Tunjang Performa Motor Injeksi, Rutin Cek Komponen Mesin Berikut

Tunjang Performa Motor Injeksi, Rutin Cek Komponen Mesin Berikut

detribpas.com – Hampir semua performa motor injeksi tidak pernah dipikirkan oleh pengguna. Pasalnya, memang pengetahuan akan hal seperti ini masih minim di masyarakat secara luas. Berlaku juga pada diri Anda bukan sekarang?

Injeksi sendiri adalah teknologi yang memungkinkan pembakaran menjadi lebih sempurna dan bertenaga. Ibaratnya adalah penyempurnaan dari sistem sebelumnya. Namun bukan berarti hal ini bertahan lama dan tanpa penurunan performa mesin.

Besar kemungkinan jika motor injeksi bisa mengalami penurunan performa atau kemampuan. Bagi Anda yang tidak selalu melakukan pengecekan, Kami beritahukan bahwa ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hal satu ini.

Salah satunya jelas karena perawatan komponen mesin injeksi yang salah, sehingga berbuntut pada performa motor injeksi. Sekedar info baha ada banyak komponen yang berkerja satu padu guna menyempurnakan sistem injeksi.

Untuk itu guna menunjang kemampuan mesin menjadi lebih baik, lakukan service rutin terhadap beberapa komponen berikut. Semua harus dilakukan dengan professional serta tepat oleh tenaga ahli alias tidak boleh sembarangan.

Komponen Penunjang Performa Motor Injeksi milik Anda

Intinya coba minta ke teknisi untuk melakukan pengecekan terhadap semua komponen penting ini. Dengan harapan tetap mampu menjaga performa motor injeksi meski sudah digunakan lama dan setiap hari tanpa henti.

BACA JUGA:  Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan Tips Penting Ini

Pengecekan harus dilakukan secara mendalam dan jika komponen sudah usang serta rusak. Harap dilakukan pergantian secara menyeluruh agar tidak terjadi hal tidak diinginkan. Adapun beberapa komponen yang dimaksud sebagai berikut.

Tunjang Performa Motor Injeksi, Rutin Cek Komponen Mesin Berikut

  1. Injector dan throttle body

Anda harus tahu bedanya antara motor karbu dan ijection, dimana keduanya memiliki perbedaa dengan adanya injector. Selain itu ternyata juga ada throttle body. Keduanya mempengaruhi akselesari awal mesin.

Harap untuk melakukan perawatan rutin dan berkala. Bersihkan saja kotoran dengan semprotkan angin kencang. Atau jika memang terpaksa sudah kotor, copot dahulu untuk dibersihkan lebih lanjut.

Kotoran yang menempel akan buat performa keduanya menurun dan berdampak pada kecepatan dari mesin. Jangan tunggu sampai rusak dan selalu utamakan cek hal ini.

  1. Pompa bahan bakar dan filter

Keduanya harus selalu dalam keadaan bersih jika ingin performa motor injeksi tetap bagus. Pembersihan dapat dilakukan dengan semprot dengan tekanan angin kencang. Tetapi harap untuk hati-hati dalam menangani filter mesin.

BACA JUGA:  Pahami Cara Mengatasi Motor Mogok, Jangan Panik

Pasalnya filter hanya berupa spon tipis yang menyaring kotoran dari bahan bakar. Jadi jika terlalu kencang dikawatirkan malah tembus. Sehingga kotoran masuk ke mesin dan itu menyebabkan pembakaran tidak maksimal.

  1. Tangki bahan bakar

Masih ada sangkut pautnya dengan pompa bahan bakar, dimana ini adalah penyebab lancar tidaknya penyaringan bahan bakar. Jadi ketika tangka sudah bersih jelas kinerja darinya makin ringan.

Proses pemompaan bbm dan penyaringan tidak berat. Sebab kotoran sudah pasti minim dan bisa disaring dengan mudah. Disarankan untuk rutin membersihkan dengan cara menguras sampai habis tangkinya.

  1. Filter udara depan dari motor

Tugas dari filter udara untuk pengaruhi performa motor injeksi itu penting. Sebab komponen ini berfungsi sebagai pengalir udara bersih ke semua mesin. Jadi jika sampai tidak dirawat, tahu akibatnya bukan?

Makanya selalu semprot dengan tekanan angin agar sisa-sisa kotoran yang menempel bisa hilang seketika. Bilang saja pada teknisi untuk melakukan service rutin terhadap hal tersebut.

  1. Aki

Aki adalah komponen paling penting untuk motor jaman sekarang. Bahkan sudah banyak motor yang tidak memakai starter manual engkel. Sehingga ketika sampai kehabisan bisa berakibat cukup berat.

BACA JUGA:  Cara Perawatan Motor Injeksi yang Harus Diketahui

Ketika kondisi aki sudah tidak bagus atau usang, lebih baik ganti ke yang baru. Sebab aki yang sudah usang biasanya sudah tidak maksimal kinerjanya. Meski masih bisa dicharge ulang kembali.

Service ke Bengkel Resmi guna Naikan Performa Motor Injeksi

Tunjang Performa Motor Injeksi, Rutin Cek Komponen Mesin Berikut

Guna bisa mendapatkan hasil maksimal dalam setiap service karena performa motor injeksi penting. Usahakan untuk pergi ke bengkel resmi guna amankan semuanya. Selalu gunakan pilihan ini karena pasti ada garansi.

Selain itu Anda juga bisa mengontrol tindakan dari teknisi. Dimana jika terjadi kecurangan Anda bisa langsung menegurnya. Ada cctv yang bisa mengontrol tindakan dari teknisi dan ini sudah pasti aman.

Sudah jelas bukan? Intinya jika ingin tetap jaga motor kesayangan dalam keadaan prima. Performa motor injeksi adalah hal pertama yang penting untuk diutamakan dari pada urusan eksterior body motor semata. (Red-detribpas.com)