5 Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Disentuh, Touch Screen Error

cara mengatasi iphone tidak bisa disentuh

Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Disentuh – Layar sentuh iPhone yang rusak atau tidak bisa disentuh bisa disebabkan oleh banyak hal.

Hal ini tentunya sangat mengganggu aktivitas pengguna. Banyak pengguna iPhone memiliki masalah yang sama, yaitu layar sentuh yang tidak responsif bahkan tidak bisa disentuh.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Disentuh

Saat menghadapi berbagai masalah pada Iphone bisa dikatakan sulit atau mudah tergantung dari masalah yang terjadi.

Bahkan bisa dibilang tidak ada solusi yang benar-benar bisa menyelesaikan masalah dengan sempurna.

Penyebab Layar iPhone Tidak Responsif

cara mengatasi iphone tidak bisa disentuh

Pernah atau sering jatuh

Alasan utama mengapa layar sentuh menjadi tidak responsif adalah karena telah dijatuhkan atau dijatuhkan beberapa kali.

Jika kerusakan terjadi karena iPhone Anda terjatuh, kemungkinan besar perangkat kerasnya rusak.

Ada beberapa aplikasi yang saat dijalankan layarnya tidak berfungsi atau bahkan layar mati tanpa bisa merespon apapun.

Faktor aplikasi

Anda dapat menonaktifkan fitur tertentu dari aplikasi yang terinstal sehingga aplikasi berhenti bekerja dan dapat menyebabkan kesalahan pada aplikasi.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat membuka layar beranda dan mencoba memulai ulang iPhone Anda. Jika itu tidak membantu, hapus instalan aplikasi yang dimaksud dan instal ulang.

Jika itu juga tidak membantu, Anda dapat mencoba mematikan Wi-Fi atau data seluler dan mencoba menggunakan aplikasi tersebut.

Ini bagus untuk aplikasi yang tidak memerlukan internet, tetapi jika aplikasi yang menyebabkan masalah layar memerlukan internet, satu-satunya langkah yang diharapkan adalah menghubungi pengembang, menjelaskan masalahnya, dan meminta mereka untuk memperbaikinya.

Ketika beberapa masalah terjadi pada aplikasi yang digunakan, Anda dapat menghubungi pembuat aplikasi untuk menanyakan masalah apa yang terjadi pada aplikasi tersebut. Anda akan menemukan tautan ke situs web pengembang. Ketuk dan hubungi mereka menggunakan halaman Hubungi Kami di situs web.

Saat Anda menemukan aplikasi yang membuat layar tidak dapat disentuh atau kurang responsif, Anda dapat menghapus aplikasi tersebut atau bahkan menggantinya dengan aplikasi yang lebih baik.

Jika iPhone Anda bermasalah, membantingnya bukanlah solusi terbaik, terutama masalah layar sentuh yang disebabkan oleh banyak aplikasi. Akan ada beberapa cara untuk memperbaikinya.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Disentuh

cara mengatasi iphone tidak bisa disentuh

Pastikan iPhone Anda tidak basah. Jika menurut Anda perangkat Anda berada di bawah air atau hujan dalam waktu lama, segera keringkan.

  • Pertama, coba bersihkan layar sentuh dengan kain kering. Bahkan jika mulai berhenti merespons, pasang dan matikan telepon Anda.
  • Ubah ketika Anda yakin itu bisa kering. Catatan: Jangan pernah menyambungkan iPhone yang basah (atau perangkat lainnya) ke pengisi daya, komputer, atau sumber daya eksternal lainnya.

Mulai ulang iphone

Saat layar Iphone tidak bisa disentuh, anda bisa mereset Iphone anda. Setelah me-restart ponsel, pastikan layar sentuh iPhone Anda berfungsi normal kembali.

Menyelesaikan? Belum, karena masih ada beberapa langkah lagi agar error tidak terjadi lagi. Langkah-langkah berikut harus dilakukan setelah reboot:

  • Hapus semua aplikasi yang tidak Anda perlukan atau sudah lama tidak digunakan. Langkah ini tidak hanya membebaskan memori tetapi juga membuat iPhone berjalan lebih baik. Begini caranya: tekan lama aplikasi yang ingin Anda hapus > pilih tombol “X” > Hapus
  • Dengan memperbarui aplikasi dengan pembaruan terbaru. Jika aplikasi belum diperbarui pada tingkat perangkat lunak, aplikasi tersebut mungkin menghabiskan baterai berlebih dan kinerja iPhone mungkin menurun.
  • Caranya: Buka App Store > Perbarui > Perbarui Semua. Atau Anda juga dapat mengatur pengaturan pembaruan otomatis.
  • Selalu perbarui perangkat lunak dengan memeriksa apakah ada versi iOS yang lebih baru di iPhone Anda.
  • Bersihkan iPhone secara teratur dari file sampah dan sembunyikan agar perangkat tetap berjalan dengan lancar.

Hard reset iphone

Jika langkah soft reset di atas tidak berhasil, Anda bisa menggunakan cara selanjutnya yaitu hard reset pada iPhone atau mengembalikan perangkat ke pengaturan awal. Dan kembali ke mode pemulihan.

Lakukan reset pabrik

cara mengatasi iphone tidak bisa disentuh

Penyebab layar sentuh rusak seperti tidak bisa disentuh atau tidak responsif, bisa juga karena sistem operasi yang bermasalah. Jika ini terjadi, Anda perlu melakukan reset pabrik pada iPhone.

Penyebab lain juga karena virus masuk ke sistem operasi iPhone dari berbagai aplikasi yang terinstal atau ada masalah dengan perangkat lunak.

Dengan melakukan reset pabrik, semua sistem operasi dan perangkat lunak di iPhone Anda akan kembali seperti baru.

Saat melakukan hard reset, Anda harus mencadangkan data Anda terlebih dahulu, termasuk foto, kontak, musik, SMS, dan file lain yang tidak termasuk dalam memori eksternal.

Oleh karena itu, selalu disarankan untuk mencadangkan data Anda agar file penting Anda dapat dicadangkan.

Metode DFU

Metode DFU digunakan sebagai upaya terakhir ketika semua metode telah dicoba, tetapi metode ini tidak disarankan. Jika Anda masih ingin menggunakan metode DFU untuk melewati ini, berikut cara melakukannya:

DFU adalah singkatan dari Pembaruan Firmware Perangkat. Caranya adalah langkah terakhir dari perbaikan Iphone.

Jika iPhone Anda masih mengalami masalah layar sentuh setelah mencoba mode DFU, maka Anda dapat yakin bahwa itu adalah masalah terkait perangkat keras.

DFU sepenuhnya menghapus perangkat di iPhone saat menginstal ulang semua perangkat lunak iPhone. Semua data Anda akan hilang.

Saat Anda melakukan DFU, pastikan data Anda telah dicadangkan agar tidak hilang.

Tingkatkan/turunkan versi ios

cara mengatasi iphone tidak bisa disentuh

Penyebab layar iPhone tidak responsif mungkin karena iOS pada iPhone Anda. Jika masalah terjadi setelah pembaruan iOS, Anda harus melalui proses penurunan versi iOS.

Setelah selesai dengan downgrade, Anda harus menunggu pembaruan iOS berikutnya. Anda dapat menelusuri berbagai forum online untuk melihat apakah pengguna lain memiliki masalah yang sama.

Nonaktifkan di malam hari

Jika proses reset masih belum menyelesaikan masalah, Anda bisa mencoba mematikan iPhone semalaman. Pastikan saat iPhone dimatikan, Anda tidak melakukan apa pun di iPhone Anda. biarlah.

Mematikan iPhone membuat sistem iPhone beristirahat dan berhenti bekerja untuk jangka waktu tertentu. Meski peluangnya kecil, tidak ada salahnya mencoba.

Cara mengatasi layar iPhone tidak bisa disentuh, lakukan kalibrasi layar perangkat. Selain masalah perangkat keras, layar sentuh yang tidak berfungsi atau kesalahan dapat disebabkan oleh pengaturan smartphone yang salah. Ini bisa disebabkan oleh virus atau kesalahan perangkat lunak.

Perlu dicatat bahwa melakukan ini dimaksudkan untuk membuat layar ponsel cerdas Anda berfungsi, tetapi tidak tepat.

Untuk cara mengatasi iphone tidak bisa disentuh, kita dapat mereboot perangkat kalibrasi kemudian melakukan pengaturan kalibrasi secara manual.

Mengganti layar sentuh dengan yang baru

Jika langkah-langkah di atas tidak ada yang berhasil memperbaiki masalah pada layar sentuh, dapat dipastikan beberapa komponen layar sentuh rusak dan perlu diganti dengan yang baru.

Demikian ulasan tentang cara mengatasi iphone tidak bisa disentuh, Semoga Bermanfaat

You May Also Like