Trik Membuat Motor Irit Bahan Bakar Untuk Semua Tipe

Trik Membuat Motor Irit Bahan Bakar untuk Semua Tipe

detribpas.com – Sepeda motor keluaran terbaru umumnya dikenal sebagai motor irit bahan bakar, karena motor terbaru sudah dilengkapi fitur injeksi. Semakin hari harga bahan bakar semakin tinggi, yang membuat banyak pengendara terbebani. Jika motor irit, tentu manfaatnya banyak.

Semakin irit konsumsi BBM motor tersebut, tentu pengendara semakin nyaman memakainya. Irit atau tidaknya konsumsi bahan bakar pada kendaraan sebenarnya tergantung pada cara perawatan dan pemakaiannya.

Walapun CC motor Anda besar, tetapi jika paham cara pemakaian yang benar, konsumsi bahan bakarnya pasti hemat. Motor irit bahan bakar tidak hanya menyelamatkan isi kantong anda, tetapi juga memperpanjang usia mesin.

Trik Mudah Membuat Motor Irit Bahan Bakar

Jika sepeda motor baru, tidak perlu khawatir soal konsumsi BBMnya karena pasti irit. Untuk membuat motor lama semakin irit, Anda tidak perlu mengganti banyak komponen pada motor tersebut. Ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan, diantaranya sebagai berikut.

BACA JUGA:  Trik Rahasia PUBG Mobile, untuk Mendapat Gelar Winner Chicken Dinner

Trik Membuat Motor Irit Bahan Bakar Untuk Semua Tipe

  1. Pilih Jenis Bahan Bakar dengan Oktan yang Tepat

Hal pertama yang harus dilakukan agar motor irit bahan bakar adalah selalu menggunakan jenis bahan bakar yang oktannya tepat. Setiap mesin motor memiliki kebutuhan khusus terkait oktan tersebut. Semakin baik kualitas bahan bakar, akan membuat mesin semakin terjaga.

Bukan berarti oktan tinggi yang terbaik, karena bisa saja tidak cocok dengan mesin motor anda. Jadi jika biasanya motor menggunakan pertamax, usahakan tetap gunakan pertamax. Tetapi jika motor hanya butuhnya pertalite, tidak perlu memaksa dengan menggunakan pertamax.

  1. Lakukan Pergantian Oli Secara Berkala

Kualitas oli juga memiliki pengaruh besar terhadap boros tidaknya sepada motor. Jika Anda jarang ganti oli atau memilih oli secara sembarangan, efeknya juga membuat motor semakin boros bahan bakar. Untuk itu, pastikan rutin mengganti oli sepada motor anda.

Oli yang kotor akan membuat kinerja mesin semakin berat dan mudah panas. Motor irit bahan bakar selalu memiliki oli yang bagus, dan perawatan yang teratur. Hal sederhana ini tidak boleh diabaikan, karena dapat memperpendek umur kendaraan.

  1. Pastikan Tekanan Ban Tidak Kurang

Hal lain yang penting diperhatikan semua pengendara adalah jangan pernah paksa jalan kendaraan ketika tekanan bannya kurang. Ban yang kekurangan angin membuat beban motor semakin berat. Akibatnya mesin juga harus bekerja semakin ekstra.

BACA JUGA:  Trik Pemula Mobile Legends, Jangan Langsung Main Ranked

Semakin banyak tenaga yang dibutuhkan mesin membuat konsumsi bahan bakar semakin meningkat. Jadi tips penting untuk membuat motor irit bahan bakar adalah jangan pernah memaksanya ketika tekanan angin kurang.

Trik Membuat Motor Irit Bahan Bakar Untuk Semua Tipe

  1. Kurangi Pengereman yang Tidak Perlu

Pada saat melakukan pengereman, konsumsi bahan bakar pada kendaraan akan meningkat. Terlalu sering mengerem membuat energi yang sudah dihasilkan mesin jadi terbuang sia – sia. Untuk membuat motor irit bahan bakar, penting untuk mengerem secara efektif.

Jika tidak diperlukan, lebih baik perlambat laju kendaraan dengan menurunkan gas, karena hal ini membuat putaran roda tetap stabil. Walaupun tampak sepele, tetapi jika Anda terlalu sering mengerem, ketika melaju kembali akan membuat konsumsi bahan bakar meningkat.

  1. Pahami Cara Berkendara Di Belokan

Cara berkendara juga memiliki pengaruh besar terhadap konsumsi bahan bakar. Dalam melewati belokan misalnya, teknik yang tepat dapat membuat motor irit bahan bakar. Ketika melewati belokan, sebaiknya ambil sudut luar belokan tersebut.

BACA JUGA:  Komandan Rise of Kingdom yang Harus Dimiliki Biar GG

Tujuannya adalah untuk membuat maneuver motor lebih alami dan menghemat konsumsi bahan bakar. Jika Anda mengambil belokan terlalu dalam, hal ini membuat mesin harus bekerja lebih ekstra, sehingga konsumsi BBMnya jadi meningkat.

  1. Pilih Busi Terbaik Untuk Motor

Peran busi juga cukup besar dalam menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan anda. karena tugas utama busi adalah sebagai pemantik atau pemicu proses pembakaran. Ketika kondisi busi tidak lagi bagus, maka kemampuan pembakarannya akan berkurang.

Hal ini dapat membuat banyak bahan bakar yang terbuang sia – sia. Jadi ketika busi motor sudah berusia, lebih baik ganti dengan yang baru. Busi berkualitas dapat membuat kenyamanan berkendara meningkat serta membuat motor semakin irit.

Motor yang usianya lebih dari 5 tahun, konsumsi bahan bakarnya biasanya meningkat. Setiap pengendara perlu meningkatkan perawatan dan menerapkan teknik yang tepat, agar motor irit bahan bakar dan usianya semakin panjang. (Red-detribpas.com)