Harga Yamaha EC 05 & Spesifikasi, Motor Listrik Yamaha Terbaru 2023

Harga Yamaha EC 05 – Industri otomotif terus berkembang. Setiap pabrikan berlomba-lomba memperkenalkan kendaraan masa depan yang lebih irit dan ramah lingkungan.

Menyadari hal tersebut Yamaha baru saja meluncurkan motor listrik bernama Yamaha EC-05. Motor tersebut resmi diluncurkan di Taiwan pada 27 Juni 2021 dan akan mulai dijual pada 1 Agustus 2021.

Yamaha bukan satu-satunya perusahaan yang memproduksi sepeda motor listrik ini. Itu karena Yamaha telah bermitra dengan pembuat sepeda motor listrik Taiwan Gogoro Inc.

Kolaborasi ini menciptakan sepeda motor listrik dengan desain yang futuristik dan elegan. Teknologi yang digunakan pada Yamaha EC-05 juga sangat canggih sehingga harga motor listrik Yamaha sangat mahal.

Motor Listrik Yamaha Terbaru

Sejatinya Yamaha EC-05 bukanlah sepeda motor listrik pertama Yamaha. Sepeda ini merupakan sepeda listrik kelima Yamaha dan perusahaan yang sebelumnya memiliki simbol garpu tala ini telah menjual sepeda listrik sejak tahun 2002. Silahkan simak informasi di bawah ini untuk kehebatan motor listrik Yamaha lintas generasi.

  1. Yamaha Passol

Motor Listrik Yamaha Passol
Yamaha Passol

Yamaha Passol diproduksi dari tahun 2002 hingga 2007. Motor ini memiliki bobot 44 kg dan dilengkapi dengan baterai 14Ah.

Sedangkan untuk tenaganya mengandalkan motor listrik brushless in-wheel yang mampu menyuplai tenaga sebesar 58.058 kW atau 79.000 tenaga kuda.

  1. Yamaha EC-O2

Yamaha EC 02
Yamaha EC 02

Desain mesin Yamaha EC-02 mirip dengan Honda Monkey dengan ukuran yang sangat kompak dan unik. Motor ini diluncurkan pada tahun 2005 sebagai penerus Yamaha Pasol.

Ini menawarkan fitur yang lebih canggih karena dilengkapi dengan iPod dock dan sepenuhnya listrik dengan kecepatan tertinggi 18 mph dan jangkauan 64 km.

  1. Yamaha EC-03

Yamaha EC 03
Yamaha EC 03

Yamaha memperkenalkan skuter listrik ini pada tahun 2010. Ia dilengkapi dengan motor listrik 600 watt yang terintegrasi dengan roda belakang untuk menghasilkan kecepatan tertinggi 45 km/jam.

Selain itu ada pula mesin berkapasitas 15Ah yang bisa digunakan untuk menempuh jarak 43km. Jadi untuk energi 08 HP dengan waktu isi ulang baterai 7 jam.

  1. Yamaha E-Vino

Yamaha E-Vino
Yamaha E-Vino

Desain Yamaha E-Vino pada dasarnya mirip dengan Yamaha Fino yang dijual di Indonesia. Namun mesinnya memanfaatkan listrik secara maksimal dengan generator motor sinkron AC yang menghasilkan tenaga 12 kW dan torsi maksimum 78 Nm.

BACA JUGA :  Modifikasi Thunder 125 Klasik Jadi Populer

Sepeda motor listrik Yamaha pertama kali dirilis di Taiwan pada tahun 2014 namun sayangnya belum tersedia di Indonesia hingga saat ini.

  1. Yamaha EC-05

Yamaha EC 05
Yamaha EC 05

Spesifikasi Yamaha EC-O5 didasarkan pada Gogoro S2 mulai dari teknologi sasis dan baterai. Namun desain Yamaha EC-05 menurut kami jauh lebih keren karena telah didesain ulang oleh Yamaha untuk menghasilkan sepeda motor listrik yang futuristik dan modern.

Dari segi fitur dan teknologi ini merupakan langkah maju yang jelas dari e-bikes Yamaha generasi sebelumnya.

Yamaha juga bekerja sama dengan Gogoro salah satu produsen skuter listrik terbesar di Taiwan. Simak spesifikasi lengkap dan harga motor listrik Yamaha, harga Yamaha ec 05 di bawah ini.

Motor Listrik Yamaha : Spesifikasi dan Harga Yamaha EC 05

Motor listrik Yamaha EC 05

Desain & Dimensi Yamaha EC 05

Sebelum membahas harga mari kita lihat apa saja fitur yang dimiliki Yamaha EC-05. Sepeda motor listrik Yamaha sudah menggunakan sistem pencahayaan full LED dengan desain headlight dan taillight yang futuristik. Lalu ada speedometer full digital yang terhubung ke smartphone dan sangat modern.

Sepeda motor listrik Yamaha EC-05 ibarat sepeda motor masa depan. Ini sangat elegan dan futuristik. Dimensi bodinya memiliki panjang 1880mm lebar 670mm dan tinggi 1180mm.

Lalu wheelbase 1300mm dan tinggi jok 768mm. Jangan heran jika bobotnya hanya 106 kg ukurannya tidak terlalu besar.

Jika dua baterai yang menjadi sumber tenaga utama sepeda motor listrik Yamaha EC-05 dimasukkan bobotnya mencapai 126 kg.

Ada juga bagasi besar yang mampu menampung barang bawaan hingga 25 liter. Yamaha juga mendesainnya dengan stand lebar dan bodi belakang yang terlihat bagus karena hemat baterai.

Performa Yamaha EC 05

Menariknya Yamaha EC-05 memiliki fitur drive mode yang bisa digunakan untuk memilih mode berkendara berdasarkan kebutuhan dan kondisi jalan yang Anda lalui.

Ruang penyimpanan baterai juga didesain seaman mungkin agar tidak berlebihan. Daya tahan baterainya juga sangat solid karena bisa digunakan hingga 110 km.

BACA JUGA :  Inilah Harga Suzuki Access 125

Kemudian berbicara soal performa Yamaha EC-O5 menawarkan performa yang sama dengan motor biasa bermesin 125cc. Di sini tenaga maksimalnya mencapai 10bhp pada putaran mesin 3000rpm dan torsi 26Nm dari 0 hingga 2500rpm.

Performanya bagus dapat berakselerasi hingga kecepatan tertinggi 90 km/jam dan berakselerasi dari 0 hingga 50 km/jam dalam 39 detik.

Belum diketahui apakah motor listrik Yamaha ini akan dijual di Indonesia. Tapi kami berharap Yamaha segera memasukkannya ke Indonesia karena ini akan menjadi kendaraan ramah lingkungan yang efektif dan tentunya kendaraan yang sangat cerdas. Selain itu baterainya sangat irit dan dapat dilepas untuk memudahkan penggantian perangkat.

Sayangnya infrastruktur sepeda motor listrik di Indonesia tidak semaju negara lain. Pemerintah juga belum mengeluarkan regulasi terkait sepeda motor listrik. Padahal motor listrik banyak dijual di Indonesia seperti Viar Q1 dan Gesits.

Saya berharap kedepannya pemerintah Indonesia lebih serius mengatur keberadaan sepeda motor masa depan ini di Indonesia.

Fitur Andalan Yamaha EC 05

Seperti yang Anda lihat motor listrik Yamaha memiliki desain unik yang berbeda dengan motor matic Yamaha biasa. Tahun demi tahun teknologi yang digunakan semakin canggih.

Yamaha EC-O5 ternyata dibekali berbagai sensor canggih seperti sensor gravitasi dan akselerasi sensor ambient light dan sensor suhu.

Ada juga sistem kunci kunci pintar nirkabel yang dapat terhubung ke smartphone dan Jam Tangan Apple untuk mengoperasikan Yamaha EC-O5.

Lalu ada dukungan NFC dan Bluetooth v4.0. Yamaha kini menawarkan aplikasi khusus yang terhubung ke smartphone berbasis iOS dan Android.

Suara yang dikeluarkan sepeda motor ini cukup unik karena menggunakan tenaga listrik dan tidak memiliki sistem pembuangan.

Lalu ia menggunakan shock depan teleskopik di bagian kaki dan ditopang shock belakang ganda. Suspensi juga memiliki pengaturan preload dan redaman yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan berkendara.

Dibandingkan dengan harga sepeda listrik Yamaha EC-05 sepeda ini dilengkapi dengan rem cakram pada ban depan dan belakang.

Sedangkan ujung depan menggunakan cakram hidrolik berdiameter 245mm yang dikawinkan dengan ban depan 100/80-14. Bagian belakang menggunakan ban ukuran 110/70-13 dan rem cakram 180mm. Lihat di bawah untuk spesifikasi lengkap.

BACA JUGA :  Pulsar Modif Japstyle Sederhana Tetap Tampil Beda

Spesifikasi Yamaha EC-05

Spesifikasi Yamaha EC 05

Mungkin banyak orang yang mempertimbangkan untuk membeli Yamaha EC-05 karena desain dan fiturnya.

Tapi jangan dikira motor listrik Yamaha ini murah hanya karena harganya di atas Rp 40 jutaan. Ada baiknya dijual dengan harga tinggi karena teknologi yang digunakan Yamaha sepadan dengan harga jualnya.

Harga Yamaha EC 05

Harga Yamaha EC 05 Baru ada dikisaran Rp 45.7 Jutaan. Sedangkan Harga Yamaha EC 05 Bekas belum bisa diprediksi akan jatuh di harga berapa, artinya motor listrik yama ini masih dalam kategori new launcing, karena belum ada harga yamaha ec 05 untuk kategori bekasnya.

Anda perlu merogoh kocek sebesar 99.800 yuan untuk membeli sepeda motor listrik Yamaha ini. 45.7 juta. Harga Yamaha EC 05 tersebut berlaku di Taiwan. Bisa dibilang harga Yamaha EC 05 lebih mahal dari Honda PCX Hybrid yang dijual RP di Indonesia. 42 juta

Teknologi portabelnya tidak bisa dibandingkan dengan Honda PCX Hybrid yang notabene masih menggunakan motor listrik konvensional.

Motor Listrik Yamaha EC-05 lebih baik dibandingkan Honda PCX Electric secara keseluruhan. Namun harga motor PCX ini terbilang sangat mahal.

Sekarang kita harus menunggu dan melihat apakah Motor Listrik Yamaha EC 05 akan tersedia untuk dijual di Indonesia.

Kami berharap sepeda motor ini segera tersedia untuk dijual seiring pertumbuhan industri sepeda motor listrik di tanah air. Selain itu masyarakat Indonesia semakin membutuhkan sepeda motor yang lebih irit dan hal ini didukung dengan banyaknya teknologi canggih yang sudah hadir di Yamaha EC-05.