Tips Berkendara Motor Saat Hujan Supaya Perjalanan Nyaman

Tips Berkendara Motor Saat Hujan Supaya Perjalanan Nyaman

detribpas.com – Berkendara motor saat hujan sebenarnya dapat meningkatkan risiko kecelakaan namun belum banyak disadari pengendara. Kesadaran akan keselamatan berlalu lintas yang kurang, menjadi salah satu penyebab hal itu bisa terjadi.

Tidak heran jika angka kecelakaan yang terjadi di Indonesia, sangat tinggi setiap tahunnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips berkendara motor pada saat sedang terjadi hujan.

Sebenarnya berkendara menggunakan kendaraan roda dua pada cuaca hujan, sangat tidak direkomendasikan. Selain karena jalanan licin karena terkena air, jarak pandang juga bisa berkurang akibat hujan deras yang turun.

Akan tatapi mungkin beberapa dari Anda terpaksa atau harus berkendara motor saat hujan. Agar bisa selamat sampai tujuan, ada banyak tips safety riding yang akan kami sampaikan melalui tulisan ini.

Melakukan perjalanan menggunakan kendaraan jenis apa saja dan dalam keadaan apapun, harus dilakukan dengan cermat. Mulai dari persiapan hingga cara berkendara, juga harus menaati aturan yang sudah ada.

Taat lalu lintas adalah salah satu budaya yang harus dikembangkan mulai dari sekarang. Khususnya bagi para pengendara roda dua, harus lebih waspada karena risiko kecelakaan sebenarnya jauh lebih tinggi.

BACA JUGA:  Tips Beli Mobil Baru Terpenting Dipastikan Maksimal Hasilnya

Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Dari sekian banyak hal tersebut, ketertiban dan kesadaran pengendara merupakan salah satu faktor kunci dengan peran yang sangat besar.

Persiapan dan Antisipasi Berkendara Motor Saat Hujan

Tips Berkendara Motor Saat Hujan Supaya Perjalanan Nyaman

Sebelum menerapkan tips berkendara motor ketika sedang hujan, beberapa hal penting harus dipersiapkan lebih dulu. Memeriksa kondisi kendaraan merupakan salah satu langkah yang wajib Anda lakukan.

Kondisi ban dan pengereman menjadi aspek penting untuk diamati lebih dulu apalagi ketika musim hujan. Ban yang sudah aus, memiliki daya cengkram tidak maksimal sehingga bisa berbahaya saat jalan licin.

Jadi, memastikan kondisi ban masih baik dan layak adalah persiapan berkendara motor saat hujan yang pertama. Masih ada beberapa persiapan penting lain agar lancar dan aman saat mengendarai motor.

Persiapan berikutnya adalah kelengkapan safaty riding seperti jaket, sepatu boot dan sarung tangan. Tentunya helm dengan dengan standar SNI juga wajib disiapkan untuk melindungi bagian terpenting yaitu kepada anda.

BACA JUGA:  Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan Tips Penting Ini

Jangan lupa untuk membawa pelindung dari air hujan seperti mantel atau bisa juga jaket anti air lain. Pilih mantol dengan model tepat dimana harus membuat Anda nyaman berkendara.

Menggunakan pakaian dengan model yang tidak tepat, bisa berbahaya bagi Anda bahkan bagi pengendara lain. Meski sepele, hal semacam ini sangat penting jika Anda akan berkendara motor saat hujan.

Tidak hanya persiapan seperti itu saja, Anda juga harus berkendara dengan bijak pada saat cuaca buruk. Pada bagian berikutnya, terdapat beberapa tips penting yang dapat Anda pelajari dengan mudah.

Berkendara Motor Saat Hujan, Terapkan Tips Berikut

Dengan persiapan berkendara yang baik dan benar seperti tadi, berarti Anda sudah siap. Saat sedang berada di perjalanan, terapkan juga tips berkendara motor saat hujan berikut, agar menjadi lebih aman.

Tips Berkendara Motor Saat Hujan Supaya Perjalanan Nyaman

  1. Sesuaikan kecepatan kendaraan anda

Mengendarai kendaraan melebihi batas kecepatan tentu adalah hal berbahaya apa lagi pada saat cuaca buruk. Karena itu pula, sesuaikan kecepataan kendaraan pada saat terjadi hujan agar tidak terjadi kecelakaan.

BACA JUGA:  Tanda Ban Harus Diganti, Simak agar Tetap Aman

Tips berkendara motor saat hujan satu ini juga sangat penting bukan hanya karena jalan basah saja. Ketika turun hujan lebat, tentu jarak pandang akan berkurang, jadi sebaiknya turunkan kecepatan anda.

  1. Waspada dengan genangan air

Saat sedang mengendarai kendaraan dan terdapat ganangan air, sebaiknya lebih waspada karena kondisi jalan tidak bisa terlihat. Bisa saja di balik genangan tersebut terdapat lubang atau kondisi jalan yang buruk.

Ketika melintasi jalan dengan air yang menggenang, sebaiknya lebih berhati hari agar pengendara tidak terjatuh. Jangan lupa untuk menjaga jarak dengan kendaraan lain terutama saat situasi lalu lintas sedang padar.

  1. Jangan memaksakan diri

Tips terakhir ini sangat penting jika kondisi cuaca semakin memburuk, maka sebaiknya Anda berteduh lebih dulu. Cermatlah dalam memilih lokasi berteduh yang aman dan tidak membahayakan pengguna jalan lain.

Setelah membaca penjelasan di atas, tidak sulit untuk berkendara dengan baik meski cuaca kurang mendukung. Tips berkendara motor saat hujan seperti tadi memang mudah dipahami, namun harus benar benar diterapkan. (Red-detribpas.com)