Tanda-Tanda Harus Ganti Oli Motor Agar Mesin Terawat

Tanda-Tanda Harus Ganti Oli Motor agar Mesin Terawat

detribpas.com – Cek secara pasti kapan ganti oli motor, karena ini merupakan komponen yang sangat penting dalam kendaraan tersebut. Mesin dalam kendaraan bermotor itu seperti jantung manusia. Bila kondisi sedang buruk, seluruh bagiannya tidak bekerja maksimal.

Jika mesin ingin bekerja dengan baik, maka harus dilancarkan dengan pelumas, yaitu oli. Adanya pelumas, kinerja mesin semakin baik dan lancar. Jika oli berkurang, tentu kinerja mesin menjadi kurang optimal sehingga mudah mogok.

Menghindari kendaraan mogok dengan kondisi mesin dalam yang rusak, ada baiknya ketahui tanda-tanda Anda harus ganti oli motor. Karena menggantinya, sudah termasuk tahap perawatan kendaraan yang harus dilakukan secara berkala.

Fungsi Keberadaan Oli Motor yang Sangat Penting

Tanda-Tanda Harus Ganti Oli Motor Agar Mesin Terawat

Untuk bisa mencari oli motor yang pas, umumnya pengguna harus lihat dulu buku petunjuk motornya. Biasanya, di buku petunjuk tersebut akan disebutkan jenis oli yang digunakan, serta waktu ganti oli motorsecara tepat.

BACA JUGA:  5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Ganti Oli Motor

Memilih olih memang tidak sembarangan. Karena ini berkaitan untuk melancarkan kinerja mesin motor. Tiap brand dan tipe ada komponen yang berbeda, sehingga olinya juga harus dibedakan.

Kandungan yang ada di dalam oli, tentu memberikan efek baik bagi mesin motor yang menggunakannya. Sama seperti aliran darah manusia. Ketika yang mengalir adalah oli tepat, segala komponen mesin dialiri dengan baik.

Mungkin bagi pemula, masih belum begitu tahu fungsinya untuk apa dan kenapa harus rutin ganti oli motordalam waktu tepat. Paling utama adalah lubricating atau melumasi. Cairan ini akan masuk dan melumasi beberapa komponen yang kinerjanya saling bergesekan.

Sehingga, jika mendapat pelumas, gesekan tersebut akan lancar dan terhindar juga dari kekeringan Lalu, berfungsi juga dalam melindungi mesin. Karena jika tidak melindungi, komponen di dalamnya akan mudah terkena oksidasi atau karat.

Kemudian memberikan efek membersihkan. Sebenarnya keausan pada mesin pasti akan terjadi dan tidak bisa dicegah, bisanya hanya mengurangi saja. Tapi, ketika keausan semakin tinggi, pasti ada kotoran yang masuk. Oli itulah yang akan membersihkannya.

Melakukan ganti oli motor itu penting karena memberikan efek mendinginkan. Sebab, saat mesin bergesekan itu memunculkan panas dan bisa didinginkan dengan pelumas ini.

BACA JUGA:  Perbedaan Ban Tubless Motor dan Ban Biasa

Paling penting, fungsi dari semuanya bertujuan untuk meningkatkan performa mesin. Sehingga bisa berkendara dengan nyaman tanpa adanya kendala.

5 Tanda yang Mengindikasikan Harus Ganti Oli Motor

Merasakan motor semakin terasa berat dalam perjalanan padahal tidak ada ban yang kempes. Kemungkinan mesin Anda bekerja dengan cukup alot dan kotor. Untuk membersihkannya, bukan dengan lap, melainkan ganti oli motor.

Setiap motor ada masanya untuk diganti olinya. Karena ini sangat penting untuk memaksimalkan performa mesin. Tentunya, Anda tidak menginginkan komponen di dalamnya berkarat atau keluasan, bukan?

Maka, ketahui tanda-tanda bahwa kendaraan Anda perlu diganti olinya. Pasti setelah itu, melakukan perjalanan dengan motor jadi semakin nyaman dan ringan.

Perlu Anda tahu, semakin sering menggunakan motor, maka kapasitas oli juga akan cepat habis. Sehingga dalam jadwal penggantian oli, bukan berdasar tipe motor. Tapi lebih mengarah ke penggunaannya.

Inilah beberapa tanda yang harus Anda pahami, yang mengharuskan ganti oli motor. Agar nanti komponen mesin bekerja dengan baik seperti semula :

BACA JUGA:  Persiapan Touring Motor, Perhatikan ini agar Aman di Jalan

Tanda-Tanda Harus Ganti Oli Motor Agar Mesin Terawat

  • Lihat Jarak Tempuhnya

Coba lihat spidometer. Jika sudah melalui jarak tempuh hingga 4.000km atau lebih memang harus segera diganti. Untuk lebih mudahnya, dalam jangka waktu 4 bulan.

  • Mesin Mudah Panas

Ciri selanjutnya adalah motor yang mudah panas dan terasa suhunya semakin panas dari biasanya. Tidak perlu disentuh, cukup rasakan saja dari hawa panas yang merambat ke kaki saat berkendara.

  • Suara Mesin Semakin Kasar

Karena fungsi pelumasnya berkurang, tentu suara mesin tidak mulus dan semakin kasar. Jika sudah seperti itu, memang harus segera diganti.

  • Volume Oli Berkurang

Cek volume oli. Ada tangki penyimpanan oli dan bisa dibuka dengan standar motor dua kali. Jika berkurang volumenya memang harus segera diganti.

  • Oli Berwarna Hitam Pekat

Saat pengecekkan volume, lihat juga warnanya. Jika hitam pekat memang sudah tidak layak karena oli tersebut telah bekerja semaksimal mungkin, harus diganti segera.

Mulai sekarang jangan malas untuk menggantinya. Bila jarang menggunakan motor, paling tidak panasi setiap pagi agar kelistrikannya dapat bekerja terus. Jadwalkan ganti oli motor paling tidak 4 bulan sekali seperti petunjuk di atas. (Red-detribpas.com)