Tips Mengamankan Laptop Dari Potensi Pencurian Data

Tips Mengamankan Laptop dari Potensi Pencurian Data

detribpas.com – Salah satu hal penting yang harus Anda pahami adalah tips mengamankan laptop khususnya dari pencurian data. Sebab saat ini, pencurian data dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Sebagai gadget untuk melakukan pekerjaan, laptop pasti penuh dengan data penting. Mulai dari data pribadi, data keluarga ataupun data perusahaan biasanya disimpan di dalam laptop.

Oleh karena itu banyak penjahat cyber yang berniat untuk mencuri data tersebut. Tindakan pencurian data bisa dilakukan melalui berbagai hal. Sayangnya terkadang pemilik laptop bahkan tidak mengetahui datanya telah dicuri.

Maka sangat penting bagi setiap pemilik laptop untuk melakukan tindakan pencegahan pencurian data. Salah satunya adalah dengan meningkatkan keamanan laptop melalui beberapa tips di dalam artikel ini.

Tips Mengamankan Laptop dari Pencurian Data

Data yang dicuri dari sebuah laptop bisa dimanfaatkan oleh pencuri tersebut untuk berbagai keperluan jahat. Mulai dari melakukan penipuan, penjualan data hingga berbagai tindakan kriminal lainnya.

BACA JUGA:  Tips Merawat Iphone Lama agar Tetap Awet dan Tangguh

Satu kali saja data Anda telah berhasil tercuri, maka sangat sulit untuk menanganinya. Karena itulah Anda perlu menggunakan tips mengamankan laptop berikut agar bisa mencegahnya.

Tips Mengamankan Laptop Dari Potensi Pencurian Data

  1. Jangan Sembarangan Terkoneksi WiFi

Salah satu cara bagi pencuri untuk mengakses laptop Anda adalah melalui jaringan WiFi. Oleh karena itu sangat penting untuk berhati-hati ketika hendak menghubungkan laptop dengan WiFi umum.

Tips mengamankan laptop ketika terhubung dengan WiFi umum adalah menggunakan VPN. Sebab dengan VPN, jaringan WiFi umum tersebut tidak akan dapat langsung mengakses laptop Anda.

Sehingga potensi terjadinya tindakan kriminal berupa pencurian data melalui WiFi umum akan lebih kecil. Anda juga akan lebih tenang dari berbagai potensi masalah lain seperti virus dan ransomware.

  1. Gunakan Aplikasi Resmi

Banyak pemilik laptop yang menggunakan aplikasi bajakan untuk melakukan berbagai kegiatan. Padahal aplikasi bajakan ini sangat rentan dengan masalah mulai dari virus, ransomware hingga akses untuk mencuri data.

Oleh karena itu sebaiknya Anda menggunakan aplikasi resmi untuk menghindari potensi masalah tersebut. Apalagi jika aplikasi tersebut akan cukup sering untuk Anda gunakan dalam melakukan berbagai kegiatan.

BACA JUGA:  Menang Games Resident Evil Village PS4 dengan Trik Berikut ini

Namun memang untuk menggunakan aplikasi resmi, Anda harus membelinya terlebih dahulu. Karena itu tips mengamankan laptop jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang adalah menggunakan aplikasi open source.

Aplikasi open source merupakan aplikasi yang bisa diakses secara gratis. Sehingga Anda tidak perlu takut terhadap potensi masalah seperti pencurian data dan juga tidak perlu mengeluarkan uang tambahan.

  1. Rutin Melakukan Update Sistem Operasi

Tips mengamankan laptop selanjutnya adalah rutin melakukan update sistem operasi. Sebab di dalam update tersebut, developer biasanya juga memberikan pembaruan sistem keamanan. Sehingga keamanan laptop Anda lebih terjamin.

Oleh karena itu juga, pastikan Anda menggunakan sistem operasi yang masih mendapat dukungan dari pengembang. Sebab beberapa jenis sistem operasi sudah tidak mendapatkan update keamanan sehinggalebih rentan.

Agar Anda tidak perlu melakukan update secara manual, Anda bisa mengaktifkan fitur update otomatis. Sehingga ketika update sudah tersedia, laptop Anda akan langsung memasangnya tanpa perlu menunggu lama.

Tips Mengamankan Laptop Dari Potensi Pencurian Data

  1. Jangan Tinggalkan Laptop dalam Keadaan Tidak Terkunci

Ketika sedang bekerja menggunakan laptop, mungkin Anda harus pergi meninggalkannya sebentar seperti untuk ke kamar mandi. Namun karena terlalu percaya pada lingkungan, banyak orang membiarkan laptop terbuka saat ditinggal.

BACA JUGA:  Tips Merawat Gadget Lama agar Terlihat Seperti Baru Lagi

Apalagi dengan anggapan bahwa laptop tidak ditinggal dalam waktu yang lama. Tips mengamankan laptopdari kami adalah selalu kunci laptop meski Anda meninggalkannya hanya untuk beberapa menit.

Dengan begitu kemungkinan adanya orang asing yang mengakses laptop Anda akan semakin kecil. Maka seluruh data yang ada di dalam laptop akan aman dari potensi pencurian.

  1. Gunakan BitLocker

Proses pencurian data bisa terjadi dengan adanya orang yang mengambil laptop. Untuk mencegah data di dalam laptop berhasil tercuri, Anda bisa menggunakan BitLocker sebagai pengaman folder.

Tips mengamankan laptop ini akan membuat seluruh drive dan folder tidak bisa diakses tanpa memasukkan password terlebih dahulu. Sehingga meski laptop hilang, Anda tidak perlu khawatir terhadap data di dalamnya.

Data yang ada di dalam laptop bisa bernilai sangat penting. Karena data tersebut bisa berisi informasi pribadi, keluarga ataupun data strategi dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Oleh karena itu Anda harus melindungi data tersebut dari potensi pencurian. Dengan tips mengamankan laptop di atas, Anda bisa melakukan pencegahan terhadap tindakan pencurian data. (Red-detribpas.com)