Trik Merawat Ban Motor Jaminan Awet Meski Rutin Dipakai

Trik Merawat Ban Motor Jaminan Awet Meski Rutin Dipakai

detribpas.com – Trik merawat ban motor penting diketahui semua pengendara, karena ban merupakan komponen utama dalam sepeda motor. Ketika kondisi ban tidak maksimal, kenyamanan berkendara bisa terganggu bahkan bisa juga membahayakan perjalanan.

Ketika ban sudah mengalami kebotakan misalnya, Anda harus segera menggantinya. Harus dipilih ban yang tepat, agar mampu menghadapi segala medan, serta membuat performa motor semakin maksimal. Di musim hujan, ban yang botak sangat berbahaya jika dipakai.

Biasanya ban berkualitas tahan hingga bertahun – tahun. Jika Anda paham trik merawat ban motor tersebut, maka daya tahannya bisa semakin lama. Cara perawatan dan pemakaian menentukan usia ban sepeda motor anda.

Penggemar otomotif pasti tahu bahwa penting memperhatikan kondisi ban secara penuh. Abai terhadap hal – hal penting tersebut, sangat berbahaya. Untuk itu, sebelum membawa sepada motor anda, pastikan kondisinya prima.

Trik Merawat Ban Motor Untuk Memperpanjang Usianya

Merawat ban motor sebenarnya mudah, hanya saja banyak pengendara mengabaikannya. Semakin rutin motor dipakai, maka kondisi ban harus selalu dicek. Berikut ini trik yang bisa diterapkan untuk membuat usia ban semakin awet.

BACA JUGA:  Trik Bermain Call of Duty Online, Dijamin Anda akan Menang

Trik Merawat Ban Motor Jaminan Awet Meski Rutin Dipakai

  1. Selalu Gunakan Ban yang Sesuai Ukuran

Untuk memastikan ban motor Anda tetap awat, salah satu trik merawat ban motor yang bisa Anda terapkan adalah pastikan menggunakan ban yang sesuai. Banyak pengendara mengganti ukuran ban ketika melakukan modifikasi.

Hal ini cukup berpengaruh terhadap potensi kerusakan pada ban tersebut. Saat membeli ban baru, sebaiknya Anda memilih ban yang sesuai dengan standar, sehingga ketika dipakai fungsinya jadi maksimal. Potensi kerusakan bisa dihindari meski pemakaian intens.

  1. Hindari Membawa Beban Berlebih

Trik merawat ban motor yang juga tidak boleh dilewatkan adalah pastikan hindari membawa beban berlebih. Setiap ban memiliki batas maksimum dalam mengangkut beban. Jika Anda memaksa ban tersebut membawa beban berat, usianya pasti pendek.

Selain berpotensi membuat ban pecah, velg motor Anda juga bisa terkena dampaknya. Untuk itu, pastikan tidak membawa beban melebihi bobot maksimum dari ban tersebut. Jika badan Anda tergolong besar, pilih ban dengan daya angkut lebih kuat.

  1. Hindari Memarkir Motor Terlalu Lama di Bawah Terik

Ada beberapa kebiasaan pemilik kendaraan yang membuat usia ban semakin pendek, salah satunya dalam hal memarkir. Trik merawat ban motor yang penting dipahami adalah hindari memarikir kendaraan Anda berlama – lama di bawah terik matahari.

BACA JUGA:  Trik Edit Foto Tanpa Aplikasi di Hp Android

Ketika ban dijemur di bawah terik matahari, karet ban tersebut bisa memuai. Akibatnya kemampuannya dalam mencegah bocor bisa berkurang. Meskipun ban baru diganti, akan mudah rusak jika dijemur terus menerus di bawah panas matahari.

  1. Bersihkan Ban Setelah Kembali Ke Rumah

Ketika mencuci sepeda motor, banyak orang mengabaikan ban tersebut, karena menganggan ban sejatinya kotor. Padahal, ban tersebut juga perlu rutin dibersihkan. Trik merawat ban motor yang banyak diterapkan ahli otomotif adalah rajin membersihkannya.

Setelah Anda membeli ke rumah, bersihkan kotoran pada ban menggunakan sikat. Hal ini akan membuat debu atau kerikil tajam terbebas dari ban tersebut. Kotoran pasir yang menempel pada ban dapat membuat ban cepat bocor, jadi penting terus dibersihkan.

BACA JUGA:  Tips Membeli Laptop Terbaik Untuk Kebutuhan Mahasiswa

Trik Merawat Ban Motor Jaminan Awet Meski Rutin Dipakai

  1. Buat Tekanan Udara yang Sesuai

Ban akan semakin awet jika tekanan udaranya tepat sesuai kebutuhan ban motor anda. Biasanya setiap pabrik sudah mencantumkan jumlah minimum dan maksimum tekanan udaranya. Sebaiknya trik merawat ban motor tersebut dipatuhi untuk memastikan daya tahannya.

Sebisa mungkin, gunakan juga hydrogen ketika mengisi angin, karena hydrogen minim kandungan air, yang membuat ban semakin awet.

  1. Jangan Terlalu Sering Rem Mendadak

Cara berkendara juga mempengaruhi usia ban sepeda motor. Jika cara berkendara Anda baik dan tidak ugal – ugalan, biasanya daya tahan ban semakin baik. Kebisaan seperti rem mendadak dapat membuat ban cepat aus.

Lebih baik berkendara secara hati – hati dan melakukan pengereman secara benar, agar kondisi ban tetap bagus dan tahan lama. Walaupun motor tersebut jarang dibawa untuk perjalanan jauh, penting rutin mengecek kondisinya.

Semakin telaten Anda merawat semua komponen pada sepeda motor, maka performanya akan semakin baik. Perawatan pada ban juga penting dilakukan, agar kualitaskan tetap kokoh dan kuat. Dengan menerapkan trik merawat ban motor tersebut, dijamin dapat memperpanjang usia ban Anda. (Red-detribpas.com)