Inilah Tata Cara Perpanjang STNK 2023

tata cara perpanjang stnk

detribpas.com – Tata Cara Perpanjang STNK, Baru-baru ini ada pembicaraan tentang penghapusan pajak sepeda motor. Hal itu untuk meringankan beban masyarakat yang selama ini menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari. Pernyataan ini patut mendapat pujian tinggi tetapi beberapa orang tidak setuju. Pasalnya pencabutan pajak sepeda motor otomatis hanya akan menambah jumlah mobil yang berdampak negatif terhadap lingkungan dan menurunkan kualitas udara.

Pro dan kontra keringanan pajak sepeda motor tidak bisa dipungkiri. Di sisi lain penghapusan pajak sepeda motor selain akan mengurangi beban masyarakat Indonesia juga akan meningkatkan kepadatan kendaraan bermotor yang akan meningkatkan kemacetan lalu lintas dan polusi udara. Mungkin perlu beberapa tahun untuk menerapkan rencana ini. Jadi sekarang kami harus menaikkan STNK dan membayar upeti ke mesin.

Syarat Perpanjang STNK Terbaru 2023

Semua pemilik mobil kini wajib memperbaharui STNK. Ada dua jenis perpanjangan STNK: setahun sekali dan lima tahun sekali. Selain itu proses perpanjangan STNK 5 tahun hanya bisa dilakukan di kantor Samsat sehingga proses keduanya juga berbeda. Inovasi STNK Tahunan dapat dilakukan melalui Samsat atau Samsat Mobile Edition untuk mempercepat prosesnya.

Mengingat proses perpanjangan STNK bersifat birokratis maka beberapa syarat harus dipenuhi agar STNK dapat diperpanjang. Syaratnya sangat sederhana kita bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan jasa perantara. Nah jika Anda belum mengetahui apa saja persyaratan dan Cara Perpanjang STNK berikut informasi yang dirangkum redaksi detribpas.com

Tata Cara Perpanjang STNK

Syarat Perpanjang STNK Tahunan

Perpanjangan STNK tahunan dapat dilakukan secara langsung di kantor Samsat atau melalui layanan Samsat Mobile dan Samsat Online. Selain itu juga tersedia melalui layanan penuh driver kami. Kami merekomendasikan untuk menggunakan Summit Driver karena proses servisnya sangat cepat. Hanya beberapa menit saja kecuali banyak proses dalam antrian. Lihat di bawah untuk ketentuan perpanjangan STNK.

  • Membawa KTP asli sesuai nama yang tertera pada STNK ataupun BPKB.
  • Membawa STNK asli sebagai bukti kepemilikan sepeda motor
  • Persiapkan dana sesuai dengan jumlah pajak kendaraan bermotor yang harus dibayar. Agar Anda tidak kaget dengan pajak yang harus dibayar sebaiknya tanyakan terlebih dahulu dengan cara-cara berikut: Cara meminta pajak mobil

Persyaratan pembaruan STNK di atas dapat berbeda menurut wilayah. Jadi harus bawa BPKB saat update TSNK tahunan? BPKB bukan salah satu persyaratan untuk pembaruan IAS tahunan jadi Anda tidak perlu membawanya. Di beberapa wilayah aturan mungkin berlaku namun di wilayah kami aturan ini tidak berlaku. Alhasil pemilik kendaraan bermotor yang masih memiliki pinjaman tidak perlu meminta surat keterangan dari perusahaan leasing ketika hendak memperbarui STNK tahunannya.

Syarat Perpanjang STNK 5 Tahun

tata cara perpanjang stnk

Permohonan perpanjangan STNK selama 5 tahun Semua kendaraan bermotor wajib mengganti plat nomornya setiap 5 tahun. Kami dapat mengganti plat nomor hanya setelah memperpanjang STNK selama 5 tahun dan membayar pajak kendaraan yang ditentukan. Ada persyaratan yang sedikit berbeda untuk memperbaharui STNK 5 tahun dan kami yakin prosesnya akan lebih rumit. Alasannya kami harus ke kantor parlemen terdekat agar nantinya bisa dilakukan pengecekan fisik kendaraan. Jadi apa syaratnya?

  • Membawa STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraa) yang asli
  • Membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli sesuai yang terterap pada BPKB dan STNK
  • Wajib membawa BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) yang asli
  • Kendaraan yang akan diperpanjang STNK-nya wajib dibawa, karena nantinya harus dilakukan pengecekan pada nomor rangka dan nomor mesin
  • Siapkan uang untuk membayar pajak kendaraan bermotor

Verifikasi nomor rangka dan nomor mesin wajib dilakukan saat perpanjangan STNK 5 tahun. Ini adalah faktor pembeda antara perpajakan tahunan dan 5 tahun. Bawa juga BPKB sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Jadi jika motor atau mobil masih dalam status pinjaman sebaiknya minta surat keterangan dari pihak leasing. Yang masih bingung proses perpanjangan STNK 5 tahun silahkan simak informasi dibawah ini gan.

Proses Perpanjang STNK 5 Tahun

Proses Perpanjang STNK 5 Tahun

Proses perpanjangan STNK 5 tahun Semua pajak 5 tahunan dapat dibayar secara online. Meskipun kami menggunakan sistem online kami harus mengunjungi kantor Sansad terdekat untuk melanjutkan proses tes fisik dan penukaran plat. Di beberapa daerah pajak perakitan mobil bisa diperpanjang selama 5 tahun. Tapi yang mau datang ke kantor Sanchat cek dulu proses dibawah ini.

  • Harap mempersiapkan perpanjangan STNK di atas 5 tahun terlebih dahulu sebelum datang ke kantor Samsat. Setelah semuanya siap anda tinggal datang ke kantor sansat. Kami menyarankan untuk datang lebih awal untuk menghindari antrean panjang.
  • Kemudian pergi ke tempat fotokopi Samasth Bhavan untuk menyalin semua persyaratan perpanjangan STNK yang dibawa oleh saudara. Sebaiknya tanyakan kepada copywriter jenis file apa yang mereka butuhkan.
  • Kemudian kami diberitahu bahwa kami harus mengambil formulir untuk mengisi pernyataan pendaftaran khusus untuk perpanjangan STNK selama 5 tahun.
  • Kemudian kami serahkan semua dokumen persyaratan perpanjangan STNK kecuali BPKB di loket pendaftaran.
  • Langkah selanjutnya adalah menunggu nama dipanggil sesuai dengan nama yang tertulis di STNK dan kemudian petugas akan mengecek datanya dengan BPKB asli yang kita miliki.
  • Jika data sudah benar jumlah tetap harus dibayarkan ke kasir.
  • Setelah melakukan pembayaran kita akan menerima struk pembayaran yang selanjutnya akan digunakan untuk membeli STNK baru dan plat nomor baru. Untuk mendapatkan plat nomor Anda bisa mendaftar di kantor pendaftaran TNKB (Nomor Kendaraan Bermotor).

Proses perpanjangan STNK di atas memakan waktu kurang dari 1 jam saja. Namun seringkali kita harus menunggu lama jika tempatnya ramai biasanya memakan waktu 2 jam atau lebih. Sekarang lebih baik Anda membayar pajak mobil secara online untuk menghemat waktu. Setelah itu gan harus datang ke seisi kantor dengan membawa bukti pembakaran kemudian dilakukan pemeriksaan fisik dan mendapatkan STNK dan plat nomor baru.

Syarat Perpanjang STNK Di Samsat Keliling

tata cara perpanjang stnk

STNK Klaim Perluas Samsat Keliling Banyak orang yang belum mengetahui bahwa layanan Samsat Keliling sudah ada sekarang. Layanan ini memungkinkan Anda untuk memperpanjang pajak mobil dengan cepat. Cukup membawa KTP dan STNK asli tanpa fotokopi untuk permintaan update STNK tahunan di Samsat Keliling. Dapat menghemat waktu karena prosesnya sangat cepat. Selain itu Samsat Mobile juga melayani Dana Wajib Sumbangan Kecelakaan Jalan dan STNK untuk pemeriksaan tahunan sehingga Anda tidak perlu lagi ke kantor Samsat.

Syarat Perpanjang STNK Di Samsat Online

tata cara perpanjang stnk

Cara Perpanjang STNK Layanan online Samsat bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia dengan mudah membayar pajak motor dan memperpanjang STNK. Sayangnya layanan ini terbatas pada fasilitas pembayaran. Ini karena Anda harus mengunjungi kantor Samsat atau tempat penjualan Samsat seluler untuk mendapatkan sertifikat STNK.

You May Also Like