Cara Perawatan Motor Injeksi yang Harus Diketahui

Cara Perawatan Motor Injeksi yang Harus Diketahui

detribpas.com – Ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dalam cara perawatan motor injeksi. Kendaraan roda dua dengan teknologi termutakhir ini, memberikan banyak keunggulan dari pada teknologi yang ada sebelumnya.

Agar kendaraan bisa awet dan tetap nyaman digunakan dalam waktu lama, cara merawatnya harus sangat diperhatikan. Selain melakukan servis secara rutin, tentu ada banyak hal penting lain yang harus dilakukan.

Sebagai pemilik kendaraan, tentu tidak semua orang bisa melakukan perawatan sendiri dengan baik. Jika begitu, maka memilih bengkel yang resmi dan terpercaya bisa menjadi solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

Cara perawatan motor injeksi yang ada di bengkel terpercaya tentu juga tidak sembarangan. Penggunaan berbagai macam alat canggih dan tepat, akan mengoptimalkan kinerja kendaraan Anda sehingga bisa lebih tahan lama.

Namun hal tersebut sebenarnya juga bisa diatasi jika Anda mau belajar cara melakukan perawatan yang benar. Kebiasaan penggunaan sehari hari seperti memanaskan mesin sebelum dipakai, adalah salah satu contoh sederhana.

Pemilihan cairan seperti oli, coolan hingga minyak rem, juga harus tetap diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Ada banyak cara mudah dan bermanfaat yang bisa dipelajari pada kesempatan kali ini.

BACA JUGA:  5 Tanda Kendaraan Perlu Diservice Harus Anda Pahami

Ketika perawatan motor injeksi ini dilakukan secara tepat, bisa juga meminimalisir terjadinya kerusakan. Dengan begitu nantinya Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan atau bahkan pergantian suku cadang.

Perawatan Motor Injeksi dengan Cara yang Benar

Terdapat banyak cara untuk merawat kendaraan bermotor dengan baik jika Anda mau belajar. Termasuk untuk perawatan motor injeksi dengan cara baik dan benar, dapat Anda pelajari pada beberapa penjelasan berikut.

Cara Perawatan Motor Injeksi yang Harus Diketahui

  1. Biasakan memanaskan motor sebelum digunakan berkendara

Tips pertama yang sebenarnya sangat sederhana adalah memaskan kendaraan Anda sebelum digunakan. Meski terkesan sepele, langkah ini ternyata bermanfaat besar. Karena dengan dipanaskan, mesin akan siap untuk bekerja secara optimal.

  1. Memperhatikan kondisi cairan pada mesin kendaraan secara berkala

Oli mesin adalah jenis cairan pertama yang harus diganti secara baik pada waktu atau kilometer tertentu. Coolant atau cairan pendingin juga tidak kalah penting untuk dipastikan terisi dengan jumlah sesuai.

BACA JUGA:  Persiapan Motor untuk Liburan Jarak Jauh Paling Penting

Tidak sulit untuk memeriksa kondisi oli mesin karena juga terdapat indikasi lampu pada dashboard kendaraan. Langkah ini merupakan salah satu cara perawatan motor injeksi yang sebenarnya mudah untuk Anda lakukan.

  1. Memastikan kondisi bahan bakar pada tangki selalu terisi

Sangat penting untuk memasatikan tangki bahan bakar selalu terisi pada sebuah kendaraan berteknologi injeksi. Karena jika sampai kehabisan bahan bakar, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem injeksi yang ada di dalamnya.

Jadi sebelum bepergian, selalu pastikan jumlah bahan bakar cukup apalagi ketika kan melakukan perjalanan jauh. Siapkan rencana perjalanan dengan baik sehingga Anda bisa tahu kapan harus mengisi bahan bakar kendaraan.

  1. Gunakan bahan bakar dengan kualitas baik dan oktan tinggi

Sangat dirasankan untuk menggunakan bahan bakar dengan kualitas baik pada sebuah motor berteknologi injeksi. Penggunaan jenis bahan bakar denan oktan tinggi juga bisa menjadi cara menjaga kondisi mesin tetap prima.

Perawatan Motor Injeksi Pada Komponen Komponen Penting

Cara Perawatan Motor Injeksi yang Harus Diketahui

Selain beberapa tips dan cara di atas, ada komponen penting yang harus Anda perhatikan. Berbeda dengan kendaraan yang menggunakan karburator, perawatan motor jenis ini harus dilakukan secara cermat.

BACA JUGA:  10 Rekomendasi Oli Mobil Matic Terbaik dan Affordable

Perawatan motor injeksi pada komponen V-belt dan roller, penting bagi jika kendaraan Anda bertip ematic. Keduanya adalah komponen penggerak dari mesin ke roda sehingga kondisina jelas sangat penting untuk diperhatikan.

Jika terjadi kerusakan atau terasa tidak nyaman, segeralah Anda mencari bengkel terpercaya untuk melakukan perbaikan. Karena jika tidak dilakukan, maka akan berdampak sehingga menyebabkan kerusakan pada bagian komponen penting lainnya.

Komponen penting berikutnya yang senantiasa harus Anda perhatikan adalah aki dan busi. Jika aki dan busi ini tidak berfungsi dengan baik, bisa saja menyebabkan kendaraan tiba tiba mati di perjalanan.

Cara untuk merawatnya sangat mudah yaitu dengan cara membersihkan bagian kepala busi tersebut. Sedangkan untuk aki, pastikan masih berada pada tegangan idea, dimana mudah Anda ketahui menggunakan bantuan alat voltmeter.

Membaca tips dan penjelasan di atas, kini Anda sudah paham bagaimana merawat kendaraan bermotor dengan baik. Perawatan motor injeksi yang dilakukan dengan benar, dijamin membuat kendaraan semakin nyaman digunakan. (Red-detribpas.com)