Cara Ampuh Membersihkan Mesin Mobil

membersihkan mesin mobil

detribpas.com – Membersihkan Mesin Mobil, Membersihkan mobil sangat penting untuk memastikan tampilan mobil selalu dalam kondisi nyaman. Namun ternyata menjaga kebersihan mobil saja tidak cukup.

Membuat mobil menjadi cantik itu penting tapi setidaknya bagian dalam mobil bersih yang tersembunyi dari mata terutama mesin mobil.

Pengemudi terkadang lalai membersihkan mesin mobilnya padahal tidak membersihkan mesin mobil bisa merusak mesin. Kerusakan mesin yang tampak bersih biasanya diawali dengan karat mesin.

Mesin tentunya merupakan bagian terpenting dari mobil Anda dan jika mengalami kerusakan dapat membuat mobil Anda tidak dapat digunakan. Jadi seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini ada banyak cara untuk membersihkan mesin mobil

Berikut Adalah 10 Tips Membersihkan Mesin Mobil

  1. Terlebih dahulu Panaskanlah Mesin Mobil

membersihkan mesin mobil

Sebaiknya panaskan dulu mobil sekitar 15 menit untuk memudahkan proses pembersihan mesin mobil. Hal ini sangat penting agar kotoran yang menempel di mesin mobil dapat lebih mudah dibersihkan. Setelah pemanasan diamkan hingga mesin memanas. Setelah itu kita akan mulai membersihkannya.

  1. Gunakan Sarung Tangan

membersihkan mesin mobil

Penggunaan sarung tangan Bagi yang memiliki sarung tangan di rumah kami sarankan untuk menggunakannya. Pasalnya tangan dapat melindungi tangan dari kotoran yang dapat menyebabkan alergi akibat kontak langsung dengan telapak tangan. Seperti halnya membersihkan mesin mobil Anda perlu memperhatikan faktor keselamatan dan keamanan sehingga lebih baik berhati-hati dengan sarung tangan.

  1. Bungkus Bagian Mesin yang Memiliki Daya Listrik

membersihkan mesin mobil

Angin Mobil Banyak orang yang takut untuk membersihkan mesin mobilnya karena dapat menyebabkan komponen kelistrikan tip. Namun pada kenyataannya selama pembersihan mesin mobil dilakukan dengan hati-hati kita tidak perlu takut.

Maka dari itu untuk menghindari tip disarankan untuk membungkus bagian yang terhubung ke sistem kelistrikan terlebih dahulu dengan plastik atau alumunium foil agar terlindung dari air pada saat pembersihan.

  1. Jangan Menggunakan Air Bertekanan Tinggi

membersihkan mesin mobil

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat membersihkan mesin kendaraan adalah jangan menggunakan air bertekanan tinggi. Karena air bertekanan tinggi dapat merusak bagian mesin mobil. Oleh karena itu disarankan menggunakan air bertekanan rendah untuk membersihkan seluruh bagian mesin yang kotor.

  1. Bersihkan Terlebih Dahulu Kap Mobil

Bersihkan Terlebih Dahulu Kap Mobil

Saat Anda mulai membersihkan kap mobil Anda mulailah dengan bagian yang paling mudah. Kami merekomendasikan untuk membersihkan kap mesin terlebih dahulu. Pasalnya area ini mudah dibersihkan dan biasanya menjadi bagian yang paling kotor akibat banyaknya debu. Setelah itu hati-hati cuci bagian mobil lainnya dengan air bertekanan rendah.

  1. Gunakan Spon dan Sikat

Gunakan Spon dan Sikat

Sendok Alat yang digunakan untuk membersihkan mesin mobil harus lembut dan halus agar tidak menggores mesin dan merusak komponen mesin. Sebaiknya gunakan spons lembut dan sikat gigi untuk area yang sulit dijangkau.

Jadi perawatan harus dilakukan saat membersihkan semua bagian mesin mobil. Sebaiknya bersihkan secara perlahan dan keras untuk menghindari kerusakan komponen.

  1. Gunakan Sabun Colek

membersihkan mesin mobil

Sabun oles adalah cairan yang banyak digunakan untuk membersihkan mesin mobil dari kotoran seperti debu atau tumpahan oli. Kami sendiri suka menggunakan setetes sabun. Karena sabun permukaan mudah didapat dan terbukti ampuh menghilangkan noda membandel sehingga mesin kembali bersinar. Selain itu anda juga bisa menggunakan cairan khusus untuk membersihkan mesin mobil yang bisa anda lihat pada artikel selanjutnya Cairan Pembersih Mesin Mobil.

  1. Keringkan Mesin

membersihkan mesin mobil

Setelah membersihkan semua bagian mesin dari kotoran langkah selanjutnya cukup mengeringkan mesin hingga tidak ada sisa sabun. Sebelum melakukan hal tersebut tentunya kita harus membuang sabut terlebih dahulu dengan cara menyemprotnya dengan air bertekanan rendah. Kemudian keringkan dengan kain goni hingga benar-benar kering.

  1. Detailing

membersihkan mesin mobil

Cara detail mobil Sekarang tidak ada sabun Mobil sudah kering lagi Langkah selanjutnya adalah detail. Cairan dapat digunakan. Engine dressing atau cairan lainnya aman digunakan dan tidak akan merusak komponen kelistrikan mesin.

  1. Tutup Kembali Kap Mesin

Setelah mesin bersih dan berkilau seperti baru kembali langkah selanjutnya adalah menutup kap mesin. Lalu coba nyalakan mesin untuk menghangatkan mobil dan dengan begitu mesin akan lebih cepat kering siapa tahu masih ada bagian yang basah.

Dengan cara ini Anda dapat membersihkan mesin mobil Anda di rumah. Kami merekomendasikan pembersihan intensif setiap satu atau dua bulan untuk menjaga mesin tetap bersih. Tapi gan maunya mesin masih bersih seperti mobil baru.

You May Also Like