Daftar Mobil Listrik Toyota Terbaru

Mobil Listrik Toyota, Toyota saat ini merupakan perusahaan mobil terbesar di dunia. Mereka memproduksi beragam kendaraan mulai dari kendaraan tradisional hingga teknologi hybrid dan kendaraan listrik sel bahan bakar atau kendaraan listrik. Namun sayangnya Toyota belum mendaftarkan kendaraan listrik tersebut di Indonesia sehingga jangan harap bisa membelinya secara resmi.

Saya kira masih lama sebelum kendaraan listrik Toyota dijual secara resmi di Indonesia. Pasalnya industri EV Indonesia tidak didukung regulasi yang jelas dan infrastruktur yang memadai. Tidak diragukan lagi dibandingkan dengan negara lain Indonesia tertinggal jauh. Kendaraan listrik bisa menjadi solusi untuk mengurangi polusi emisi mobil.

Keunggulan mobil listrik dibanding mobil konvensional adalah lebih efisien dan ramah lingkungan. Pasalnya mobil listrik tidak mengeluarkan gas buang karena menggunakan energi listrik murni. Teknologi yang digunakan mobil listrik Toyota tidak kalah kompleks dengan mobil Tesla yang sampai saat ini khusus memproduksi mobil listrik.

Toyota tampaknya lebih memilih mobil hybrid daripada mobil listrik. Buktinya banyaknya mobil hybrid Toyota. Hanya di Indonesia Toyota memasarkan Albatros Hybrid C-HR Hybrid dan Corolla Hybrid. Semua mobil hybrid ini belum dilengkapi dengan fitur plug-in sehingga tenaga untuk motor listriknya berasal dari energi kinetik.

Toyota sebenarnya punya plug-in hybrid seperti BMW i8 yang menggunakan teknologi serupa. Harga mobil ini jauh lebih murah dari BMW i8 atau mobil mewah lainnya di Eropa. Nah untuk mengetahui berapa harganya simak otomo.com untuk daftar Toyota EV yang sudah kami rangkum di bawah ini.

Daftar Mobil Listrik Toyota Terbaru

Toyota Mirai

Toyota Mirai pertama kali diperlihatkan di Los Angeles Auto Show 2014. Di Amerika harga mobil Toyota ini adalah USD 58500 atau setara dengan Rp. 827 juta Harga mobil Tesla yang dijual di Indonesia lebih dari 1 miliar.

BACA JUGA :  Harga Yamaha EC 05 & Spesifikasi, Motor Listrik Yamaha Terbaru 2023

Ini lebih murah daripada Tesla tetapi teknologi yang digunakan di Toyota Mira tidak secanggih itu. Mobil tersebut memiliki motor listrik dengan tenaga maksimal 153 hp dan torsi maksimal 335 Nm. Dengan semua tenaga dan torsi tersebut Toyota Mirai dapat berakselerasi dari 0-100 mph dalam 89 detik.

Toyota Mirai menggunakan generator AC sinkron yang dipadukan dengan baterai nickel-metal hydride (NiMH) berkapasitas 16 kWh. Mencapai jarak 502 km dan didukung oleh bantuan teknis. Untuk mengisi baterai mobil ini hanya membutuhkan waktu 5 menit hingga jarak 502 km.

mobil listrik toyota

mobil listrik toyota

Performa Toyota Mirai terbilang standar. Namun burung ini memiliki teknologi canggih seperti ABS dan Traction Control Driveline Stability Control Electronic Departure Lane Alert (LDA) Rear Cross Traffic Alert Blind Spot Monitor (BSM) Airbags dan masih banyak lagi teknologi canggih lainnya.

Terlihat modern dan futuristik dari segi desain. Toyota Mirai sudah mengadopsi lampu full LED dengan lampu daytime running dan lampu rem LED. Lalu pakai velg ukuran ring 17 dan ban P215/55R17 untuk kaki-kaki. Ini lebih unggul dengan desain. Dan Toyota memiliki grill sport berwarna hitam.

Ada total 8 airbag di mobil listrik Toyota ini. Semua sistem keselamatan akan diintegrasikan ke dalam Toyota Safety™ 2.0 Sensing yang akan memberikan pengalaman berkendara yang luar biasa. Untuk interiornya juga dilengkapi dengan sistem suara JBL premium yang ditenagai oleh head unit 7 inci dan teknologi kontrol cerdas.

Tak hanya itu Toyota Mirai juga hadir dengan wireless charging dan interior ultra-luxury yang memastikan kenyamanan seluruh penumpang dan pengemudi. Sayangnya mobil ini tidak dijual di Indonesia. Oleh karena itu harus dibeli melalui importir biasa untuk dibawa ke Indonesia.

BACA JUGA :  Spesifikasi & Harga Honda X-ADV 2023 Terbaru di Indonesia

Toyota Prius Prime

Toyota Prius Prime adalah plug-in hybrid yang menggabungkan motor listrik dengan mesin konvensional 18 liter dalam konfigurasi DOHC dengan 16 katup VVT-i empat silinder. Mesin tersebut mampu menghasilkan 95 tenaga kuda pada 5.200 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.600 rpm.

Menggunakan motor listrik membuat Toyota Prius Prime semakin bertenaga. Total tenaga mencapai 121 HP. Motor listrik yang digunakannya ditenagai oleh baterai 88 kWh. Pengisian baterai menggunakan sistem plug-in sehingga salah satu kendaraan listrik Toyota termasuk Toyota Prius Prime.

Pengisian baterai Toyota Prius Primi sebenarnya berbeda dengan mobil hybrid Toyota Prius lainnya. Kendaraan ini juga dilengkapi transmisi Continuously Variable Transmission (ECVT) yang dikontrol secara elektronik dengan roda otomatis. Velg kemudian memiliki ring 15 inci dengan garis berukuran P195/65R15.

Toyota EV ini tersedia dalam tiga varian: TPE LE XLE dan Limited. Ketiganya dikemas dengan fitur keselamatan antara lain teknologi Advanced Vehicle Stability Control (VSC) Traction Control (TRAC) Antilock Braking System (ABS) Electronic Brakeforce Distribution (EBD) Brake Assist (BA) dan Smart Stop® (:SST);

Untitled design 1 37

Untitled design 2 33

Toyota Prius Prime memiliki Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk mengecek tekanan udara setiap ban. Dan interiornya dilengkapi dengan berbagai fitur mewah. Salah satunya adalah sistem audio head unit 116 inci dari JBL serta navigasi terintegrasi dan pengenalan suara.

Desain head unit Toyota Prius Prime bergerak ke bagian bawah head unit mobil Tesla. Sayangnya varian LE masih menggunakan head unit standar berukuran 7 inci yang mendukung Apple CarPlay dan Amazon Alexa. Ada juga fitur Qi wireless charging yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone.

Tapi interiornya sangat mewah. Eksteriornya juga dihiasi dengan empat balok proyektor LED. Tak ketinggalan fitur DRL dan lampu belakang LED juga tersedia di mobil listrik Toyota ini. Maka harga Toyota Prius Primus adalah sebesar 27600 dollar atau Rp. 390 juta untuk kelas LE dan $29500 untuk kelas XLE dan $33500 untuk kelas tersebut.