Inilah Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir

Ciri Ciri Mobil, Beberapa daerah terendam banjir akibat hujan deras. Bencana alam dapat menyebabkan kerusakan fisik dan material. Sekarang salah satu kerugian fisik terbesar akibat banjir adalah harta benda yang terendam. Tidak hanya rumah tapi juga mobil.

Banjir datang begitu tiba-tiba sehingga banyak mobil yang tenggelam. Pemilik sering menjual mobilnya begitu air banjir surut. Penyebabnya adalah kondisi mobil yang memprihatinkan dan biasanya terjadi kerusakan air pada mesin dan komponen lainnya.

Untitled design 6 7

Penggunaan truk banjir tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan kendaraan tidak dalam kondisi sempurna dan dapat rusak di kemudian hari. Sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui cara membedakan mobil derek bekas dengan mobil bekas biasa.

Berikut Adalah 10 Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir

ciri ciri mobil

Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir Cara mengidentifikasi mobil bekas banjir sebenarnya sangat sederhana. Penting untuk mengetahui fitur-fiturnya terlebih dahulu agar nantinya kita bisa memutuskan apakah mobil tersebut layak dibeli atau tidak. Silahkan simak informasi di bawah ini di otomotif.com untuk mengetahui banjirnya spesifikasi mobil bekas saat ini.

Ruang Mesin Belang

Ketika air banjir memasuki ruang mesin ruang mesin menjadi putih. Jika mobil itu tidak diambil alih oleh pemilik sebelumnya kita pasti sudah melihatnya dengan mata terbuka. Air banjir juga dapat menyebabkan bagian-bagian mesin berkarat yang dapat mencegah mesin untuk hidup secara otomatis.

Mobil Berkarat

Secara alami bagian logam mobil akan berkarat jika berada di air dalam waktu lama. Selain bagian mesin karat sering muncul pada bagian bawah bodi atau body kendaraan. Pastikan untuk memeriksa kendaraan di dalam dan luar untuk memastikan tidak rusak.

Mobil Bau Apek

Lumpur bersama air menimbulkan bau tidak sedap di dalam kendaraan. Bau biasanya berasal dari kain pelapis atau karpet yang tidak dibersihkan dengan benar. Membersihkan mobil yang kebanjiran sangat sulit karena baunya tidak bisa dihilangkan tanpa pembersihan yang tepat. Alhasil Anda bisa mengetahui ciri-ciri mobil bekas banjir dari baunya.

BACA JUGA :  Panduan Lengkap Diameter Piston: Ukuran, Jenis, Dan Dampaknya Pada Mesin

Harga Terlalu Miring

Pemilik truk derek bekas seringkali menjual mobilnya dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasar. Oleh karena itu sebaiknya jangan tergiur dengan harga murah tanpa melihat kondisi kendaraan secara keseluruhan. Selama kondisi mobil masih bagus dan belum terkena banjir ada baiknya membeli mobil bekas dengan harga sedikit lebih mahal.

Interior Terlihat Kusam

Seperti disebutkan di atas perendaman dalam air akan menggelapkan dan mengubah warna balistik. Namun tidak hanya ruang mesin bagian lain juga mengalami hal yang sama seperti jok atau atap yang terlihat kusam. Anda juga harus melihat ke dalam bagasi dan pintu. Karena kualitas mobil bekas biasanya berkarat di bagian tersebut.

Berasal Dari Dearah Rawan Banjir

Mobil bekas banjir biasanya berasal dari daerah rawan banjir seperti Jakarta Semarang Surabaya atau kota lainnya. Kita bisa cek alamat di STNK untuk mengetahui lokasinya. Pastikan alamat tidak berada di daerah rawan banjir karena kemungkinan mobil bekas yang terendam banjir.

Lampu Berembun

Fitur mencolok lain dari mobil bekas adalah lampu kabut. Air banjir yang biasanya terserap masuk ke rumah lampu dan menyemprot lampu. Untuk memastikannya Anda bisa mengecek kondisi pencahayaan. Apakah kondisinya masih bagus retak atau pecah? Jika kondisinya masih bagus tapi lampunya gerimis bisa jadi penyebabnya adalah banjir.

Ada Lumpur Pada Jalur Perkabelan

Jika Anda menemukan lumpur di jalur mobil Anda yakinlah bahwa mobil Anda kebanjiran. Ini karena kotoran tidak bisa masuk ke jalur kabel kecuali mobil terendam. Oleh karena itu ciri-ciri mobil bekas yang pernah kebanjiran dapat dipastikan dengan mengamati status antrean.

Oli Mesin Berwarna Putih

Mencampur minyak dengan air akan mengubah warna minyak menjadi putih. Ini adalah cara termudah untuk menemukan properti mobil bekas yang terendam banjir. Namun sangat sulit bagi kita untuk meminum oli yang bercampur air pada oli mesin baru yang biasa diminum oleh pemilik mobil.

BACA JUGA :  Keuntungan Menggunakan Helm Full Face Saat Berkendara

Baut-Baut Berkarat

Hal-hal kecil seperti kondisi baut dapat mengetahui apakah mobil bekas yang Anda beli adalah pintu air. Pasalnya baut mobil pada umumnya terbuat dari baja dan akan cepat berkarat jika terkena air banjir dalam waktu yang lama. Jika mobil Anda sudah tua karat adalah bagian alami dari penuaan. Namun jika mobil tersebut masih baru karat pada bemper sudah pasti menandakan bahwa mobil tersebut pernah kebanjiran.