10 Rekomendasi Oli Mobil Matic Terbaik dan Affordable

10 Rekomendasi Oli Mobil Matic Terbaik dan Affordable

detribpas.com – Oli mobil matic terbaik menjadi hal penting dan harus Anda ketahui sebagai pemilik mobil jenis matic. Sebab, oli sangat erat kaitannya dengan performa mobil dan keawetan mesin.

Fungsi utama oli pada mobil adalah untuk melumasi mesin, termasuk di dalamnya adalah semua komponen dan partikel mesin. Pemberian oli ini akan membuat kinerja setiap komponen lebih ringan.

Dengan begitu, mesin akan bekerja lebih maksimal dan performanya meningkat. Agar fungsi mesin pada mobil matic maksimal, Anda harus memberikan pelumas yang maksimal. Tapi, ternyata fungsinya bukan hanya sebagai pelumas.

cairan ini juga memiliki peran penting untuk merekatkan antar komponen dalam mesin. Tanpa adanya cairan ini komponen sangat rentan terpisah satu sama lain saat sedang melaju. Apa lagi saat kecepatan tinggi.

Dalam memilih pelumas, Anda harus menyesuaikan jenis matic atau transmisi. Sebab, keduanya memiliki fungsi yang cukup berbeda. Agar Anda tidak bingung dalam memilihnya, kami memiliki berbagai rekomendasi terbaik. Simak penjelasannya berikut ini untuk informasi selengkapnya.

Perbedaan Oli Mobil Matic dan Manual

Sebelum memberikan rekomendasi mengenai oli mobil matic terbaik, kami akan menjelaskan perbedaan oli ini. Secara umum, oli mobil saat ini dibedakan menjadi dua jenis, yaitu untuk matic dan manual.

BACA JUGA:  Tips Berkendara Motor Saat Hujan Supaya Perjalanan Nyaman

Setidaknya ada empat perbedaan dari kedua jenis tersebut. Mulai dari warna, fungsi, hingga tingkat kekentalannya. Dari segi warna oli matic memiliki warna yang lebih terang, misalnya saja merah atau hijau.

Tujuannya adalah agar mudah diketahui saat mengalami kebocoran, sebab kebocoran tersebut dapat membahayakan pengendara. Lama kelamaan, warnanya akan menggelap hingga hitam. Sedangkan oli manual memiliki warna lebih gelap.

Warnanya juga akan kehitaman jika sudah lama digunakan. Dari segi fungsi, oli mobil matic terbaik bertanggung jawab melumasi komponen mesin dan menghantarkan mekanisme perpindahan gigi.

Sehingga saat komponen mobil saling bergesekan, tidak akan terjadi kerusakan. Sedangkan pada oli mobil manual hanya sebatas pelumas saja. Selain itu, kapasitas oli pada mobil matic juga lebih besar.

Jika dilihat dari segi kekentalan, oli pada mesin kendaraan ini lebih encer dibandingkan oli mobil manual. Tujuannya adalah agar poros transmisi pada torque converter dapat bergerak dengan baik.

BACA JUGA:  Cara Perawatan Motor Injeksi yang Harus Diketahui

10 Rekomendasi Oli Mobil Matic Terbaik

Setelah mengetahui perbedaan antara pelumas kendaraan roda empat matic dan manual, Anda tidak boleh sembarangan lagi saat mengganti oli. Mobil matic tentunya tidak boleh menggunakan oli untuk mobil manual dan sebaliknya.

Sebab, akan berdampak buruk pada mesin dan performa mobil. Saat ini sudah banyak brand oli mobil matic terbaik, misalnya adalah:

10 Rekomendasi Oli Mobil Matic Terbaik dan Affordable
Sumber Foto: www.top1.co.id
  1. Top 1 Zenzation

Oli ini dapat menjaga performa mesin kendaraan dalam jangka waktu yang lama. Sebab, karakteristiknya yang tidak mudah menguap dan menjaga tarikan mesin tetap nyaman saat berjalan.

  1. Castrol Magnetec SAE

Keistimewaan dari brand oli ternama di dunia ini adalah memiliki molekul pintar. Fungsinya sebagai pembersih sisi terkecil dari mesin mobil. Selain itu terdapat juga bahan sintetik sebagai perlindungan maksimal.

  1. Top 1 HP Sport

Oli mobil matic terbaik ini terbuat bahan dasar sintetik sepenuhnya. Sehingga memberikan perlindungan lebih lama dan lebih tahan terhadap panas. Dengan demikian, tempratur mesin juga jadi lebih terkontrol.

  1. Shell Helix HX7

Salah satu kelebihan dari oli yang banyak digunakan pengguna mobil matic ini adalah memiliki flexi molecul. Molekul tersebut akan membentuk suatu layer film pada seluruh permukaan komponen mesin dan dapat membersihkannya.

  1. Fastron Techno

Oli satu ini memiliki kadar abu, fosfor, dan sulfur yang rendah. Sehingga, sangat cocok digunakan untuk mobil keluaran terbaru. Usia pakainya juga lebih lama dari oli biasa, sehingga lebih ekonomis.

BACA JUGA:  3 Alasan Harus Beli Motor Bebek untuk Keperluan Sehari-hari
10 Rekomendasi Oli Mobil Matic Terbaik dan Affordable
Sumber Foto: www.lucasoil.com
  1. Lucas

Meski brand oli ini kurang familiar di Indonesia, nyatanya Lucas bisa lebih menstabilkan tempratur mesin. Bahkan, oli mobil matic terbaik ini juga bisa mengurangi suara bising pada mesin.

  1. Total Quartz 7000SM

Oli Total Quartz memiliki keistimewaan dalam kemampuannya melindungi mesin. Terutama dari bahaya oksidasi dan keausan mesin. Tidak hanya itu, pelumas satu ini juga lebih stabil.

  1. Toyota Motor Oil

Teknologi unggulan dari Toyota Motor Oil adalah dapat membentuk suatu actifilm. Fungsinya adalah untuk melindungi mesin secara ganda, sehingga mesin lebih seimbang.

  1. Eneos CVT Fluid Asia

Brand oli ini menjadi yang terbaik di Asia Tenggara, tapi hanya untuk mobil dengan CVT Metal Belt Transmission. Kelebihan lainnya adalah harga dari oli ini tergolong terjangkau.

  1. Fastron Gold SAE

Teknologi utama yang dimiliki mobil ini adalah nano guardnya. Fungsi dari teknologi tersebut adalah dapat melindungi dan melapisi seluruh bagian mesin ke semua sisi, bahkan sisi terkecil.

Saat Anda membeli mobil matic, pastikan memilih oli yang memang diperuntukkan untuk jenis mobil tersebut. Misalnya adalah rekomendasi oli mobil matic terbaik di atas. (Red-detribpas.com)