Cara Pakai Fitur NFC Smartphone, Tidak Sulit Kok

Cara Pakai Fitur NFC Smartphone, Tidak Sulit Kok

detribpas.com – Saat ini, fitur NFC smartphone memang sudah banyak diaplikasikan pada banyak vendor HP belakangan mulai dari Google, Samsung, Xiaomi, Oppo dan masih banyak lagi. Hal tersebut ternyata bukan tanpa alasan karena keberadaannya sendiri akan memberikan banyak manfaat.

Mulai memberikan kemudahan untuk kebutuhan transaksi keuangan hingga melakukan transfer data atau file jauh lebih mudah berkat adanya teknologi satu ini. Terlebih lagi, keberadaannya bukan hanya bisa ditemukan pada handphone flagship saja, tetapi perangkat dengan harga terjangkau juga sudah menyematkan teknologi tersebut didalamnya.

Walaupun fitur NFC smartphone sudah banyak diterapkan, tetapi ternyata tidak banyak orang memahami betul apa sebenarnya fungsi dan kelebihan yang ditawarkan tersebut? untuk memahaminya lebih lanjut, maka kami sudah menyiapkan informasi pentingnya hanya untuk Anda dibawah.

Cara Menggunakan Fitur NFC Smartphone

Istilah satu ini memang sedang viral belakangan, tetapi apakah Anda sudah paham apa sebetulnya fitur NFC smartphone tersebut? Itulah mengapa, kami akan memberikan informasi pentingnya agar Anda semakin memahaminya lebih jauh.

BACA JUGA:  Tips Merawat Iphone Lama agar Tetap Awet dan Tangguh

Cara Pakai Fitur NFC Smartphone, Tidak Sulit Kok

NFC atau Near-field communication merupakan sebuah fitur komunikasi nirkabel yang pertama kali diciptakan dan dipatenkan oleh Charles Walton di tahun 1983 silam. Secara singkat, NFC sendiri merupakan fitur protocol komunikasi jarak pendek. Dimana nantinya mampu membuat dua alat elektronik saling terhubung sekaligus bisa bertukar informasi.

Teknologi tersebut dikembangkan dari RFID alias radio frequency identification. Antena yang digunakan didalamnya jauh lebih pendek dibandingkan dengan gelombang sinyal operator. Adapun tujuannya adalah buat mencegah adanya intervensi.

Adapun fitur NFC smartphone yang pertama kali ada adalah Samsung Nexus S dimana dirilis pada tahun 2010 lalu. Namun saat ini, keberadaannya sudah terinstal di ponsel dengan keluaran terbaru. Itulah sebabnya, Anda bisa dengan mudah menikmati keberadaan layanan tersebut. Lantas bagaimanakah cara menggunakannya? Berikut cara mengaktifkannya di ponsel anda.

  1. Masuk ke menu settings atau pengaturan pada ponsel
  2. Pilih pengaturan lainnya dan temukan pilihan menu NFC
  3. Namun pada beberapa ponsel ternyata teknologi tersebut berada di Networks
  4. Masuk ke bagian share dan connect
  5. Aktifkan fiturya hanya dengan menggeser ke posisi on
BACA JUGA:  Tips Hemat Belanja Online di E-Commerce

Cara menggunakannya sendiri sebenarnya akan tergantung pada perangkat yang dimiliki maisng-masing. Sebagai contohnya, apabila ingin menggunakannya sebagai e-money, maka dapat langsung ditempelkannya ke bagian belakang HP maka secara otomatis akan langsung terdeteksi.

Fungsi NFC yang Perlu Diketahui

Tak bisa dipungkiri apabila keberadaan fitur NFC smartphone mempunyai perang yang cukup penting bukan? terlebih lagi semakin banyaknya ponsel sudah support dengan harga terjangkau, dijamin siapapun bisa menikmatinya.

Cara Pakai Fitur NFC Smartphone, Tidak Sulit Kok

  1. Mampu Menghubungkan HP Ke Perangkat Lainnya

Secara umum, fungsi fitur NFC smartphone utama adalah menghubungkan dua perangkat dengan menggunakan dua arah sekaligus menerima ataupun mengirimkan informasi. Adapun koneksinya sendiri akan tergantung kepada jaringan LTE ataupun Wifi.

Itu berbanding terbalik dengan Bluetooth dimana harus melakukan pairing dahulu untuk bisa menyambungkannya. Namun dengan NFC, pengguna hanya perlu menempelkan perangkat saja.

  1. Digunakan Untuk Transfer File

Adapun fungsi berikutnya yakni digunakan buat melakukan transfer file antar perangkat. Sama seperti dengan sebelumnya, untuk melakukan transfer file sendiri cukup dengan menempelkan kedua smartphone saja. Disinilah pengguna bisa mengirimkan gambar, video, dokumen, nomor telefon dan masih banyak lagi.

  1. Pembayaran Cashless

Seringkali seseorang memang malas untuk membawa uang cash bukan? nah jangan khawatir karena ternyata keberadaan fitur tersebut seakan menjadi solusi paling tepat buat anda. Sebab dengan NFC, maka pengguna bisa melakukan pembayaran secara cashless alias non tunai.

BACA JUGA:  Tips Menghemat Baterai Android agar Bertahan Seharian

Akses Informasi Smart Card

Selain fungsi-fungsi diatas, sebenarnya masih ada lagi fungsi dari kehadiran teknologi satu ini yakni sebagai akses ke smart card. Dengan begitu, dijamin akan mendapatkan pengalaman menarik dan berbeda.

Nantinya pengguna bisa langsung mengecek ataupun mengisi saldo untuk e-money ataupun kartu e-toll hanya dengan menggunakan fitur tersebut. Caranya juga cukup mudah dan praktis yakni hanya dengan menempelkan bagian belakang smartphone.

Bukan hanya itu saja, berkat keberadaan teknologi inilah, pengguna diberikan kebebasan untuk menandai lokasi tertentu. Keberadaan fitur NFC smartphone inipun memang sangat penting karena akan mempermudah kegiatan Anda. (Red-detribpas.com)