cara menghilangkan karat pada rantai motor

Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai Motor

Cara Menghilangkan Karat Pada Rantai Motor, Kendaraan bermotor harus memiliki rantai terutama untuk sepeda motor dan sport. Tidak semua orang tahu tentang rantai. Biasanya pengendara bisa menggunakan sepeda motor sendiri tanpa mengetahui bagian-bagian pentingnya. Ini adalah bagian penting yang harus diperhatikan untuk keselamatan sepeda motor.

Jika Anda menggunakan sepeda motor selama beberapa hari rantai pasti akan kotor dan rantai akan berkarat. Sebagian orang mungkin bingung cara membersihkan rantai motor gan mungkin bertanya-tanya apakah rantai motor bisa dibersihkan.

Tentu rantai yang kotor dapat mengurangi keawetan rantai atau cepat putus. Kotoran pada rantai sepeda motor antara lain debu kotoran grit dan tar. Rantai itu harus dibersihkan agar rantai itu tidak bisa melawan saudara itu.

Anda bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan jembatan rantai. Dibawah ini penulis akan menjelaskan cara membersihkan rantai tanpa harus ke bengkel atau menggunakan alat scaling untuk membersihkannya.

Persiapkan Alat dan Bahan

Wadah berupa mangkuk atau gayung untuk menuangkan pembersih

Kuas digunakan untuk membersihkan bahan pembersih ke rantai

Bensin seperti pertamax atau pertalite yang digunakan untuk perontok kerak dan karat pada rantai motor

Pembersih piring yang akan digunakan untuk pembersih kotoran-kotoran pada rantai

Sikat gigi yang digunakan untuk membersihkan sela-sela rantai

8 Tips Cara Membersihkan Rantai Motor

cara menghilangkan karat pada rantai motor

Cara Membersihkan Rantai Motor Setelah semua alat dan bahan siap mari kita pelajari cara membersihkan rantai motor yang benar dengan informasi dari otomotif.com berikut ini.

Kenali Jenis Rantai

Sebelum Anda dapat mulai membersihkan rantai sepeda motor Anda Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi rantai sepeda motor Anda. Ada dua jenis rantai sepeda motor. Jadi tipe pertama untuk semua motor metal. Yang kedua adalah jenis rantai dengan segel karet di antara sambungan.

Nyatanya tipe rantai penuh lebih mudah dibersihkan daripada rantai dengan packing karet. Hal ini dikarenakan membersihkan rantai dengan rubber packing dapat memotong karet tersebut.

Bersihkan Rantai Ketika Keadaan Motor Hangat

Kehangatan ini menandakan bahwa sepeda motor telah digunakan untuk perjalanan. Tujuannya agar rantai motor siap dibersihkan. Jika alas Anda berada di lantai sebaiknya ditutup kembali dengan koran atau amplas agar lantai tidak kotor.

Saat membersihkan rantai sepeda motor usahakan sepeda motor dalam posisi tegak dengan menggunakan standar tengah pada sepeda motor anda.

Oleskan Bensin pada Permukaan Rantai

Tuang bensin ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Lalu gunakan kuas untuk mengoleskan bensin ke berbagai bagian rantai sepeda motor.

Alasan penggunaan bensin saat membersihkan rantai sepeda motor adalah untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada rantai sepeda motor. Dengan rantai ini lebih baik menggunakan bensin dengan tenaga cepat ya gan hal ini terjadi karena bensin cepat menguap. Jika Anda melumasi rantai dalam waktu lama bensin akan cepat habis tetapi rantai tidak akan benar-benar bersih.

Siapkan Pembersih Piring dan Air

Setelah langkah pertama langkah kedua adalah menuangkan sabun cuci piring dan air ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan rantai penggerak dapat menghilangkan oli secara efektif. Sabun cuci piring ini menghilangkan minyak dan lemak yang terkena larutan minyak bumi. Siapkan sabun cuci piring dan air secukupnya.

Oleskan Laturan Pembersih Piring yang Telah Disiapkan

Cara lain untuk membersihkan rantai sepeda motor adalah dengan menggunakan mesin pencuci piring yang sudah disiapkan dan sapukan sikat pembersih ke seluruh bagian rantai hingga semua kotoran tersapu bersih. Lakukan proses ini hingga rantai benar-benar bersih. Jangan berhenti membersihkan jika belum bersih.

Gunakan Sikat Gigi Untuk Membersihkan Sela Rantai

Bagian tersulit dalam membersihkan rantai motor adalah bagian ujung rantai. Anda harus menggunakan sikat gigi untuk membersihkan sisi rantai. Guys jalankan sikat gigi Anda di antara ritsleting sampai noda benar-benar hilang.

Menunggu Rantai Kering

Tunggu bagian rantai mengering setelah meminyaki bagian rantai. Biarkan rantai mengering dengan sendirinya. Harus sabar gan sambil nunggu rantainya kering.

Semprotkan Chain Lube Secukupnya Untuk Melumasi Rantai

Terakhir cuci rantai dengan pelumas bros. Karena selama proses pembersihan tidak hanya kotoran yang hilang tetapi juga mesin dari rantai tersebut. Jika hanya disemprot tanpa rantai maka pelumas rantai akan mengering.

Anda dapat menggunakan merek Pro-Chain Lube apa saja. Yang terpenting jangan menggunakan oli untuk melumasi rantai. Meskipun minyak pelumas yang baik dapat menyebabkan partikel debu. Gunakan pelumas rantai untuk ini karena debu dapat menempel dengan mudah.