modifikasi thailand

Jenis Modifikasi Thailand Thai Look (Mothai)

Modifikasi Thailand, Ada banyak jenis reformasi di Indonesia. Rata-rata konsep yang dianut bukan berasal dari ide Indonesia melainkan perpaduan model yang ada di luar negeri yang disesuaikan dengan selera adaptasi lokal.

Yang paling populer adalah gaya Thailand yang dimodifikasi atau tampilan Thailand. Bahkan orang yang lebih terkenal menyebutnya Motai. Dan gaya modifikasi motor ini sebenarnya terinspirasi dari trend yang sedang berkembang di negeri gajah putih di Thailand.

Konsep ini sangat populer di kalangan anak muda pecinta kecepatan di jalan raya karena persnelingnya sangat sederhana ceper dan mudah berakselerasi.

Namun ada satu peringatan. Tren modifikasi sepeda ini sangat berbahaya dan selalu menjadi ancaman bagi siapa saja yang ingin berkendara kencang di jalan raya. Jadi apa risikonya?

Ciri Khas Modifikasi Motor Beraliran Thai Look (Mothai)

BACA JUGA:  Trik Modifikasi Motor Bekas Tapi Tetap Aman Berkendara

modifikasi thailand

Modifikasi Thailand, Sebelum saya menjelaskan betapa berbahayanya perubahan pada sepeda motor mari kita pahami dulu ciri-ciri sepeda motor yang sudah sering kita perhatikan.

Fitur dasar pertama adalah bodi selalu cerah dan tajam dengan layar horizontal. Shifter menggunakan warna cerah agar sepeda motor mudah dikenali. Namun mereka umumnya tidak menyukai warna terang.

Kemudian pita bawaannya dilepas dan diganti dengan aksen Thailand. Karena popularitas strip Mothai tidak sulit menemukannya di bengkel stiker.

Bagian yang sama pentingnya adalah ground clearance. Sepeda motor tipe motai normal ceper karena menggunakan ban tipis seperti velg 17 60-80 atau 17 50-90 spoke. Inilah salah satu alasan mengapa motor ini terlihat begitu ringan dan hemat bahan bakar terutama pada putaran rendah.

Namun modifikasi motor ala Mothai yang terkenal sangat menguras kantong. Modifikator tidak hanya merubah tampilan fisiknya saja tetapi juga bisa dibongkar pasang untuk mengganti part dasar dengan part aftermarket. Saya tidak ragu.

BACA JUGA:  Modifikasi Motor Mio Menjadi lebih Keren

Tapi itu bukan mutiara terbaik jika hanya bagian yang digunakan. Mereka yang berkantong tebal akan tergoda untuk memasang part mahal dari merk populer seperti shockbreaker Brembo atau kaliper rem Ohlins.

Tidak mudah untuk mengidentifikasi orang-orang yang terlibat dalam produksi sepeda motor merek-merek ternama. Namun jangan tertipu ada reflektor yang sengaja menggunakannya pada posisi tertentu yang tidak mudah Anda lihat dengan mata.

Sayangnya tingginya permintaan suku cadang Motai menyebabkan produsen palsu memproduksi tiruan aftermarket. Bahkan terkadang sulit untuk membedakan antara bagian asli dan palsu.

Cara Bikin Modifikasi Motor Mothai

Motai keren bisa menampung banyak modifikasi motor.

BACA JUGA:  Modifikasi Motor Mio Menjadi lebih Keren

Tromol

Drum atau mesin bubut adalah salah satu ciri khas Motai. Beberapa orang hanya menggunakan baterai dengan kilauan krom yang mencolok.

Tirumul menjadi identitas yang seolah menjadi Mothai di atas sepeda. Merek yang umum digunakan adalah ZOX dan VND.

Selain itu ada pilihan lain yang sangat bagus seperti Kombis PKM dan Cornet.

Velg

Ban yang lebih kecil tentunya membutuhkan roda yang juga lebih kecil. Ukuran roda yang biasa digunakan adalah 120/140.

Untuk lebih menarik perhatian banyak modifikator membuat seragam motor dengan velg khusus seperti V-line dan velg two tone.

Ada berbagai merek seperti Taxago Excel Asia TDR DBS COMET RIDE IT CLD dan TK yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Jari-jari/Jeruji

Ban yang lebih kecil juga identik dengan velg stainless steel. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan efek yang lebih jelek dan Anda akan terlihat tidak biasa.

BACA JUGA:  Trik Modifikasi Motor Bekas Tapi Tetap Aman Berkendara

Stiker

Modifikasi motor ala moto tidak hanya mencakup warna stiker tetapi juga slogan lucu atau kata-kata yang identik dengannya. Ada juga buklet tebal dengan tema kehidupan sehari-hari.

Sarung Jok

Yang terbaik adalah menggunakan sarung jok berbahan kain tebal dengan tampilan Thailand. Berbagai brand pilihan seperti Bride Canvas Somjin dan N.G.O

Review Harga Upgrade Mesin Thai Look (Motai).

Tentunya setiap modifikasi sepeda motor selalu bisa dilakukan agar sesuai dengan budget. Tapi itu pasti sangat mempengaruhi hasil.

Seperti Mothai disederhanakan dengan hanya menukar ban depan dan belakang. Tentunya tidak perlu harga yang mahal karena hasilnya sangat sederhana. Namun dengan budget yang cukup mepet tentu Anda bisa mengeksplor banyak bagian mulai dari lampu depan hingga belakang.

BACA JUGA:  Modifikasi Motor Mio Menjadi lebih Keren

Misalnya ban sepeda motor diganti merek Misl. Trafo setidaknya harus menyediakan Rp 103 ribu untuk VTX 60/80-17 dan Rp 96 ribu untuk VTX 50/90-17. Ini tidak termasuk penggantian roda. Total setidaknya 10 lakh rupee diperlukan untuk memodifikasi setidaknya sepeda Mothai.

Lantas apa resiko Moutai memodifikasi sepeda motor?

Masalah terbesar dengan banyak metode worm adalah faktor standarisasi seperti cermin dan alat pengaman kunci.

Masalah lainnya adalah mereka pendek dan berbahaya jika tidak terbiasa dengan pekerjaannya. Badan Kehormatan Road Safety Association (RSA) Kompas.com Rio Octaviano Cacing ban (botol kecil) adalah contoh penggunaan ban yang tidak tepat oleh pemilik mobil dalam penggunaan sehari-hari.

Hal ini tentunya berbahaya bagi pengendara saat menggunakan sepeda motor untuk melewati jalan berlubang atau permukaan basah.