Mengenal Masalah Motor Kopling

Mengenal Masalah Motor Kopling dan Cara Mengatasinya

detribpas.com – Masalah Motor Kopling yang sering terjadi dan dialami oleh masyarakat. Berikut cara untuk mengatasinya, agar motor bisa kembali berjalan mulus.

Kendaraan berkopling adalah salah satu pilihan bagi masyarakat, performanya kendaraan cukup bagus dan kuat untuk segala bidang. Kecepatannya juga sangat kuat dan kencang. Meskipun banyak terjadi masalah pada mesinnya.

Tetapi kadang ketika kendaraan tidak diservis secara rutin akan menyebabkan kerusakan. Salah satu kerusakannya adalah masalah kopling, lalu begini cara untuk membenarkannya.

Tapi karena tidak banyak yang tahu caranya untuk menservisnya. Sehingga harus membawa ke bengkel, tetapi sebenarnya bisa dibenarkan sendiri. Berikutnya cara untuk membenarkannya.

Beberapa Masalah Motor Kopling

Jika Anda memiliki masalah itu, maka bisa dilakukan sendiri. Tetapi jika Anda tidak bisa maka jangan sampai membongkar sendiri, lebih baik dibenarkan di bengkel. Sehingga akan benar kondisi kendaraanya.

Ketika Anda ingin membenarkan kopling yang bermasalah, dan sudah mengetahui dimana saja masalah yang terjadi. Jika sudah mengetahui masalahnya maka Anda bisa membongkar dan membenarkannya.

BACA JUGA:  Motor Mogok Saat Hujan, Tenang dan Lakukan Hal Berikut

Tetapi sebelum itu, berikut adalah pembahasan tentang masalah-masalah yang sering terjadi pada kendaraan berkopling. Perhatikan kondisi kendaraan Anda dan kemudian benarkan sendiri agar bisa digunakan lagi.

Mengenal Masalah Motor Kopling

  • Kampas kopling aus

Bagi kendaraan berkopling, kehadiraanya salah satu yang cukup penting untuk performa kendaraan. Jika kondisinya bermasalah maka perlu diperhatikan agar tidak terjadi masalah, salah salah satu masalah motor kopling adalah kampasnya aus.

Untuk bisa mengatasinya, Anda hanya perlu mengganti kampas yang baru. Penyebab kampas kopling bisa habis adalah karena sering digunakan. Biasanya 1 motor kopling, maka harus diperiksa setiap setahun 1 kondisi kapasnya.

Tetapi banyak yang tidak tahu bagaimana ciri dari kampas kopling yang sudah aus tersebut. Berikut daftar kopling yang aus. Terjadi slip kopling, kondisi ini bisa dirasakan dengan adanya suara raungan motor tetapi tenaganya tidak besar.

  • Masalah motor kopling

Jika Anda menggunakan motor kopling maka pasti akan merasakan masalah-masalah yang dialami oleh motor tersebut. Motor kopling ini sering terjadi masalah kopling yang kurang responsive, kenapa ini terjadi?

BACA JUGA:  Keuntungan Menggunakan Motor Listrik

Karena tidak responsif maka performa motor akan berkurang, kecepatan motor tidak begitu baik sehingga akan menyebabkan motor begitu lambat. Untuk melakukan servis pada masalah ini adalah dengan mengganti kampas kopling dan rantai kopling.

Mengenal Masalah Motor Kopling

  • Tuas Motor Kopling keras

Masalah motor kopling adalah tuasnya terasa keras. Walau mungkin kondisi kampas kopling cukup bagus, maka ada masalah lainnya. Yakni kondisi tuas kopling yang tidak baik, terasa keras dan tidak enak di gunakan.

Karena jika tuas kopling tidak bagus maka performa motor akan terganggu, sehingga Anda harus memperbaiki terlebih dahulu. Jika sudah memperbaiki tuas kopling maka Anda akan bisa menikmati performanya yang baik.

Penyebab dari tuas kopling yang tidak berfungsi dengan baik adalah karena ada kotoran yang masuk ke slip kopling. Jadi untuk membenarkan masalah ini bisa dengan membersihkannya terlebih dahulu agar bisa kembali bagus.

Penyebab lainya adalah perbahan atau modifikasi kendaraan, sehingga bisa menyebabkan kondisi tuas tidak bisa berfungsi dengan baik. Jika begini, Anda jangan sampai melakukan modifikasi sendiri dengan tidak memenuhi standar.

BACA JUGA:  Perbedaan Ban Tubless Motor dan Ban Biasa

Tetapi, pada saat terjadi kesalahan ini jangan sampai dibenarkan sendiri. Lebih baik bawa kebengkel agar tidak terjadi masalah lainnya. Dengan dibawa ke bengkel maka motor akan mendapatkan performa yang cukup baik.

  • Perawatan untuk motor kopling

Masalah motor kopling memang sering dialami oleh para pemiliki motor kopling, tetapi tidak bisa memperbaiki sendiri. Maka bawalah ke bengkel sehingga motor akan bisa ke performa terbaik. Maka dari itulah jaga selalu motornya.

Tetapi setelah memperbaiki kondisi mesin, maka rawatlah dengan baik agar bisa mendapatkan kondisi terbaiknya. Kondisi terbaik akan memberikan performa kendaraan yang cukup baik juga.

Salah satu yang paling penting diperhatikan oleh para pemiliki kendaraan kopling adalah dengan memilih dan mengganti oli dengan tepat. Jika sudah diganti oli dengan tepat maka motor Anda akan terus terjaga.

Agar kondisi motor terawat maka Anda harus memulai untuk membersihkan motor setiap minimal 1 minggu sekali, selain terlihat bersih Anda juga memperbaiki kondisi motornya, sehingga tidak terjadi masalah motor kopling. (Red-detribpas.com)