10 Kelebihan dan kelemahan pertalite untuk mobil

Kelebihan dan kekurangan pertalite untuk mobil – pada artikel kali ini akan dibahas mengenai kelebihan dan kelemahan pertalite untuk mobil, seperti apa kekurangan dan kelebihannya, simak artikel ini sampai selesai.

Pertamina pertama kali memperkenalkan pertalite pada 24 Juli 2015. Bahan bakar ini memiliki nilai oktan lebih tinggi dibandingkan premium yang memiliki nilai oktan 90.

Bahkan, pertalite diluncurkan sebagai bahan bakar alternatif premium. Pertalite di atas bahan bakar premium, jadi menggunakan pertalite akan lebih baik daripada bahan bakar di bawah.

Pertalite cocok untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 2000 dan dilengkapi dengan mesin kompresi 10:1. Selain itu, pertalite merupakan bahan bakar yang lebih ekologis.

Selain memiliki keunggulan ramah terhadap lingkungan, pertalite memiliki keunggulan lain. Selanjutnya, kita akan membahas Kelebihan dan kekurangan pertalite untuk mobil.

Kelebihan dan kelemahan pertalite untuk mobil

kelemahan pertalite untuk mobil

Baru-baru ini viral tentang pengguaan pertalite yang dianggap kurang efektif bagi kendaraan mobil, namun apakah statement tersebut sepenuhnya benar ? di bawah ini penjelasan lengkap kelebihan dan kelemahan pertalite untuk mobil dan motor.

Kelebihan pertalite untuk motor dan mobil

  • Memiliki nilai oktan 90, sehingga kendaraan yang menggunakan bahan bakar pertalite dapat menstabilkan ketukan untuk pembakaran mesin yang lebih optimal.
  • Harganya lebih murah dibandingkan BBM Pertamax.
  • Mudah didapat, karena Pertamax tersedia di SPBU bahkan di Pertamina.
  • Tidak memiliki kandungan timbal, namun memiliki kandungan sulfur sebesar 0,05% atau setara dengan 500 ppm.
  • Ini memiliki warna yang lebih terang.
  • Adanya penambahan aditif, agar mampu menempuh jarak yang lebih jauh, memaksimalkan kualitas dan harga yang terjangkau.

Setelah membahas kelebihan pertalite, bahan bakar pertalite juga memiliki kelemahan. Selanjutnya kita akan membahas Pertalite Fuel Hunger.

BACA JUGA :  Inilah Cara Agar Motor Kinclong

Kekurangan pertalite untuk mobil dan motor

kelemahan pertalite untuk mobil

Seperti yang kita bicarakan di awal bahwa setiap sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan begitupun juga masalah pertalite ini, sudah kita bahas kelebihannya dan sekarang kita uraikan kelemahan pertalite untuk mobil.

  • Bahan bakar Pertalite direkomendasikan untuk kendaraan dengan mesin cc rendah atau kurang dari 125cc. Oleh karena itu kendaraan dengan mesin cc tinggi sebaiknya tidak menggunakan bahan bakar pertalite untuk menjaga performa mesin tetap baik.
  • Menyebabkan benturan atau rasa geli saat dikonsumsi pada kendaraan dengan mesin lebih besar dari 125cc.
  • Menggunakan pertalite sebenarnya lebih mahal karena jarak tempuh per liternya sekitar 20% lebih rendah dibandingkan bahan bakar lain yang memiliki nilai oktan lebih tinggi.
  • Apabila digunakan pada mobil atau motor yang diharuskan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dapat mengurangi umur mesin dan menyebabkan kerusakan seperti piston, lengan piston, dan sejenisnya.
  • Padahal, penggunaan bahan bakar pertalite akan merugikan, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu lama karena biaya perawatan kendaraan lebih tinggi.

Jadi apa yang akan Anda katakan setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan pertalite? Masih bingung menentukan bahan bakar yang tepat untuk kendaraan Anda?

Namun, jika Anda sudah menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, sebaiknya jangan menurunkan angka oktan bahan bakar kendaraan Anda. Penurunan angka oktan bahan bakar akan merusak komponen mesin kendaraan.

Menggunakan bahan bakar yang salah berdampak buruk pada mesin. Itu sebabnya Anda tidak membuat keputusan yang salah.

Cukup sekian informasi detribpas.com kali ini, semoga informasi kelebihan dan kelemahan Pertalite untuk mobil diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi.

Gimana guys ? sudah jelaskan penjelasannya, jika kurang jelas kalian bisa cantumkan komentar kalian di bawah agar bisa kami jelaskan secara mendetai yang kalian inginkan.