Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman

Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman

detribpas.com – Perawatan mobil sebelum touring menjadi hal yang paling penting dan tidak boleh diabaikan. Sebab, hal ini sangat berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan Anda saat melakukan kegiatan tersebut.

Touring mobil merupakan kegiatan perjalanan jauh, dari mulai lintas kota hingga lintas provinsi. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan oleh komunitas tertentu dengan tujuan mempererat hubungan persahabatan atau menambah pengalaman.

Meski sangat menyenangkan, touring tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyak persiapan yang harus Anda lakukan agar perjalanan lebih maksimal dan tidak mengalami kendala.

Salah satunya adalah dengan melakukan perawatan mobil sebelum touring sebaik mungkin. Pastikan tidak ada kendala sama sekali pada kendaraan yang akan Anda gunakan.

Bagi Anda yang masih bingung perawatan apa saja yang seharusnya dilakukan sebelum touring, simak pembahasan selengkapnya berikut ini. Sebab, kami sudah merangkumnya khusus untuk anda.

Kenapa Harus Melakukan Perawatan Mobil Sebelum Touring?

Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman
Sumber Foto: www.canva.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa touring merupakan perjalanan jarak jauh. Sehingga, Anda memerlukan kondisi mobil prima agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya.

BACA JUGA:  5 Cara Mempercantik Interior Mobil Tanpa Keluar Duit Banyak

Sebab tanpa disadari, mungkin saja ada komponen mobil yang rusak atau tidak semestinya. Jika dilakukan perawatan dan perbaikan, dikhawatirkan akan menyebabkan kecelakaan atau berbagai masalah selama touring.

Apa lagi jika medan yang akan ditempuh terjal dan jauh dari pusat perkotaan. Masalah kecil saja bisa membahayakan dan mengganggu kenyamanan. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan perawatan mobil sebelum touring.

Saat melakukan perawatan, semua komponen akan diperiksa oleh teknisi. Dari mulai mesin, komponen utama, hingga komponen pendukung. Jika ada salah satu komponen yang tidak sesuai atau rusak, maka akan diganti.

Mereka juga akan menyesuaikan berbagai komponen mobil dengan medan atau track yang nantinya dilalui. Misalnya pada bagian ban dan performa mesin, terutama pada komponen yang erat kaitannya dengan keamanan.

Pastikan Anda melakukan perawatan mobil sebelum touring satu minggu sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan. Jangan lupa untuk memilih bengkel dan teknisi terpercaya yang mumpuni untuk melakukan perawatan tersebut.

Sebab, kembali lagi ini erat kaitannya dengan keamanan Anda sebagai pengendara. Akan sangat fatal jika ada satu saja komponen rusak dan mempengaruhi performa dari mobil.

BACA JUGA:  Motor Mogok Saat Hujan, Tenang dan Lakukan Hal Berikut

Komponen Utama dalam Perawatan Mobil Sebelum Touring

Meski melakukan perawatan pada mobil harus dilakukan seluruhnya, tapi ada beberapa komponen yang sangat penting dan harus diperhatikan. Komponen tersebut adalah:

Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman
Sumber Foto: www.canva.com
  1. Oli Mesin

Sebelum melakukan touring sebaiknya Anda harus mengganti oli terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar mesin lebih nyaman digunakan. Selain menggantinya, pastikan volume oli juga cukup untuk jarak tempuh touring.

Lihat posisi stik oli mobil, kondisi idealnya adalah garis berada di antara L dan F. Garis pada stik oli harus di atas L dan sedikit di bawah F.

  1. Filter dan Selang Bensin

Perawatan mobil sebelum touring berikutnya adalah dengan memeriksa filter, memastikannya tidak tersumbat. Serta, selang bensin tidak mengalami kerusakan apa lagi kebocoran.

  1. Lampu

Periksa semua kondisi lampu mobil. Jika ada yang tidak sesuai atau mati, maka segera ganti dengan yang baru. Sangat berbahaya jika lampu tidak berfungsi, apa lagi saat malam hari yang minim penerangan.

  1. Rem

Rem menjadi komponen pengaman yang sangat penting untuk dicek kondisinya, terutama saat akan touring atau perjalanan jauh lainnya. Cara mengecek komponen ini dengan memeriksa level minyaknya.

  1. Timing Belt

Komponen berikutnya yang harus menerima perawatan mobil sebelum touring adalah timing belt. Patokannya dapat dilihat pada kilometer dan speedometer. Jika penggunaan timing belt mencapai 50.000 km, maka segera ganti.

  1. Saringan Udara

Pastikan saringan udara bersih dan sudah digunakan kurang dari 10.000 km. Jika sudah melebihi jarak tersebut, maka lebih baik menggantinya.

  1. Baterai

Perawatan pada baterai dilakukan dengan membersihkan kerak di sekitar kutub dan level airnya. Jika level airnya kurang, maka bisa ditambahkan dengan air aki murni. Hindari juga penggunaan air zuur.

  1. Air Radiator

Salah satu tahapan perawatan mobil sebelum touring adalah dengan memastikan air radiator penuh. Sedangkan untuk air reservoir berada pada batas yang sudah ditentukan dan tidak terlalu penuh.

  1. Ban

Kondisi ban menjadi hal utama yang perlu diperhatikan. Anda harus memastikan bahwa ban tidak aus dan tekanan udara dalam ban normal atau sekitar 30 hingga 34 psi.

  1. Wipper

Wipper harus berfungsi dengan baik selama touring, terutama saat musim hujan. Tujuannya adalah agar pandangan Anda ketika berkendara tetap jelas.

BACA JUGA:  5 Daftar Motor Listrik di Indonesia Paling Murah

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan kondisi mobil saat touring harus benar-benar maksimal. Makanya, Anda harus melakukan perawatan mobil sebelum touring. (Red-detribpas.com)