class="cfmonitor">
5 Tips Membeli Hp Bekas, Dijamin Berkualitas

5 Cara Membeli HP Bekas, Dijamin Berkualitas

detribpas.com – Membeli HP bekas adalah solusi untuk memperoleh ponsel dengan harga lebih murah. Meskipun barang bekas pakai, apabila dipilih dengan baik maka kualitas tetap terjaga.

Oleh karena itu sebelum melakukan pembelian HP bekas, sebaiknya melakukan survey terlebih dahulu. Pastikan ponsel yang akan dibeli masih memiliki kualitas terbaik.

Dengan memastikan bahwa barang yang akan dibeli memiliki kualitas terbaik, maka pembeli tidak akan kecewa. Karena tidak semua barang bekas pakai itu memiliki kondisi buruk.

Meskipun pada beberapa kasus itu mungkin saja terjadi. Akan tetapi, jika memilih dengan hati-hati hal itu tidak akan terjadi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa memperoleh ponsel kualitas terbaik.

Cara Membeli HP Bekas agar Mendapatkan Kualitas Terbaik

Cara yang bisa diambil sebagai upaya untuk meraih ponsel terbaik salah satunya dengan memperhatikan penjualnya. Pastikan penjualnya memiliki riwayat yang baik. Dalam artian jangan sampai salah memilih penjual.

BACA JUGA:  Cara Menggunakan Kamera DSLR, Pemula Wajib Tahu

Untuk memastikan bagaimana kualitas penjual, bisa dilihat berdasarkan review pelanggan sebelumnya. Akan lebih baik lagi jika memilih penjual atau pemilik konter yang sudah dikenal, dengan begitu tingkat kepercayaannya akan meningkat.

Selain itu, masih ada banyak cara membeli HP bekas supaya bisa mendapatkan kualitas terbaik. Lebih lengkap, simak uraian dibawah ini.

5 Tips Membeli Hp Bekas, Dijamin Berkualitas

  1. Tentukan Jenis Hp Yang Diinginkan

Cara pertama yakni dengan menentukan jenis HP yang diinginkan. Dalam membeli ponsel, ada banyak jenis dan tipe. Agar tidak terhasut oleh model dan tipe lain, sebaiknya tentukan sebelum pergi membeli.

Dengan menentukan jenis ponsel yang diinginkan, maka dengan begitu ketika membeli HP bekas tidak akan kebingungan ketika ditawarkan berbagai merk lain yang katanya lebih berkualitas.

  1. Mengetahui Harga Pasar

Setelah menentukan HP, cara membeli HP bekas berikutnya yakni dengan mengetahui harga pasaran. Ini penting dilakukan, terlebih apabila hendak membeli hp dengan harga mahal.

Jika tidak mengetahui harga pasar, maka harga yang ditawarkan bisa menjadi lebih tinggi. Begitupun sebaliknya, jika mengetahui harganya, maka bisa lebih selektif dalam menentukan harga yang diinginkan.

BACA JUGA:  Trik Hp Android agar Baterai Tidak Mudah Kembung

Dengan begitu mengetahui harga pasar juga menjadikan Anda sebagai pembeli tidak akan mengalami penipuan. Beberapa penjual curang memberikan harga selangit dengan iming-iming spesifikasi jempolan.

  1. Lakukan Pemeriksaan Secara Menyeluruh Dan Detail

Cara membeli HP bekas agar memperoleh kualitas terbaik selanjutnya yakni dengan melakukan pemeriksaan pada ponsel. Dalam melakukan pemeriksaan ini, lakukan secara menyeluruh dan detail.

Jangan sampai ada bagian yang terlewati, pastikan seluruh bagian body tidak ada goresan. Pastikan pula setiap tombol yang ada masih berfungsi dengan baik, dan perhatikan pula layar sentuhnya apakah masih berfungsi.

5 Tips Membeli Hp Bekas, Dijamin Berkualitas

  1. Ketahui Berapa Lama HP Telah Digunakan

Selain dari tampilan luar, penting juga memastikan bagian dalam ponsel masih memiliki kualitas yang prima. Oleh karenanya penting untuk mengetahui berapa lama ponsel telah digunakan.

Umumnya semakin tua umur ponsel maka semakin berkurang dari performanya. Ini disebabkan pemakaian yang membuat setiap fungsi dalam HP menjadi berkurang, tidak sebaik pertama kali.

Pada saat membeli membeli HP bekas akan lebih baik pula bertanya mengenai bukti pembelian ponsel. Dengan begitu maka lebih jelas sudah berapa lama telah digunakan.

BACA JUGA:  Tips Membeli HP agar Tidak Menyesal

Selain itu, penting pula mengetahui apakah penjual merupakan pengguna tangan pertama atau bukan. Dengan mengetahui ini juga bisa mengetahui kualitas ponsel tersebut.

  1. Tanyakan Riwayat HP Selama Pemakaian

Jika penjual menjawab bahwa HP tersebut adalah tangan pertama, jangan langsung senang terlebih dahulu. Masih ada hal lain yang wajib untuk ditanyakan pada penjual.

Tidak ada salahnya untuk menanyai bagaimana riwayat ponsel selama pemakaian. Ponsel yang telah lama digunakan kadang kala bisa bermasalah. Sebaik apapun dirawat, pasti masih ada celah untuk adanya kerusakan.

Untuk memastikan hal tersebut, sebaiknya bertanya langsung pada pemiliknya. Pastikan ponsel tidak memiliki riwayat buruk sebelum hendak membelinya.

Namun Anda juga bisa melihat riwayat ponsel selama pemakaian dengan cara melihat pengaturan yang ada di ponsel. Kemudian lihat kecepatan ponsel dalam memproses perintah, dan lain sebagainya.

Dengan memastikan ponsel tidak ada masalah sama sekali baik dari dalam maupun dari tampilan luar, maka baru lakukan pembayarannya. Cara membeli HP bekas ini bisa Anda terapkan ketika hendak membeli hp namun bekas. (Red-detribpas.com)