Berikut 5 Penyebab Motor Matic Mogok, Tidak Perlu Panik

Berikut 5 Penyebab Motor Matic Mogok, Tidak Perlu Panik

detribpas.com – Motor matic mogok dijalan itu merupakan suatu yang wajar. Mau matic atau non matic semua bisa saja mogok. Sebab namanya juga mesin sudah pasti ada trouble yang akan terjadi padanya.

Lalu apa yang perlu dilakukan ketika Anda mengalami hal ini? Apakah panik dan tergesa-gesa panggil keluarga? Ya jalan terbaik adalah memanggil rekan teknisi tapi itu butuh waktu lama untuk lakukannya.

Sehingga jika ingin cara tercepat perbaiki motor matic mogok. Lebih baik pelajari mengenai apa saja penyebab hal itu bisa terjadi. Sehingga penanganan dapat dilakukan dengan lebih cepat tanpa perlu uang.

Bisa tangani sendiri kenapa harus meminta bantuan dari teman? Iya jelas Anda bisa gunakan kemampuan sendiri jika bisa. Untuk itu pahami apa saja penyebab yang perlu diketahui, lalu tangani sendiri.

Beberapa Penyebab Motor Matic Mogok

Sebelum masuk lebih dalam, perlu diberitahukan bahwa motor matic mogok bukan karena kehabisan bahan bakar. Jika soal itu tentunya Anda sudah tahu sendiri bagaimana cara atasinya bukan?

BACA JUGA:  Perawatan Mobil Sebelum Touring agar Aman dan Nyaman

Adanya indikator berapa banyak bbm yang tersisa harusnya sudah menjadi petunjuk bukan? Jadi harap untuk selalu mengisi bbm penuh supaya tidak terjadi mogok karena hal sepele ini.

Lebih dalam masuk ke apa saja alasannya. Kami sudah rangkum beberapa masalah yang sebabkan motor matic mogok. Semua ini bisa diatasi sendiri ataupun dengan bantuan teknisi lanjutan.

Berikut 5 Penyebab Motor Matic Mogok, Tidak Perlu Panik

  1. Oli mesin tidak mumpuni alias kurang banyak

Olin mesin merupakan komponen penting untuk membuat kinerja mesin berkerja maksimal. Sudah tahu bukan fungsi dari oli? Oli adalah peluma untuk membuat gesekan mesin makin halus.

Jadi akibat jika oli mesin tidak mumpuni sudah pasti mesin tidak bekerja secara maksimal. Bahkan pada beberapa kasus malah mesin menjadi tidak berfungsi. Sehingga kesannya seperti mogok.

  1. Busi kotor atau sedang lemah

Apakah Anda tahu fungsi dari busi sebenarnya? Sebuah komponen kecil yang memiliki fungsi cukup krusial. Dimana jika ia tidak bekerja maksimal jelas pembakaran di ruang bakar berkurang.

BACA JUGA:  5 Tanda Kendaraan Perlu Diservice Harus Anda Pahami

Apabila sudah terasa lemah pada saat starter atau berjalan. Lebih baik untuk coba bersihkan dahulu businya atau langsung ganti saja. Itulah mengapa banyak pengendara selalu sedia busi cadangan.

  1. Filter udara kotor

Filter udara merupakan komponen cukup penting bagi motor juga. Jadi jika filter kotor jelas sebabkan motor matic mogok. Jadi jika Anda temui hal ini, lebih baik minta bersihkan saat melakukan service.

Bisa juga sebenarnya untuk melakukan pembersihan secara mandiri. Tapi jangan dicuci karena itu bisa menjadi berbahaya. Jangan lupa juga untuk throttle body yang sangat penting juga peranannya.

  1. V-belt motor atau rantai putus

Di dalam motor matic rantai memiliki nama v-belt. Untuk itu selalu lakukan pengecekan secara rutin terhadap komponen ini. Sekedar info saja masa berlakunya hanya capai 20.000 km.

Jadi selalu lakukan pergantian setiap sudah menempuh jarak tersebut. Dari pada harus berganti ketika putus saat berkendara bukan? Banyak kasus terjadi seperti ini dan haruskan untuk dorong sampai ke rumah.

  1. Perhatikan piston apakah berfungsi baik

Piston merupakan komponen penunjang untuk dapat membuat mesin motor berkompresi. Saat mesin hilang kompresi jelas itu dikarenakan ada masalah pada dinding piston.

BACA JUGA:  Mobil Anti Maling dengan Sistem Keamanan Canggih Terbaru

Sehingga hal ini sebabkan motor matic mogok. Untuk bisa mengembalikannya adalah dengan melakukan turun mesin atau melakukan service terhadap piston. Makanya selalu bersihkan bagian ini ketika service.

Antisipasi Motor Matic Mogok dengan Kontak Teknisi

Berikut 5 Penyebab Motor Matic Mogok, Tidak Perlu Panik

Sebenarnya jika permasalahan hanya busi atau filter udara kotor. Dapat ditangani langsung dengan selalu sedia cadangan di motor. Kedua komponen ini bisa dibawa kemana-mana cadangannya karena kecil.

Namun jika yang terjadi adalah kerusakan piston, v-belt, dan oli mesin habis. Memang itu harus diserahkan kepada teknisi. Sebenarnya kata yang tepat adalah mekanik karena berurusan mesin.

Untuk itu selalu sediakan setidaknya kontak teknisi kenalan. Penting jika Anda memiliki suatu kendaraan untuk memiliki kenalan bengkel. Sebab tidak ada yang tahu jika memang terjadi masalah.

Salah satu harapan jelas adalah mekanik. Mereka memiliki pengalaman untuk tangani segala bentuk masalah. Tinggal panggil saja lalu sudah pasti urusan motor matic mogok bisa langsung ditangani saat itu juga. (Red-detribpas.com)