Suzuki Access 125

Inilah Harga Suzuki Access 125

Suzuki Access 125, Setelah sebelumnya meluncurkan Nex generasi kedua kini Suzuki mengembangkan sepeda motor matic baru untuk pasar Indonesia. Sepeda motor tersebut diluncurkan di Jakarta Expo 2018 dan diperkirakan akan memasuki pasar dalam waktu dekat. Sepeda motor yang kami maksud adalah Suzuki Access 125. Kekuatan Access 125 terletak pada desainnya. Pasalnya desainnya klasik dengan cita rasa retro ala motor Vespa yang berasal dari Italia.

Padahal Suzuki Access 125 sudah lama dijual di India. Sepeda motor itu sukses besar dan menjadi salah satu sepeda motor terlaris di India. Standar wajib untuk sepeda motor masa kini meski spesifikasinya tidak menyertakan teknologi injeksi bahan bakar. Meski belum di-jet Suzuki Access 125 sangat irit konsumsi bahan bakarnya. Menurut laporan motor tersebut hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menempuh jarak 64 km.

Konsumsi bahan bakar yang irit tidak terlepas dari teknologi SEP (Suzuki Eco Performance). Sehingga Suzuki Access 125 bisa bersaing dengan motor matic berteknologi injeksi bahan bakar. Semua motor yang dijual Suzuki di Indonesia hanya jetting saja. Makanya teknologi yang sama kemungkinan akan digunakan pada Suzuki Access 125 yang dijual di Indonesia. Jika ini benar Suzuki Access 125 akan dibanderol lebih mahal di India.

Suzuki harus bersaing dengan Honda dan Yamaha yang sebelumnya merajai pasar sepeda motor matic di tanah air. Bahkan Suzuki Access 125 akan kesulitan mengalahkan Honda Scoopy dan Yamaha Fino yang laris manis di kalangan pecinta motor. Rata-rata motor matic Suzuki tidak bisa bersaing dengan Honda dan Yamaha sehingga diharapkan motor ini bisa mengalahkan Scoop dan Fino. Tapi pertama-tama ada baiknya memeriksa spesifikasi dan fiturnya. Siapa sangka nasib Suzuki Access 125 akan berbeda dengan motor matic besutan Suzuki lainnya.

Spesifikasi dan Harga Suzuki Access 125

Desain dan Dimensi

Panjang 1.870 mm
Lebar 655 mm
Tinggi 1.160 mm
Jarak Sumbu Roda 1.265 mm
Ground Clearance 160 mm
Tinggi Tempat Duduk 773 mm
Kapasitas Tangki 5.6 Liter
Berat 102 kg

Mereka yang menyukai motor bergaya vintage pasti akan menyukai desain Suzuki Access 125. Motor ini mirip dengan motor Vespa yang terinspirasi dari motor matic antik Indonesia. Oleh karena itu untuk memberikan kesan klasik Suzuki melengkapi Access 125 dengan lampu depan multireflektor berbingkai krom. Sementara itu lampu sein terletak di spatbor depan dan tampil gaya dan elegan dengan bentuknya yang memanjang.

Pijakan kaki Suzuki Access 125 juga sangat lebar dan memiliki dua pengait di bagian depan untuk penyimpanan barang bawaan. Tentunya kapasitas bagasinya sangat besar mencapai 218 liter. Jadi tidak perlu bingung saudara-saudara yang menanggung banyak beban. Padahal bagasi bisa digunakan untuk menyimpan helm dan banyak barang lainnya seperti jaket dan perkakas kunci.

Suzuki Access 125 memang merupakan daily utility vehicle yang didesain menjadi sepeda motor matic. Motor ini memiliki jok empuk panjang dan tinggi 773mm sehingga lebih nyaman dikendarai. Dimensi bodinya memiliki panjang 1870mm lebar 655mm dan tinggi 1160mm. Meski cukup besar Access 125 hanya berbobot 102 kg.

Jarak antara roda depan dan belakang adalah 1265 mm dan ground clearance minimal 160 mm. Ada juga tangki bahan bakar 102kg dan rak depan kecil untuk menyimpan botol kecil. Menariknya Suzuki Access 125 memiliki fitur colokan DC yang memungkinkan Anda mengisi daya baterai motor saat mengendarai motor ini.

Suzuki Access 125

Performa Jantung Pacu

Tipe 4-stroke, 1-cylinder, Air-cooled, SOHC, 2 Valve
Diameter Langkah 52.5 x 57.4 mm
Kapasitas 124 cc
Daya Maksimum 8.7 ps @ 7000 rpm
Torsi Maksimum 10.2 Nm @ 5000 rpm
Sistem Bahan Bakar Karburator
Sistem Starter Kick & Electric Starter
Transmisi CVT

Performa bijaksana itu cukup bagus. Diantaranya adalah mesin 124 cc satu silinder dengan sistem pendingin udara yang dioptimalkan. Mobil tersebut bermesin 2-valve SOHC yang mampu menghasilkan tenaga hingga 87 hp dan torsi 7000 rpm. Torsi maksimumnya mencapai 102 Nm pada 5.000 rpm. Sayangnya mesin ini tidak menggunakan injeksi bahan bakar karena sistem pembakarannya masih menggunakan karburator.

Diharapkan Suzuki Access 125 yang dipasarkan di Indonesia akan dibekali teknologi injeksi sehingga mampu bersaing dengan Honda Scoopy dan Yamaha Fino yang juga menggunakan sistem pembakaran injeksi bahan bakar. Padahal performa motor ini cukup memuaskan meski tanpa bahan bakar. Ini terdiri dari tenaga dan torsi yang disediakan oleh sistem transmisi CVT.

Fitur Suzuki Access 125

Rangka dan Kaki-Kaki

Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Monoschock, Swing Arm
Velg Depan Ring 12 Inci
Velg Belakang Ring 10 Inci
Ban Depan 90/90 (Tubeless)
Ban Belakang 90/100 (Tubeless)
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol

Kick starter dan electric starter dapat digunakan untuk menghidupkan mesin Suzuki Access 125. Sehingga menggunakan suspensi depan teleskopik pada kaki-kaki dan suspensi belakang lengan ayun dengan monoshock. Sayangnya rem belakang motor ini masih bertipe tromol dan belum dilengkapi teknologi ABS. Tawaran ini sangat wajar mengingat harga Suzuki Access 125 sangat terjangkau.