjadi hujan. Tidak heran jika penting memiliki alat mengatasi jika hujan datang.

  1. Wajib Memiliki Sepatu

Anda wajib memiliki sepatu dengan spesifikasi atau kualitas baik. Disini tentunya harus memiliki bahak kuat serta tahan terhadap air. Penting juga supaya bagian alasnya cukup bagus sehingga tidak pernah terpeleset.

BACA JUGA:  Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan Tips Penting Ini

Ditambah lagi akan lebih bagus jika Anda memiliki pelindung bagian kaki lainnya. Misalnya pelindung mata kaki, jari sampai tulang kering. Tujuannya supaya tidak merasa sakit saat dan menghindari kadaan buruk.

  1. Kondisi Tubuh Harus Prima

Persiapan motor untuk liburan terakhir yakni pengendara perlu memiliki kondisi tubuh prima. Terlebih dengan jarak cukup jauh, rasa lelah mudah datang. Bisa bertambah buruk kalau dari awal kondisi tubuhnya buruk.

Tidak heran sebelum melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua, disarankan melatih tubuh. Termasuk pemanasan serta peregangan sebelum mulai berkendara. Hasilnya sejauh apapun jaraknya nanti tidak memberatkan.

Kalau jaraknya memang tidak terlalu dekat, banyak juga orang langsung menuju bengkel. Terutama untuk meminta bantuan setting atau mengecek lebih detail. Termasuk memperbaiki kekuatan dari mesin maupun bagian lainnya.

Apalagi kendaraan roda dua bisa dibilang lebih ringkih dibandingkan mobil atau yang lebih besar. Jadi, pastikan menyiapkan kendaraan dengan baik. Terutama supaya perjalanan memakai motor untuk liburan tidak ada masalah. (Red-detribpas.com)