cara agar motor kinclong
cara agar motor kinclong

Inilah Cara Agar Motor Kinclong

Cara Agar Motor Kinclong, Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kita sering mendengar bahwa menjaga kesehatan lebih penting daripada menyembuhkan penyakit. Ungkapan ini sebenarnya bisa diterapkan pada apa saja termasuk bodi motor.

Lebih baik melakukan pencegahan agar motor Anda tidak cepat pudar daripada bersusah payah mengembalikan warna motor yang kusam.

Cara Mencegah Cat Motor Kusam

Cara Mencegah Cat Motor Pudar Di bawah ini ada beberapa tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan agar cat motor kesayangan Anda tidak luntur.

Hindarkan motor dari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari menyerap sinar UV dan paparan yang lama dan berulang dapat menyebabkan cat mesin terkelupas. Jadi carilah tempat teduh yang jauh dari sinar matahari langsung saat memarkir sepeda motor Anda.

Cuci motor setelah terkena hujan

Air hujan mengandung nitrat yang dapat menghitamkan motor kesayangan Anda. Jadi jika motor Anda tidak sengaja terkena hujan usahakan segera cuci dengan air bersih dan keringkan sepenuhnya di bawah sinar matahari. Perhatikan juga bagian-bagian sepeda motor yang rentan terhadap penumpukan air karena penumpukan air hujan yang berkepanjangan di badan sepeda motor dapat menyebabkan karat atau korosi.

Jangan sampai terkena minyak

cara agar motor kinclong

Saat mengisi rem dan cairan lainnya bagian bodi mesin sering kecipratan atau basah oleh oli. Jika hal ini terjadi segera bersihkan bekas oli tersebut dan jangan dibiarkan karena dapat merusak cat motor Anda sehingga membuatnya kusam.

Cuci motor secara rutin

cara agar motor kinclong

Sepeda motor sebagai alat sehari-hari digunakan setiap hari untuk berbagai keperluan. Akibatnya mesin akan mudah kotor akibat terkena debu lumpur genangan air noda oli dan kotoran lainnya. Kotoran-kotoran tersebut akan menyebabkan cat pada undercarriage motor kesayangan anda menjadi pudar dan berkarat.

Untuk menghindari hal tersebut usahakan untuk mencuci sepeda motor secara rutin. Jika Anda tidak memiliki waktu maka Anda dapat meminta bantuan kerabat atau kenalan Anda dan Anda juga dapat memanfaatkan jasa cuci motor yang sudah umum.

Hindari menggunakan detergen

cara agar motor kinclong

Tips pertama adalah hindari penggunaan deterjen. Mungkin deterjen yang ampuh untuk menghilangkan noda membandel dari pakaian. Namun sepertinya menghilangkan noda pada body sepeda motor tidak dianjurkan karena warna cat sepeda motor akan memudar.

Deterjen terutama mengandung senyawa seperti natrium hidroksida (NaOh) asam klorida (HCI) dan kalium hidroksida (KOH) yang dapat memudarkan cat pada kendaraan. Oleh karena itu tidak disarankan untuk menggunakan pembersih bodi mesin.

Gunakan kompon

Cara lain adalah dengan menggunakan compound alat pengkilat mesin yaitu pencuci badan sepeda yang membersihkan sisa-sisa lengket yang tertinggal. Cara menggunakan alat ini adalah dengan mengoleskannya pada area yang berjerawat. Tidak terlalu banyak hanya beberapa.

Keringkan motor setelah dicuci

cara agar motor kinclong

Mengeringkan motor Anda secara teratur setelah dicuci akan membuatnya tetap terlihat berkilau dan indah. Alasan Anda perlu mengeringkan mobil setelah dicuci karena biasanya ada noda air atau sabun pada bodywork mobil yang cenderung meninggalkan bekas pada bodywork mobil. Memberi makan dan mengeringkan bodywork mobil setelah dicuci adalah cara termudah untuk menjaga bodywork kita tetap berkilau.

Sering Mengelap Body Motor

cara agar motor kinclong

Cara membuat body motor yang kusam menjadi kinclong dengan lebih sering membersihkannya. Mudah dilakukan karena dapat diterapkan pada siapa saja dan dimana saja. Apa masalah besar dalam melakukan ini? Sepeda motor yang Anda kendarai setiap hari pasti akan berdebu di jalan.

Jika hal ini dibiarkan lama kelamaan motor anda akan menjadi loyo. Jadi lakukan cara sederhana ini setiap hari untuk menjaga kebersihan motor Anda. Pemilihan kain dalam hal ini tidak boleh sembarangan. Gunakan kain khusus untuk menyeka mesin.

Tentu jika menggunakan kain bekas untuk membersihkan sesuatu percuma karena tidak membantu menghilangkan kotoran itu hanya menambah kotoran. Saat membersihkan bodi motor jangan mengelapnya dengan paksa. Lakukan dengan perlahan dan hati-hati.